MY STORY With 10 MY FOODS #ResepAndalanmu

Hi.. teman-teman. Ramadan telah tiba yaa.. Bulan yang penuh berkah. Sahur bisa dikatakan sebagai pengganti sarapan saat berpuasa. Ini merupakan jadwal makan pertama untuk memberikan cadangan energi dalam menjalankan aktivitas. Sehingga, porsi makan sahur yang cukup sangat penting untuk kelancaran puasa.

Advertisement

Nah, teman-teman setelah berpuasa seharian penuh kita akan menunaikan berbuka puasa. Memilih jenis makanan sehat selama berpuasa menjadi hal penting.

Setelah itu kita akan tiba di Hari Kemenangan, Hari Idul Fitri atau Lebaran. Ada beberapa jenis makanan yang sehat untuk berbuka puasa maupun saat sahur dan juga lebaran. Yaitu makanan yang tidak memancing asam lambung dan tidak menimbulkan tinggi kolesterol. Pastinya kita harus mengonsumsi makanan segar teman-teman. Itu andalan yang sangat penting bagi aku ketika puasa dan lebaran.

Makanan netral saja. Ini yaa resep andalan aku ketika bulan puasa beserta lebaran. Resep andalan aku ini bisa buat Sahur, Berbuka Puasa dan juga lebaran yang pasti menu nya sehat no MSG dan nopengawet makanan juga yaa..hehee

Advertisement

(1). Ayam Goreng Kremes.

Bahan-bahan nya 1 ekor ayam kampung, 500 ml air, 3 sdm tepung tapioka, 2 sdm tepung beras, 1 butir telur ayam, 1 batang serai, 1 lembar daun salam, Minyak goreng.

Buat bumbu halusnya 6 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 4 butir kemiri, 3 cm jahe, 1 cm kunyit, 2 sdt ketumbar.

Kalau buat Sambalnya 6 buah cabai merah keriting, 1 buah tomat merah, 3 butir bawang merah, 1 siung bawang putih, 1 sdt terasi bakar, 1 sdt garam, 1 sdt gula merah, 2 sdm minyak goreng untuk menumis.

Cara membuat nya awalnya siapkan panci deep-fry, masukkan ayam, air, daun salam, serai dan bumbu halus. Ungkep ayam dalam panci tertutup hingga ayam empuk. Tiriskan ayam, sisihkan sisa bumbu perebus. Lalu panaskan minyak, goreng ayam hingga kuning keemasan. Sisihkan. Kemudian masukkan tepung beras, tepung tapioka dan telur ke dalam sisa bumbu dan goreng hingga kering.

Cara buat sambalnya yaitu tumis semua bahan sambal hingga matang kecuali garam dan gula yaa. Angkat dan haluskan bersama gula, garam, terasi.

Langkah selanjutnya hidangkan ayam goreng beserta kremes dan sambal.

(2). Sayur Sop. Jangan salah loh yaa memilih jenis makanan berkuah saat santap sahur memang sangat penting. Ini makanan sehat yang baik dikonsumsi, baik saat berbuka puasa maupun sahur. Sayur sop adalah salah satu jenis hidangan yang begitu kaya akan jenis sayuran tentunya kaya akan gizi.

Bahan-bahan nya ½ ekor ayam broiler (potong jadi 10 bagian), 1.5 liter air (100 gr wortel, iris bulat tebal 1 cm), 100 gr kentang (iris dadu 2 cm), 150 gr kembang kol (iris per kuntum), 100 gr daun kol (iris ukuran 3×3 cm), 3 batang daun bawang (iris 2 cm), 3 batang daun seledri (ikat simpul),100 gr makaroni (rendam air panas),

Buat Bumbu Halus nya 3 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sdm merica butir, 2 sdt garam, ½ sdt gula pasir, 1 sachet bumbu kaldu ayam.

Cara membuat nya awalnya rebus ayam hingga matang, angkat. Saring air rebusan ayam. Tambahkan 500 ml air dan didihkan kembali. Sementara itu, tumis bumbu halus hingga harum. Pindahkan tumisan bumbu ke dalam panci kaldu. Kemudian, masukkan kentang, wortel dan daun seledri, masak hingga setengah matang. Lalu, masukkan kembang kol, daun kol, ayam rebus, masak hingga semua sayuran hampir matang. Lalu masukkan daun bawang dan makaroni. Biarkan sebentar hingga semua bahan matang. Angkat, sajikan.

(3). Kurma. Kurma makanan khas saat bulan Ramadan. Ini karena kurma memiliki manfaat kandungan seperti vitamin, zat besi dan juga kalsium. Kandungan itu sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Tips dari aku, makan kurma nya ganjil yaa. 1 buah, 3 buah, 5 buah, berkelipatan ganjil pokoknya teman-teman. Nabi Muhammad juga seperti itu.

(4). Sup Oyong.

Lho kok resep andalan aku salah satunya Sup Oyong?

Ini nih rahasianya teman-teman…

Karena sayuran oyong yang mampu menurunkan kadar gula darah secara alami. Sangat baik dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes. Zat penurun kadar gula darah terdapat dalam biji oyong, oleh sebab itu sebaiknya ketika mengolah oyong bagian bijinya tidak dihilangkan. Selain untuk menurunkan kadar gula darah, oyong juga bemanfaat untuk meredakan radang tenggorokan dan mencegah konstipasi.

Langsung aja yaa. Ini nih bahan-bahannya 4 buah oyong ukuran sedang dipotong-potong, 50 gr soun rendam air panas hingga mekar (lalu tiriskan), 1 batang daun bawang potong 1 cm, 1 sdm bawang merah goreng untuk taburan, 700 ml air, 1 sendok makan minyak goreng.

Buat bumbu halusnya 2 butir bawang putih ukuran besar, ½ sdt merica bubuk, ½ sdm garam.

Cara membuatnya panaskan dulu minyak goreng lalu tumis bumbu hingga harum, masukkan air, masak hingga mendidih. Setelah itu masukkan oyong, lalu masak hingga oyong matang, baru masukkan soun dan daun bawang, angkat, sajikan dengan ditaburi bawang goreng.

(5). Capcay Kuah.

Sayuran memang sangat penting, ini karena kandungan serat yang tinggi pada sayuran sangat dibutuhkan saat berpuasa dan di hari Lebaran juga bisa. Karena dapat memperlancar pencernaan saat buang air besar dan mengurangi risiko sembelit yang biasa terjadi.

Dengan banyaknya jenis sayuran yang digunakan, maka kandungan gizi yang kita dapatkan dari mengonsumsi masakan ini pun tidak kalah beragam. Wortel kaya akan vitamin A dan serat. Kembang kol mengandung banyak viamin B9, C, dan K. Setelah seharian tidak mendapatkan asupan nutrisi, tubuh akan banyak mendapatkannya dari hidangan capcay kuah ini.

Tips dari aku yaa.. Agar gizi dari sayuran tidak banyak hilang, mengolah capcay kuah nya jangan hingga terlalu matang. Masak hingga ¾ matang saja sehingga rasa dan tekstur sayuran masih cukup renyah ketika dimakan.

Bahan-bahannya 50 gr wortel (iris serong tipis), 100 gr kembang kol (iris per kuntumnya), 100 gr daun kol (iris 3×3 cm), 100 gr sawi putih (iris 2 cm), 100 gr udang kupas, 100 gr fillet ayam (iris 2 cm), 5 batang daun bawang (iris 2 cm), 5 batang seledri (iris 2 cm), 6 batang sawi hijau (iris 2 cm), 6 batang buncis (iris 2 cm), 2 buah tomat (potong menjadi 4 bagian), 200 ml air.

Buat Bumbunya 2 siung bawang putih (geprek), 1 sdm minyak wijen, 1 sdt lada bubuk, 3 sdm saus tomat, 1 sdt garam, ½ sdt gula pasir.

Cara membuat nya adalah tumis bawang putih hingga harum. Masukkan minyak wijen, saus tomat. Tumis udang dan ayam hingga berubah warna. Setelah itu masukkan semua sayuran, tumis hingga sedikit layu. Masukkan air, garam, merica bubuk, dan gula. Masak hingga sayuran matang.

(6). Es Buah Segar.

Dessert ini sangat cocok untuk berbuka puasa. Ini karena beberapa buah yang terkandung dalam Es Buah Segar sangat penting meningkatkan vitamin.

Siapa sih yang tidak suka sama Es Buah Segar ?

Teman-teman juga pasti suka kan ?

Ini juga jadi resep andalan aku di bulan puasa.

Bahan-bahannya semangka merah atau kuning 100 gr (potong dadu), Nanas 100 gr (potong dadu), Melon 100 gr (potong dadu atau dibentuk kelereng), Pepaya 100 gr (potong dadu), bengkuang 100 gr (dibentuk kelereng), Es batu yang sudah diserut 500 gr, Air mineral 1 L, Susu kental manis vanila 100 ml, Sirup vanili 5 sdm.

Cara membuatnya siapkan mangkuknya dulu yaa.. teman-teman. Lalu, masukkan buah-buahan ke dalam mangkuk. Sementara itu, dalam wadah yang berbeda, masukkan air kemudian campur dengan susu kental manis. Aduk hingga merata. Kemudian, tuang air susu ke dalam mangkuk berisi buah-buahan. Masukkan es serut. Lalu, tuangkan sirup vanili di atas es serut.

(7). Bubur Kacang Hijau.

Bubur kacang hijau adalah makanan yang mengandung zat gizi tinggi. Cara memasak kacang hijau yang menyehatkan adalah dengan cara tidak menambahkan santan saat pemasakan. Namun jika ingin menambahkan santan, maka pilihlah santan yang encer. Dan jangan lupa masaklah menggunakan api kecil. Gitu yaa teman-teman.. hehee

Bubur kacang Hijau mengenyangkan loh.. Tepat sekali di nikmati saat sahur agar kenyangnya lebih lama. Dinikmati saat berbuka puasa dan hari Lebaran juga bisa kok.

Bahan-bahan buat buburnya 150 gram kacang hijau kulit, 1600 ml air, 3 lembar daun pandan, ½ sdt garam, 200 gram gula pasir, 2 sdm tepung sagu.

Bahan-bahan buat kuah santannya 500 ml santan dari butir kelapa, 2 lembar daun pandan, ¼ sdt garam. Kalau buat bahan pelengkapnya 100 gram kelapa muda (dikeruk panjang). Cara membuat Bubur kacang hijaunya adalah rebus kacang hijau, air, dan daun pandan sampai matang dan mekar. Masukkan garam dan gula pasir. Masak hingga meresap. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak hingga kental.

Buat kuah santannya adalah rebus santan, daun pandan, dan garam lalu aduk hingga mendidih. Sajikan bubur kacang hijau dengan kuah santan dan pelengkapnya.

(8). Opor Ayam.

Hidangan opor ayam mudah sekali kita jumpai saat hari raya Idul Fitri. Nih tips nya yaa.. Saat mengolah opor ayam jaga jangan sampai santan pecah dan menggumpal. Ketika sudah matang, jangan lupa untuk menghangatkan kembali opor setiap 6 jam sekali. Santan kental pada olahan ini mudah sekali basi jika dibiarkan terlalu lama di udara terbuka.

Bahan-bahannya 1 ekor ayam (bersihkan, potong-potong), 500 ml santan, 3 sdm minyak goreng (untuk menumis), 1 batang serai (memarkan), 3 cm lengkuas (memarkan), 2 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam.

Buat Bumbu yang di haluskannya adalah 3 siung bawang putih, 3 butir kemiri, 1 cm jahe, 1 cm kunyit, 1 sdt merica, 1 cm kencur, 1 sdt ketumbar.

Cara membuatnya rebus dulu ayamnya hingga empuk. Lalu, panaskan minyak di wajan, tumis bumbu halus dengan serai, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam hingga layu dan harum. Kemudian, masukkan rebusan ayam beserta sebagian air perebusnya. Masukkan santan, aduk perlahan jangan sampai santan pecah. Masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut. Langsung pindahkan ke panci saji, dan taburi bawang merah goreng.

(9). Banana and Oat cookies.

Lebaran tentunya selalu membutuhkan cemilan. Cemilan yang sehat bagaimana sih?

Nih yaa teman-teman resep andalan aku di Hari Lebaran.

Bahan-bahannya 10 sdm havermout atau oat, 5 buah pisang ambon matang, secukupnya kismis, kacang almond, choco chip, keju.

Cara membuatnya adalah hancurkan pisang menggunakan garpu. Campur havermout/oat sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi agak padat. Masukan kismis dan kacang almond. Lalu, siapkan loyang dengan dialasi alumunium foil. Ambil adonan masing-masing sebanyak 1 sendok makan lalu tekan-tekan perlahan agar sedikit merata.

Kemudian, taburi dengan choco chip dan parutan keju sesuai selera. Panggang selama kurang lebih 16 menit. Setelah matang, dinginkan sejenak. Cookies akan crunchy di luar dan chewy di dalam.

(10). Es kelapa muda. Segarnya es kelapa bisa di nikmati saat berbuka puasa. Menghidangkannya di hari Lebaran tentu akan sangat nikmat. Segelas es kelapa muda dengan kuah gula merah yang legit bisa menjadi minuman yang sangat menyegarkan bagi tamu-tamu yang datang kerumah aku.

Bahan-bahannya adalah 200 gr kelapa muda (serut memanjang), 100 gr rumput laut, 400 ml air kelapa muda, 500 gr es serut, 100 gr gula merah, serut (larutkan dengan air hangat).

Cara membuat nya awalnya siapkan gelas-gelasnya dulu yaa teman-teman. Kemudian, masukan kelapa muda, rumput laut. Beri air kelapa muda, es serut dan larutan gula merah.

Gimana teman-teman mengenai resep andalan aku di bulan puasa dan lebaran. Dijamin nikmat, enak, lezat, ketagihan untuk mencicipi nya lagi, lagi, lagi dan lagi deh. Dicoba yaa resep andalan aku nyaa. Ini resep andalan aku mana resep andalanmu teman-teman? Yukk sama-sama kita buat resep andalan kita masing-masing.. yaa.. yupsss.. hehee

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya