Sepertinya sudah menjadi budaya pada sebagian besar pelajar di Indonesia jika di SMA bisa masuk penjurusan di IPA pasti lebih pandai daripada yang di IPS. Well..memang anak IPA yang selalu dipandang lebih pintar daripada anak IPS karena pelajarannya yang menuntut anak IPA harus berfikir ekstra seperti fisika,kimia dll,yang lebih rajin,dan nggak nakal.Berbeda dengan cap yang di dapatkan anak IPS yang lebih dikenal sebagai murid yang nakal,kurang mentaati peraturan sekolah,dan maaf biasanya dianggap kurang pandai daripada anak IPA.Padahal pada kenyataannya saat kuliah nanti banyak anak IPA yang justru masuk pada jurusan IPS. Halo… Apa kabar yang dulu murid IPA tapi sekarang menjadi mahasiswa IPS? IPS tak seburuk yang kalian kira kan? Jika kamu dulu nya murid IPA dan sekarang menjadi mahasiswa IPS hal ini sangat lumrah sekali kalian alami saat pertama-tama menjadi mahasiswa IPS

1. Awalnya kamu berpikir masuk jurusan IPS mungkin tidak terlalu menyulitkanmu
“Hhmm..aku pengen masuk jurusan Akuntansi kayaknya gampang cuma tambah-tambahan dan kurang-kurangan aja nggak kayak fisika,kimia yang itung-itungan seIndonesia Raya”

2. Padahal masuk di jurusan IPS nggak se sederhana itu..percayalah
“Aku kira masuk jurusan Akuntansi pelajarannya cuma penambahan dan pengurangan angka aja tapi ternyata kok ada penghitungan Investasi,penanaman saham,analisis laporan keuangan,perhitungan pajak sama peraturanyaa,ekonomi makro mikro dan nyusun laporan keuangan seabrek gini..oohh tidaaaak mamaaaa”
Percayalah ketika kamu sudah masuk jurusan IPS kamu juga akan mendapatkan pelajaran yang nggak kalah compleks daripada jurusan IPA.

3. Saat awal masuk kuliah dan dosenmu bertanya “Saudara..siapa yang dulu dari jurusan IPA?” dan ternyata lebih dari 50% mahasiswa mengacungkan tangannya
Kamu pasti memiliki perasaan was-was dan mengira kalau mayoritas mahasiswa yang satu jurusan denganmu adalah anak IPS dan memiliki basic IPS yang sudah mumpuni.Tapi ternyata..kebanyakan teman kamu juga dulunya berasal dari jurusan IPA. Sudah lega kan ?.

4. Ketika temanmu yang asli IPS selalu kepo kenapa kamu yang notabenya anak IPA bisa masuk jurusan IPS
Namanya juga mahasiswa baru yang masih membutuhkan lebih banyak teman untuk bersosialisasi mau tidak mau kamu harus menjelaskan semuanya sampai mulutmu berbusa.

Advertisement

5. Akhirnya kamu bertemu dengan mahasiswa yang memiliki nasib sama sepertimu
Saat kamu bertemu dan berbincang dengan mahasiswa yang dulunya berasal dari jurusan IPA kamu tentu merasa sangat senang karena ternyata kamu nggak sendiri. Kamu mulai betah mengobrol tentang bagaimana bisa kalian berpindah jurusan serta kesulitan-kesulitan yang kalian alami selama menerima pelajaran di kelas.

6. Waktu kamu berkunjung ke SMA guru yang mengajarmu kaget kamu yang dulu masuk dalam daftar murid IPA sekarang bermigrasi jadi mahasiswa IPS
“Sekarang kamu masuk jurusan apa?”
“Hukum Pak” *jawab sambil senyum-senyum
“Terus ngapain dulu masuk jurusan IPA kalau sekarang masuk jurusan IPS?”

pasti banyak yang bingung jawabnya saat di serang dengan pertanyaan seperti ini..dan senyum manis dan segera kabur masih menjadi jawaban paling ampuh kecuali kamu bisa menjelaskan alasan yang logis pada gurumu.

7. Nggak hanya kamu loh yang khawatir apakah bisa survive di jurusan IPS yang sekarang kamu ambil orang tuamu juga nggak kalah khawatir
Murid yang dulu selalu belajar mengenai Ilmu Alam dan sekarang berbanding 180 derajat dan belajar Ilmu Sosial mungkin terkadang berfikir apakah bisa tetap survive dengan jurusan ini karena banyak juga yang nggak sesuai ekspektasi kamu,tapi nggak hanya kamu orang tuamu juga nggak kalah cemasnya mereka mencemaskan apakah kamu bisa mengikuti pelajaran dengan baik-baik saja apa kamu mengalami kesulitan.
“Gimana nak,bisa kan ngikuti pelajarannya ?”

8. Setelah melewati beberapa semester kamu akan mulai terbiasa dan mulai mencintai Ilmu Sosial
Memang benar pepatah mengatakan “Cinta karena terbiasa” dan itu berlaku juga pada dirimu saat mencoba menyelami Ilmu Sosial.Kamu akan mulai mencintai ilmu tersebut,karena kamu mulai bisa menggali kegunaan Ilmu tersebut untuk masa depanmu dan untuk kariermu dan kamu mulai merasa bahwa ini memang keputusan yang tepat.

Bagi murid IPA yang sekarang menjadi mahasiswa IPS tetap berusaha karena sungguh jurusan IPS ternyata tidak semudah yang kalian bayangkan. So stop meremehkan jurusan IPS . Kalau kalian mau tetap belajar dan meningkatkan softskill nggak menutup kemungkinan kan anak jurusan IPS bisa lebih hebat daripada anak jurusan IPA. So… jangan menyesal menjadi bagian dari mahasiswa IPS.