Manusia adalah ciptaan tuhan yang paling sempurna diantara makhuk-makhluk yang lain nya karena mereka memiliki pikiran yang bisa diasah dan dikembangkan. Namun akhir akhir ini manusia yang berotak pandai, yang juga predator bagi manusia yang lainya setelah mereka berkumpul menjadi Sebuah kelompok. Hati nurani mereka seakan hilang begitu saja saat mereka sudah bergabung menjadi kawanan predator.

Taklama ini ada bebrapa tragedi berdarah yang menimpa warga kita bahkan ada yang terjadi di bumi kita sendiri. Beberapa hari yang lalu di jawa timur ada tragedi “ Salim Kancil” yang dokeroyok oleh preman yang diduga dari perusahaan tambang. Gerombolan tersebut menangkap salim dengan mengikat dia dengan tali yang sudah disiapkan kemudian di seret menuju balai desa sejauh 2 km sambil terus disiksa bahkan dia sempat di setrum dan di gergaji hingga akhirnya dia tewas. (dikutip dari sidomi.com)

Advertisement

Tragedi mina yang merenggut ratusan nyawa dari jemaah haji yang terjadi di jalan 204 berawal dari kepadatan jemaah untuk melempar jumrah dari berbagai negara yang memenuhi jalan 204. Peristiwa terjadi karena adanya jemaah yang hendak melakukan jumrah tiba-tiba berhenti dan membuat kemacetan sehingga terjadilah desaka desakan barisan belakang yang ingin segera kedepan mereka mendorong depannya dan ada ratusan lansia dan wanita mereka jatuh pinsan ditengah tengah kerumunan itu dan ahkirnya terinjak injak oleh manusia lainnya. Sehingga jatuhlah korban jiwa dan menelan sekitar 769 jemaah dari seluruh dunia.

Ketika manusia berkumpul menjadi kelompok kelompok besar kenapa mereka semua menjadi buwas? Ini salah siapa? Apakah negara? Pemerintah? Pendidikan kita? Ini adalah salah kita. ketika berkumpul menjadi kelompok rasa kemanusiaan kita seakan akan hilang dan memangsa yang lainnya.

Imam Khoirul Mahrom Bayu Gatra – UST Yogyakarta

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya