Menulis bagi sebagaian besar orang adalah hal yang rumit, kebanyakan alasannya adalah karena kesulitan dalam merangkai kata-kata untuk mengungkapkan perasaan dan pikirannya, Sementara bagi sebagian lainnya yang memang menggemari dunia tulis-menulis hal itu bukanlah masalah yang besar. Buktinya setiap hari selalu ada judul-judul buku baru yang diterbitkan dan tertata rapi di rak-rak toko buku. Namun, untuk disebut sebagai penulis tidak perlu harus menerbitkan buku dahulu. Karena perkembangan sekarang ini menulis dapat melalui media digital. Sebenarnya ada banyak alasan yang melatarbelakangi kita untuk menjadi penulis dan salah satu alasannya adalah karena bisa jadi tulisan-tulisan kita berumur lebih panjang dari hidup kita kita sendiri, terlebih jika apa yang kita tulis itu bisa bermanfaat bagi orang lain. Suatu kebanggaan tersendiri bagi kita, ketika karya-karya kita bisa menginspirasi khalayak ramai, setidaknya bisa memperluas cara pandang orang lain dalam menyikapi suatu masalah atau fenomena yang terjadi di kehidupan.

Tidak semua orang juga bisa mengungkapkan gagasannya secara verbal, maka tulisanpun dijadikan arternatif kedua untuk membantu menuangkan gagasan. Bahkan melalui tulisan informasi yang ingin disampaikan bisa dinikmati oleh lebih banyak orang, terlebih jika mau memanfaatkan media online yang sedang marak belakangan ini. Lalu kapan dan bagaimana kita bisa memulai menjadi seorang penulis. Sebenarnya siapapun bisa menjadi penulis, tidak hanya mereka yang bekerja sebagai jurnalis atau novelis. Menulis hanya butuh kemauan kuat dan usaha yang lebih untuk berani mencoba mengawalinya. Karena setelah merasakan kesulitan untuk memulainya, selanjutnya ide dan gagasan akan mengalir begitu saja dengan lancar. Jangan takut salah, karena tanpa kesalahan kita tidak akan bisa tahu bagaimana cara untuk menjadi penulis yang hebat. Pun Jangan takut menerima kritik atau komentar pedas, karena menerima kritik juga bagian dari proses belajar.

Kemudian dimanakah kita bisa memulai menulis dan menginspirasi banyak orang? Hipwee menawarkan solusi bagi kamu yang ingin belajar untuk menjadi penulis sekaligus inspirator muda Indonesia. Hipwee adalah media yang mendukung generasi muda untuk berlatih menjadi pribadi yang peka dan kritis serta perduli pada isu-isu yang terjadi di berbagai belahan dunia ini melalui tulisan. Hipwee mengusung nilai bahwa semua orang mampu berpendapat dan menulis sehingga kesempatan bagi semua orang untuk menulis dan mengirimkan karyanya. Jadi, kamu dapat menulis apapun asalkan kontennya sehat serta tidak menyinggung orang lain.

Salah satu hal menarik dari artikel-artikel Hipwee dan yang membedakannya dengan artikel-artikel pada media lain adalah adanya nuansa tulisan khas yang terkandung didalamnya, yakni kolaborasi yang apik antara bahasa ilmiah dan bahasa sastra sehingga membuat pembaca betah berlama-lama untuk menghayati isi tulisan. Sehingga tidak mengherankan jika ada banyak pembaca yang kemudian senyum-senyum sendiri karena merasa artikel yang dibacanya mengena di hati. Banyak juga pembaca yang mengutip ulang kalimat-kalimat yang Hipwee Banget pada artikel yang dibaca untuk ditulis kembali sebagai caption cantik di postingan-postingan media sosialnya.

Berikut ini adalah beberapa kriteria artikel yang bisa kamu tulis sendiri di Hipwee:

Advertisement

Konten ringan yang akan menghibur orang dengan latar belakang serupa denganmu.

Artikel opini tentang kejadian terkini di masyarakat, atau isu-isu sosial yang selalu penting untuk dibahas.

Catatan perjalanan

Kisah-kisah unik dan sukses dari tokoh atau masyarakat di daerah tempat tinggalmu (yang akan menarik untuk kita ketahui)

Pelajaran hidup pribadi yang menginspirasi.

Ulasan mengenai Film, Musik, atau Buku yang menarik untuk diketahui oleh banyak orang.

Tips-tips menarik dan bermanfaat bagi para pembaca.

Sumber : https://www.hipwee.com/redaksi/

Tulislah setiap ide yang berbesit di benakmu pada buku catatan kecil yang dapat kamu bawa ke mana saja. Karena ide datangnya tidak terduga-duga, bisa jadi saat kamu sedang di halte menunggu bis akan terlintas ide tentang filosofi menanti jodoh adalah seperti menunggu bis. Ide juga muncul dari hal-hal yang sederhana sehingga kamu tidak perlu terlalu berat memikirkan mau menulis apa. Untuk mendapatkan ide kamu tidak harus berdiam diri dalam ruangan yang sunyi. Kamu hanya perlu kemampuan untuk membidik sisi unik dari suatu hal atau kejadian dan mengemasnya dalam konten yang ringan serta memiliki potensi viral tinggi di media sosial. Tulislah mulai dari hal-hal kecil yang ada disekitarmu atau bahkan yang kamu alami sendiri, misal jika kamu mahasiswa rantau maka bisa menulis teantang tips hidup hemat ala anak rantau, jika kamu suka dengan dunia hijab maka bisa menulis tentang berbagai tutorial hijab sesuai bentuk wajah.

Ide yang sudah kamu tampung dari catatan-catatan kecil itu selanjutnya dapat kamu kembangkan ke sebuah draf kasar. Kamu butuh sedikit waktu untuk memoles hasil akhir tulisan, lakukanlah di saat waktu senggang sehingga kamu bisa lebih fokus. Perlu diketahui bahwa, tidak semua naskah dapat di publikasikan karena banyaknya jumlahn naskah yang masuk ke redaksi Hipwee, sehingga disinilah kamu juga perlu memiliki daya saing yang tinggi untuk membuat tulisan dengan bobot yang sebagus mungkin. Lalu bagaimana jika tetap sulit menentukan tema atau judul tulisan. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan membaca, sehingga inspirasi baru akan mengalir ke otakmu. Batasi dulu tentang topik apa yang akan kamu pilih, misalnya motivasi, travelling, hubungan, atau tips seputar kehidupan sehari-hari. Dengan banyak membaca hasil karya orang lain kamu juga akan memiliki konsep tentang bagaimana cara menulis yang baik dan menarik, secara otomatis kosa katamu juga akan bertambah sehingga akan semakin lancar dalam bermain kata.

Bagi kamu yang masih bingung dengan passionmu, maka mencoba untuk menulis dapat menjadi bagian dari usaha dalam menemukan passionmu. Siapa tahu passionmu memang ada pada dunia tulis-menulis, atau bisa juga dari menulis ini akan semakin mendukungmu untuk menyelami passionmu di bidang lain. Jika kamu suka travelling maka kamu akan semakin terpacu untuk menuliskan lebih banyak catatan perjanan yang tentu saja mengharuskanmu untuk mengunjungi lebih banyak lagi tempat baru, menarik bukan? Atau jika passionmu adalah film, maka kamu akan tertantang untuk menonton lebih banyak film dan membuat uraian Film yang menarik untuk diketahui oleh banyak orang. Lalu, tunggu apa? lagi cobalah untuk memulai menulis dan temukan passionmu.