Miras adalah minuman yang dapat membuat orang mabuk dan tidak sadarkan diri. Miras oplosan adalah miras yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Miras oplosan juga bukan hanya menyebabkan mabuk atau tidak sadarkan diri melainkan bisa berdampak kematian.

Sampai saat ini miras oplosan masih banyak ditemukan karena dengan harganya yang murah dan sangat gampang ditemukan keberadaannya. Bukan hanya orang dewasa saja yang mengkonsumsi miras oplosan ini bahkan remajapun juga banyak yang nekat untuk meminumnya. Banyak alasan kenapa anak remajapun banyak yang nekat untuk meminum miras oplosan ini dikarenakan, pergaulan di lingkungannya, diancam karena takut dimusuhi oleh temannya, sedang tren, atau bahkan menjadi pelarian dari masalah.

Banyak sekali efek negatif dari miras oplosan ini, salah satu efek jangka pendeknya dapat menyebabkan gangguan kesadaran dan keracunan alkohol. Keracunan alkohol sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan penurunan kesadaran, mual, muntah dan gangguan pernapasan. Sedangkan efek jangka panjang dari miras oplosan ini adalah kecanduan, kanker, penyakit hati dan bahkan bisa berujung kematian.

Fenomena yang terjadi di Indonesia akibat adanya minuman alcohol yang lebih marak dengan minuman Oplosan-nya yang banyak memakan korban. Apa itu oplosan? Inilah contoh beberapa racikan oplosan :

  • Miras ditambah dengan minuman berenergi

Beberapa pencita oplosan menggunakan racikan ini menyukai cita rasa yang lebih baik menurut pendapatnya dikarenakan dapat mengurangi rasa pahit dan bau menyengat pada bir, minuman ini biasa disebut dengan sunrise.

  • Miras ditambah dengan Susu

Minuman jenis ini merupakan salah satu minuman jenis oplosan yang sering memakan korban, minuman ini dikenal sebagai susu macan. Minuman ini biasanya banyak dijual di warung–warung minuman keras yang tradisional.

  • Miras ditambah dengan minuman bersoda

Tujuan dari minuman oplosan ini adalah untuk memberikan cita rasa dan menutupi rasa yang tidak sedap pada minuman keras tersebut.

  • Miras ditambah dengan obat-obatan

Demi untuk mendambah efek dari alkohol, para pecinta minuman keras menambahkan minumannya dengan obat-obat yang disalah gunakan sehingga dapat menyebabkan efek kerusakan pada tubuh yang berbeda sesuai dengan obat yang dicampurkan pada minuman keras tersebut.

Dari dulu sampai sekarang miras sudah menjadi gaya hidup yang tidak bisa ditinggalkan. Sudah jelas miras itu sangat berbahaya bagi tubuh, tapi masih banyak saja yang masih mengkonsumsinya. Padahal sudah banyak berita tentang miras oplosan tapi para pecandu masih saja tidak merasa takut dan masih terus mengkonsumsinya yang pada akhirnya miras oplosan membawa mereka ke alam baka ( kematian).

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya