Alarm di smartphone bolak-balik berdering dan bolak-balik juga kamu menekan tombol snooze, tidak beranjak dari kasur akhirnya kamu bangun kesiangan. Kebanyakan orang memang benci bangung pagi, apalagi kamu yang merasa tidak ada jadwal kegiatan yang harus dikerjakan pagi-pagi. Tetapi tahukah kamu bahwa bangun pagi itu banyak manfaatnya? Tidak hanya secara fisik tetapi juga psikis.

Pertama, bangun lebih pagi akan meningkatkan produktivitas kamu. Penjelasannya, jika kamu bangun lebih pagi, kamu dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan atau kegiatan. Menurut Christoph Randler, peneliti dari Universitas Harvard, statement tersebut benar karena ketika kamu bangun lebih awal, distraksi yang mungkin mengganggu fokus kamu akan lebih sedikit ditemui. Hal tersebut juga berkorelasi dengan orang yang bangun lebih pagi karena tidur yang nyenyak dan cukup. Orang tersebut akan memiliki tubuh yang siap untuk menghadapi kegiatan hari itu, maka ia pun akan lebih berkonsentrasi pada apa yang seharusnya ia lakukan. Hal-hal itu juga yang memengaruhi pengambilan keputusan lebih matang pada orang yang bangun lebih pagi.

Advertisement

Kedua, bangun lebih pagi akan membuat mentalmu lebih sehat. Penjelasannya, jika kamu bangun lebih pagi kamu dapat mengurangi risiko stress akibat terburu-buru karena kesiangan. Hal tersebut juga akan membuatmu lebih merasa positif sehingga kamu lebih bahagia. Beberapa penelitian juga menunjukkan orang yang bangun lebih pagi cenderung lebih optimis dan puas akan kehidupannya. Ada juga studi yang menyatakan orang yang selalu bangun siang rata-rata adalah orang yang mengalami depresi dan penyakit psikologis lainnya.

Lalu bagaimana jika kamu ingin bangun lebih pagi tetapi kesulitan bangun pagi? Ada beberapa cara yang dapat kamu coba lakukan untuk mengatasinya. Kamu dapat menjadwalkan ritual ketat sebelum jam tidur, yaitu mematikan smartphone atau gadget lainnya dan menggosok gigi sebelum tidur lalu segera berbaring di kasur. Kemudian pasang alarm dengan suara terkeras dan jenis suara yang paling bisa membuatmu bangun, jangan pasang alarm dengan lagu yang sudah kamu kenali atau kamu suka dengarkan sehari-hari. Hal lain yang perlu diingat, jangan mengkonsumsi minuman atau makanan dengan kandungan kafein. Terakhir, berdoa atau meditasi ringan sebelum memejamkan mata. Kamu dapat menarik dan menghembuskan napas secara perlahan-lahan selama tiga menit. Hal ini wajib kamu lakukan jika kamu sedang kesulitan tidur akibat banyak pikiran.

Jadi, mulai sekarang tidak ada lagi alasan malas bangun pagi ya. Manfaat sekaligus cara bangun pagi sudah dengan jelas kamu pahami. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya