Menurutku secara pribadi “doodle art adalah symbol kebebasan dalam berekspresi, berkreasi, menumpahkan ide serta perasaan pada sebuah media tanpa sekelumit aturan yang memberi batasan. Dalam doodle art itu sendiri, kita tidak dituntut menjadi seorang yang hebat secara teknis. Hanya dengan pena, marker atau pensil dan secarik kertas, baik itu dalam keadaan mood sedang tidak bagus. Siapapun dan kapanpun bisa dengan bebas untuk doodling atau membuat coretan yang sesuai dengan isi pikiran dan perasaan hatinya”.

Sering kali, doodle art dibuat dalam keadaan tidak fokus atau melamun diwaktu bosan, terhenti disatu titik ketika kita mengerjakan suatu proyek namun kehabisan ide, menyampaikan sesuatu dalam bentuk yang terkadang tak beraturan (abstrak), Dan bisa jadi hanya sebagai pelarian diwaktu senggang yang seringkali bisa menenangkan suasana hati si pembuatnya.
Ada banyak hal yang bisa ditemukan dalam doodle art, seperti misalnya tokoh fiksi atau teman imajinasi, berbagai motif bunga dan ukiran, tekstur serta rancangan kasar berbagai ide dan lain-lain.
Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa an sejarahnya?!…

Advertisement

Adapun doodle art tertua pertama kali ditemukan pada dinding-dinding gua yang telah ada sejak ribuan tahun lalu disaat manusia dijaman prasejarah menggunakannya untuk berkomunikasi, menceritakan kisah turun temurun serta diyakini sebagai bagian dari ritual adat.

Untuk asal-usul kata “doodle” itu sendiri, menurut Wikipediapertama kali muncul di abad ke-17 yang berarti “bodoh”. Diambil dari judul lagu “Yankee Doodle”, yang awalnya dinyanyikan oleh pasukan kolonial Inggris sebelum Perang Revolusi Amerika. Ini juga merupakan asal dari kata kerja abad kedelapan belas untuk mencoret-coret, yang berarti “untuk menipu atau membodohi”. Arti modern muncul pada 1930-an baik dari makna ini atau dari kata kerja “untuk berlama-lama”, yang sejak abad XVII telah memiliki makna membuang-buang waktu atau karena malas.

Dalam film Mr Deeds Goes to Town, Mr Deeds menyebutkan bahwa doodle adalah kata yang dibuat untuk menggambarkan coretan untuk membantu seseorang berpikir. Menurut track DVD komentar audio, kata yang digunakan dalam pengertian ini diciptakan oleh penulis skenario Robert Riskin.

Advertisement

Saat ini dengan berkembangnya doodle art yang kian hari semakin populer bahkan sering diikut sertakan menjadi ajang lomba. Tidak heran jika banyak Artist dan Designer Graphic baik itu individu maupun berkelompok (komunitas). Yang menjadikan doodle art sebagai aliran seni mereka dengan berbagai style dan cirikhas serta media yang beragam.

Bersambung…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya