Halo, kamu pasti tidak asing lagi dengan kata "London". Yap, London adalah nama kota yang terkenal, yang berada di negeri Queen Elizabeth. Kamu pasti tak asing lagi dengan The Blues Chelsea, salah satu club sepakbola terkenal itu, ternyata berasal dari London. Atau kalau kamu penyuka sastra,kamu pasti tahu Sherlock Holmes kan? Si detektif cerdas itu? Merupakan tokoh fiksi dari novel karangan Sir Arthur Conan Doyle. Sebuah novel yang berlatar di London.

Saat membaca novel tersebut, kamu akan serasa berada di London, si penulis memang menggambar detail tentang London yang membuat pembaca berimajinasi dan mempunyai keinginan kuat ingin pergi ke London. London memang menarik. Sebuah kota yang berada disisi Sungai Thames ini merupakan kota yang bibit-bibitnya sudah ada sejak zaman Romawi. Jika kita berada di London, kita masih akan sering berjumpa dengan bangunan-bangunan tua yang arsitekturnya menyihir kita untuk selalu memandang. Menyihir kita juga, seakan sedang berada di ruang waktu abad pertengahan.

Bagi kamu yang mempunyai passion wisata budaya, London sangat cocok. London menyajikan pesona kultural yang membangkitkan sense of art kamu. Contohnya seperti tadi, karya-karya arsitektural abad pertengahan:

1. Istana Buckingham adalah kediaman resmi ratu Inggris. Istana ini adalah tempat untuk peristiwa-peristiwa kenegaraan, tempat menyambut tamu negara, dan tempat kunjungan pariwisata. Bangunan ini sebelumnya dikenal dengan nama Buckingham House, gedung yang dipergunakan sekarang ini dan menjadi tempat kunjungan dari para wisatawan asing, sebenarnya adalah sebuah balai kota yang dibangun untuk Duke of Buckingham pada tahun 1703 dan diambil alih oleh George III pada tahun dan dijadikan sebagai rumah pribadi yang dikenal sebagai "The Queen's House".

2. Jembatan Menara (bahasa inggris:Tower Bridge) adalah jembatan yang membentang di atas Sungai Thames di London, Inggris Raya. Jembatan ini mengabungkan dua desain jembatan yaitu angkat dan gantung. Jembatan ini dibangun di sisa akhir masa renaisans, yang menggambarkan semangat yang tinggi akan kemajuan. Jembatan ini selesai dibangun tahun 1894, dan merupakan salah satu ikon kota London.Kamu belum ke UK kalau belum ke Jembatan Menara.

3. Big BenMasih berada disisi Sungai Thames, terdapat sebuah menara yang gagah, ini merupakan menara yang di atasnya menampung sebuah jam raksasa. Big Ben namanya. Big Ben adalah nama sebuah menara jam yang terletak di Istana Westminster, London, Britania Raya. Secara resmi menara ini diberi nama Elizabeth Tower, bertepatan dengan pesta 60 tahun Ratu Elizabeth II memimpin Britania Raya dan Wilayah Persemakmuran. Arsitekturnya benar menggambarkan UK. Melihat Big Ben sudah pasti dalam benak terbayang UK secara keseluruhan. Maka, kamu belum ke UK kalau belum ke Big Ben. Ya, minimal selfie didepannya untuk kenangan.

Lalu bagi kamu yang suka wisata kuliner, jangan khawatir, karena London bukan hanya kota bangunan-bangunan tua kok. London juga punya makanan khas yang wajib kamu cicipi jika singgah ke kota sihir ini.

1. Scotch Egg, pertama kali dibuat oleh Fortnum & Mason di Picadilly, London, pada abad ke-19.Scotch egg adalah salah satu panganan asal Inggris. Biasanya disajikan bersama dengan acar, saus, ataupun potongan bacon. Kalau dilihat sepintas, scotch egg ini mirip sekali dengan bakso dengan isi telur rebus. Ya, paling tidak lidah kita tidak akan terlalu kaget ketika mencicipi ini.

2. Beef Wllington adalah hidangan klasik keluarga-keluarga eropa. Ya walaupun tidak secara spesifik khas London, tapi buat kamu keluarga non eropa, wajib mencicipinya. Beef Welington sendiri merupakan steak sapi fillet yang kadang ditutup dengan pate kemudian dimasukkan ke dalam pastel puff dan dimasak dalam suhu tertentu. Untuk rasanya? Jangan khawatir, seperti yang Pak Bondan Winarno (alm) bilang, “maknyuss".

3. Sandwich Lamb. Kita sudah familiar dengan sandwich, tapi bagaimana sandwich khas London? Namanya adalah Sandwich lamb, sandwich ini adalah sandwich daging domba yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Landon. Terdiri dari dua potong roti yang di dalamnya ada isian daging domba empuk berbumbu khusus, sayuran, keju, dan juga saus tomat. Lamb sandiwch yang terkenal dijual di Sticky Beaks.

Bagaimana? tertarik untuk pergi ke London? Saya harap ada mantra sihir membawa kita menuju tempat ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya