Assalamuallaikum, apa kabar? Dan hai anda para jomblo semua apakah masih kuat menjalani bulan puasa tanpa ditemani seorang pasangan atau gebetan? Apakah masih sanggup bangun sahur nggak telat tanpa ada yang bangunin (khususnya anak kuliahan yang merantau jauh dari orang tua)?

Selamat menunaikan ibadah puasa ya bagi anda yang menjalankannya semoga berkah apa yang dilakukan. Sebelumnya udah lama nih saya nggak posting di plukme ini, selain karena tugas yang menumpuk juga mungkin karena otak yang masih blank jadi nggak terpikirkan sesuatu hal yang ingin ditulis. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang makna dari kata jomblo sesungguhnya menurut saya sendiri.

Advertisement

Semoga dapat menghibur dan bermanfaat bagi anda semua. Jomblo, adalah sebuah kata yang mengekspresikan keadaan di mana seseorang yang masih sendiri atau single dalam artian urusan cinta. Urusan cinta ini dimaksudkan untuk anda semua yang secara umur dan pikiran udah dewasa dalam menafsirkan apa itu cinta, tahu apa sisi positif dan negatif dari cinta tersebut sehingga memilih satu daripada dua.

Nah berikut saya akan menjabarkan tiap huruf dari kata Jomblo agar semoga anda dapat memaknai kata jomblo itu sendiri jauh lebih baik.

1. J, Jangan sedih, takut ataupun malu. Mungkin kebanyakan manusia yang hidupnya sendirian dan nggak ada yang ngisi ruang hatinya lambat laun akan terbelenggu dengan kesepian, penuh dengan keheningan dan hanya terisi oleh kehampaan. Ini wajar, karena manusia sendiri bukanlah makhluk individu tetapi makhluk sosial yang selalu butuh dengan manusia lainnya apalagi dalam urusan perasaan, cinta ataupun jodoh. Sesuatu hal yang menjadi kebutuhan hidup kabanyakan manusia, yakni jodoh. Jadi nggak perlu sedih, takut ataupun malu karena nggak punya gebetan atau pasangan untuk sekarang, apalagi bentar lagi lebaran. Masih ada kok keluarga, temen dan sahabat.

Advertisement

2. O, Optimis jangan pesimis. Tetap optimis kalau tentang urusan perasaan, cinta atau jodoh. Jangan pesimis karena setiap orang lain bisa tiap hari jalan sama pasangannya dan ehh anda yang jomblo hanya bisa melongo melihat mereka bermesraan, sambil dalam hati berkata "kapan saya bisa kayak gitu" dan akhirnya berkhayal yang nggak-nggak. Ambil sisi positifnya aja apalagi di bulan suci yang penuh berkah ini.

3. M, Melangkahlah kedepan dengan yakin Makna disini adalah tetaplah melangkah berjalan kedepan dengan yakin dan mantap dalam belajar dan berkarir walaupun tanpa ditemani oleh pasangan, tanpa disupport pasangan. Tetaplah yakin dan jangan lah putus asa, hilang semangat dan menyerah untuk tetap terus melangkah kedepan. Toh masih ada keluarga dan temen-temen yang masih setia untuk men-support dan menemani. Mending sejahterakan dulu kehidupan kita agar lebih mapan.

4. B, Belajarlah dari pengalaman orang lain Seperti pepatah yang mengatakan "Pengalaman adalah guru terbaik", dan ini memang benar. Dalam setiap urusan perasaan dan cinta belajarlah dulu dari pengalaman orang lain, belajarlah dari apa yang telah orang lain dapatkan dari cinta itu sendiri dan apakah yang telah didapatnya dari cinta itu sendiri. Karena orang yang telah mempunyai pengalaman dalam urusan perasaan dan cinta pasti selalu merasakan pahit dan manisnya. Banyak orang yang lama-lama mencinta 5 tahun 7 tahun bahkan ada yang lebih tetapi akhirnya tidak bisa bersanding di pelaminan dengan sang kekasih karena masalah-masalah sering kali sulit dijelaskan oleh hati dari masing-masing kita.

Dan akhirnya hanya sakit dan kecewa yang didapat yang hanya memberikan efek trauma, takut untuk jatuh cinta lagi, depresi dan kemungkinan terburuknya adalah mengakhiri hidup. Belajarlah dari pengalaman seseorang yang sudah tahu makna dari kata cinta itu sendiri hingga akhirnya kita bisa memaknai sendiri secara lebih dalam apa itu cinta serta apakah dampak positif dan negatifnya bagi kita sendiri.

5. L, Lebih baik terus berdoa dan memperbaiki diri Sudah jelas diterangkan bahwa "Laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik dan juga sebaliknya laki-laki yang buruk untuk perempuan yang buruk pula". Lebih baik anda terus memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik lagi sebagai persiapan untuk dipertemukan dengan jodoh yang "Sebenarnya" oleh Tuhan dan terus berdoa untuk diberikan yang terbaik.

Memang kalo jodoh nggak dicari nggak akan datang dan memang semua itu harus dilakukan dengan usaha karena doa tanpa usaha adalah "nothing" dan usaha tanpa doa adalah "impossible". Jadi usaha disini maksudnya adalah usaha untuk terus membenahi diri agar nantinya siap untuk dipertemukan dengan jodoh yang sesungguhnya.

6. O, Oh ya berhubung sebentar lagi mau Idul Fitri nih saya ingin sekalian mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri, Minal Aidzin wal Faidzin, Mohon maaf lahir dan bathin. Saya Reza Taufik Hidayat mohon maaf jika dalam tulisan saya sebelumnya terdapat kata-kata yang "wrong or anything", karena saya juga hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Silahkan like, comment dan share jika postingan ini terasa bermanfaat dan dapat menghibur. Wassalamuallaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya