Jadi berdasarkan riset “Most Littered Nation In The World” tahun 2016, minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara. Hal itu menjadi kenyataan yang buruk, karena dapat diketahui bahwa sebenarnya di Indonesia jika dilihat dari segi infrastruktur sudah mendukung loooh. Dibuktikan dengan di tiap daerah sudah ada perpustakaan daerahnya. Jika dipresentasekan hanya 0,001% yang artinya tiap 1000 penduduk di Indonesia, hanya 1 orang yang memiliki minat baca.

Advertisement

Miris kan? Nah berikut ini tips gimana sih caranya biar nggak males baca lagi. Yuk, dicoba!

1. Cari buku dengan genre yang paling kamu suka

Membaca buku akan semenarik baca chat dari si dia loh asalkan didasari dengan rasa suka. Iya, baca buku juga harus suka dulu, terutama dengan genre nya. Kalau kamu pecinta komedi, coba baca buku dengan genre komedi. Kalau kamu pecinta percintaan remaja, coba baca buku dengan genre teenlit. Pokoknya sesuaikan dengan selera kamu.

Advertisement

2. Baca buku bestseller

Sering kali si calon pembaca ini bingung mau baca buku yang apa karena minimnya informasi yang didapat. Nah, coba deh sesekali cek toko buku online maupun offline. Lalu cari buku yang paling laris atau bestseller.

3. Ikuti Akun Media Sosial Si Pengarang

Membayangkan isi dari sebuah buku adalah hal yang wajib dilakukan oleh pembaca. Karena dengan seperti itu nantinya pembaca seolah-olah ada di dunia di mana tokoh itu berada. Nah seringkali pembaca membayangkan si tokoh dengan orang sekitar, namun akan lebih nikmat lagi dalam membaca ketika kita tahu sosok si pengarang ini. Maka biasanya calon pembaca akan muncul berbagai asumsi bahwa di tokoh adalah pengarang itu.

4. Cek Review Buku

Di era yang sudah canggih seperti ini makin banyak hal yang dibahas di internet. Jika review mengenai make up, makanan, baju dan aksesoris sudah tak terhingga begitupun dengan review buku. Nah dari review buku juga bisa membantu para calon agar makin mantap untuk memulai menggiatkan membaca buku.

5. Luangkan Waktu 30 Menit Tiap Menjelang Tidur

Kunci dari menggiatkan membaca buku adalah sebuah konsistensi. Sempatkanlah ditiap menjelang tidur untuk membaca buku minimal menit. Dengan begitu nantinya akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

Kelima tips di atas akan jadi tips belaka jika tidak diterapkan sungguh-sungguh. Prihatin nggak sih dengan kenyataan bahwa hanya 0.001% penduduk di Indonesia yang gemar membaca? Padahal negara dapat dikatakan sebagai negara maju apabila sebagian penduduknya memiliki kegemaran membaca. Yuk galakkan minat baca mulai dari sekarang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya