Jodoh memanglah menjadi hal yang sangat misteri, sehingga tidak ada seorang pun yang bisa menebak-nebak tentang siapa jodohnya di dunia ini. Ada pepatah yang mengatakan, yang saling mencintai saja belum tentu jodoh, dan yang tidak ada rasa saling mencintai berujung di pelaminan.

Terkadang setelah lelah berusaha mencari yang jauh belum tentu kita menemukannya, ternyata yang dekat menjadi jodoh kita. Ada juga yang sering mencari-cari di mana jodohnya berada namun jodoh bisa datang sendiri tanpa dicari. Tak hanya sampai di situ saja, bahkan bisa saja Tuhan merencanakan hal yang terduga seperti, dia yang kita yakini menjadi jodoh kita selama ini ujungnya menikah dengan orang lain, namun pada akhirnya dipertemukan kembali karena hal tak terduga tadi semisal terjadi perceraian, atau mungkin pasangannya dipanggil lebih dulu oleh Sang Pencipta.

Advertisement

Toh juga tentang maut dan rejeki semuanya ada di tangan Tuhan. Walaupun jodoh dan takdir memang sudah ditentukan, jodoh adalah hal yang harus diusahakan seperti bagaimana kita berusaha menjemput rejeki karena tidak akan kunjung datang tanpa diusahakan. Apapun yang sedang direncanakan oleh Tuhan saat ini, sebisa mungkin janganlah kita sia-siakan karena ada takdir yang memang sudah ditentukan seperti kematian dan siapa orang tua kita, dan ada takdir yang memang masih bisa diubah karena usaha kita sendiri.

Sama halnya dalam soal jodoh, mungkin atas usaha, doa dan restu orang tua kita, semua masih bisa menjadi takdir kita. Selagi kita masih berada di dunia ini, tidak ada hal yang tidak mungkin atas usaha yang kita lakukan dan kekuatan doa yang selalu kita pinta kepada Tuhan. Hal yang terpenting yang sedang Tuhan rencanakan saat ini adalah, selalu bersyukur dan jalani saja.

Nikmati saja bagaimanapun sulit prosesnya, karena bisa saja Tuhan memberikan hadiah yang sangat indah atas keikhlasan dan kesabaran yang kita jalani saat ini. Mungkin bagi kita yang saat ini sedang menjalani bersama kekasih hati, atau mungkin calon pendamping hidup kita, jagalah hubungan itu dengan seikhlasnya disamping doa. Ketika kita memang sudah berkomitmen bahwa dialah yang akan menjadi sosok pendamping hidup kita kelak, sudah bukan saatnya kita menguji tentang banyak hal terhadap calon pasangan kita.

Advertisement

Berilah pengertian kepada dia sebaik mungkin ketika dia melakukan hal apapun yang tidak kita sukai dan jangan segan untuk selalu terbuka kepada dia. Ketika memang jalannya sudah dibukakan, tidak ada hal yang sulit dalam menjaga hubungan kita. Semoga apa yang sudah kita niatkan dan tentukan menjadi hal yang terbaik dalam hidup kita atas usaha yang kita lakukan dan selalu diiringi dengan doa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya