Sebagai anak sekolah tentunya jika melihat mahasiswa terlihat keren dan ingin cepat lulus agar bisa bebas seperti mereka. Seperti menggenakan baju bebas saat dikampus dan jadwal kuliah yang tidak padat setiap hari. Ditambah lagi seringnya diputar di FTV dunia kampus yang penuh percintaan anak remaja. Tapi kenyataannya tidak seperti yang ada dipikirkan, ada beberapa yang wajib diketahui kalau kuliah itu tak seindah di FTV :

1. Jauhnya dari Orang Tua membuat sering merasa 'Homesick'

Beberapa dari kita pastinya merasa bisa main dan jalan-jalan ketempat yang sangat jauh tanpa mengenal waktu dan tak ada pertanyaan dari orang tua. Seorang remaja akan merasa bosan jika hidupnya pnuh aturan serta larangan. Tapi jika sebagai mahasiswa rantau, yang akan sering dirindukan adalah orang tua dan suasana kampung halaman. Tak jarang pula banyak mahasiswa yang sering menghabiskan weekend untuk pulang kerumahwalaupun jarak yang sangat jauh.

2. Banyaknya Tugas Kuliah Dengan Kerumitan Lebih Tinggi di Banding Masa Sekolah

Jika saat sekolah kita hanya butuh beberapa detik untuk menyelesaikan tugas atau tinggal meniru jawaban milik teman, pada saat kuliah seluruh tugas membutuhkan jawaban yang berlembar-lembar. Selain itu dosen akan dengan mudah mengetahui mana mahasiswa yang mengerjakan sendiri dan mana yang 'copas / copy-paste'. Resiko nilai E dan mengulang semesater depan sangatlah besar apabila ketahuan.

3. Harus Ekstra Ngirit Untuk Membeli Semua Kebutuhan

Saat sekolah biasanya seseorang dengan mudah akan mengeluarkan badget seberapa pun itu besarnya karena masih ditanggung orang tua. Berbeda dengan saat kuliah, segala kegiatan pembayaran harus diminimalkan dan benar-benar diperhitungkan dengan baik. Membeli makanan saja biasanya di warteg dengan harga miring apalagi membeli peralatan untuk hura-hura. Pikirkan lagi tentang orang tua,

4. Di Tuntut Jadi 'Kura-Kura' bukan 'Kupu-Kupu'

Banyak orang mengatakan kalau kuliah itu untuk mengejar nilai IPK yang tinggi dan harus mendapat julukan cumlaude. Tapi bukan hanya itu saja, sistem Kuliah-Pulang Kuliah-Pulang atau kupu-kupu ini sangatlah merugikan untuk beberapa tahunmu di kampus. Karena yang diperlukan softskill juga dengan masuk organisasi yang sangat sibuk dan menguras waktu 24 jam. Tak jarang pula banyak aktivis kampus rela pulang malam hingga tak pulang ke kos hanya untuk rapat.

5. Ngga Ada Waktu Buat Mikir Pacar Apalagi Pacaran

Kebanyakan mahasiswa akan sibuk dengan segala tugas kuliah maupun organisasi yang diikuti. Kalau di FTV pasti paling sering nampilin adegan dua mahasiswa lagi pacaran dan mojok berdua di kantin. Faktanya kebayakan pada nggerombol atau sendirian baca buku di perpustakaan. Jarang banget seorang mahasiswa itu pacaran, paling metok yaa LDR. So, rata-rata mahasiswa itu jomblo.

Jadi, manfaatkan waktu di sekolah karena Masa sekolah khususnya SMA adalah masa yang paling indah di dunia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya