Tahap terakhir dari perjalanan sebagai seorang mahasiswa adalah pengerjaan skripsi. Namun tidak sedikit dari mereka yang harus molor karena merasa kesusahan untuk bisa menyelesaikan skripsi tepat pada waktunya. Memang pada tahap terakhir ini, banyak godaan yang sangat sulit untuk dilalui para mahasiswa seperti rasa malas, terlalu PW (posisi wenak) di kost atau rumah, susah mendapatkan referensi, susah menemui dosen, terlalu asyik bekerja dan kesibukan lain bahkan terlalu asyik bersenang-senang karena banyak waktu luang. Normalnya, penggarapan skripsi diberi waktu selama satu semester atau enam bulan, hanya saja tidak semua mahasiswa mampu atau lebih tepatnya berkemauan keras untuk bisa menyelesaikannya dalam jangka waktu yang tidak banyak itu. Nah, untuk mencegah kemoloran dalam penggarapan skripsi, coba terapkan beberapa trik berikut biar bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu dan lulus tepat waktu.

Tekadkan niat yang kuat dan kemauan yang keras untuk segera menyelesaikan skripsi agar selesai tepat waktu demi orang- orang tercinta. Mengingat harapan orang-orang tercinta agar kamu cepat lulus pati akan membakar semangat kamu untuk segera menyelesaikan studimu.

Advertisement

Cobalah biasakan dirimu untuk sering menulis jauh-jauh sebelum kamu sampai ke fase pengerjaan skripsi. Membiasakan menulis sejak dini akan memudahkan kamu untuk berimajinasi, dan menyusun kata dan kalimat saat skripsi. Mebisakan menulis tidak harus yang akademik seperti artikel dan journal, menulis bisa di mulai dari pengalaman pribadi, hal yang kita alami dan rasakan seperti menulis diari, puisi, pengalaman perjalanan dan cerita cerita imajinasi kamu.

Tulis target kelulusan dan pasang di dinding kamar kamu agar kamu bisa ingat dan terus termotivasi untuk mewujudkannya. Tulislah dengan ukuran besar dan indah bahwa kamu ingin lulus tepat waktu pada semester delapan. Sehingga setiap kamu bangun dan mau tidur, masuk kamar, atau apapun kegiatan kamu di dalam kamar, kamu akan membaca tulisan itu dan akan teringat targt dn impian kamu. Kalau sudah teringat, percaya deh, sadar atau tidak, kamu akan termotivasi untuk mengerjakan skripsimu.

Jika ada pembukaan pendaftaraan tahap awal pengajuan judul, seminar proposal, ujian komprehensif dan ujian proposal, pastikan kamu ikut serta siap ataupun tidak. Apa salahnya mencoba kan? Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kalau gagal pada tahap pertama kamu masih memiliki kesempatan pada tahap kedua ketiga, jadi hal ini bisa menjauhkan dari kemungkinan untuk molor. Sedangkan kalau lolos, itu berarti kamu mempunyai tambahan waktu untuk mengerjakan tahap selanjutnya yang lebih sulit.

Advertisement

Belajar sedikit cuek dan tidak menghiraukan ocehan teman-teman yang mengejek kamu sok rajin mengerjakan skripsi. Karena kalau kamu mendengarkan omongan mereka itu akan semakin membuat kamu menunda-nunda pekerjaan skripsimu dan malah lebih memilih untuk bersenang-senang bersama teman-teman dan lupa waktu. Selain itu, jika kita mendengarkan ejekan teman-teman, itu akan membuat kamu lengah dan kobaran semangat untuk mengerjakan skripsi malah mati. Sangat disayangkan bukan?

Selanjutnya, jika kamu adalah seorang aktivis kampus intra maupun extra, cobalah kurangi intensitas kamu di organisasi yag kamu ikuti, kurangi waktu bersama mereka agar ada waktu luang untuk focus dengan skripsi dan tidak terganggu dengan urusan organisasi ataupun ajakan teman-teman organisasi untuk nongkrong bareng-bareng mereka untuk sekadar bercanda tawa. Karena, disadari ataupun tidak, saat bersama teman-teman kamu tidak akan bisa membarengi kebersamaan dengan temanmu sambil mengerjakan skripsimu. Dan biasanya, berkumpul dengan teman organisasi akan membuat kamu lupa waktu karena asik bercanda ria dan membahas banyak hal.

Dari awal pengerjaan skripsi, cobalah untuk membuat jadwal target harian atau mingguan yang harus kamu selesaikan tepat pada waktunya, dan tempelkan di dinding kamarmu. Jadi, setiap bab ataupun bagian pembahasan dari skripsimu akan selesai akan selesai tepat waktu sesuai target yang kamu inginkan, bisa mingguan atau harian dalam jangka waktu yang kamu punya.

Kalau sudah punya jadwal target pengerjaan skripsi, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan jadwal berkonsultasi dengan dosen pembimbingmu. Karena, kamu juga harus punya jadwal bertemu dosen minimal 1 atau 2 minggu untuk berkonsultasi hasil yang kamu kerjakan atau sekadar sharing permasalahn yang kamu temukan. Hal ini harus rutin dan konsisten kamu lakukan, agar kamu semakin ada greget dan deadline yang mendesak kamu untuk menyelesaikan targetmu. Kan malu kalau datang menemui dosen pmbimbing tapi kamu belum ada perkembangan dari skripsimu, yahhh paling tidak ada masalah yang perlu kamu curhatkan meskipun Cuma hasil dari membaca skripsimu. Itu kemajuan juga lho…

Luangkan waktu wajib 1 sampai 2 jam sehari sebelum kamu keluar kamar untuk melaksanakn aktivias luarmu dengan membuka laptop dan skripsimu. Lakukan secara konsisten, meski awalnya cuma buka dan diliatin aja, trus difikir aja, trus dibaca-baca, lama-lama pasti dikerjain dan selesai deh tuh skripsi tepat waktu. Kalau kamu tidak meluangkan waktu khusus untuk mengerjakan skripsimu, sangat memungkinkan kalau pada hari itu kamu tidak akan mengerjakan skripsimu setelah kamu keluar kamamu. Hal ini karena, ketika kita sudah asyik dengan dunia kita, sangat besar kemungkinan kita akan lupa dengan kewajiban kita.

Belajar untuk hobi searching di internet, berkunjung ke perpustakaan, dan baca apapun. Ketika kamu searching di internet ataupun perpustakaan dan menyempatkan membaca apapun tiu, sedikit banyak kamu akan mendapatkan manfaatnya. Meskipun kamu tidak langsung bisa menambah tulisan pada skripsinmu, besar kemunginan kamu akan mendapat ide apa yang akan dan harus kamu lakukan pada skripsimu.

Kalau mengerjakan skripsi jangan melulu di kamar, lama-lama bosan kamu nanti. Heee coba deh tempat-tempat baru yang asyik, bisa di taman, café, atau tempat santai lainnya. Biar skripsi bisa tetep berjalan, fikiran tetep ke-refresh.

Jangan lupa untuk sharing hasil garapan kamu ke temen kamu yang sama-sama ngerjain skripsi. Saling tukar hasil kerjaan buat saling mengoreksi. Kalau sudah saling koreksi, selain kamu bisa bantu teman, kamu bisa belajar dari skripsi teman kamu, kamu juga bisa mengetahui kesalahan dan kekurangan dari tulisan kamu. Simbiosis mutualisme kan?

Dan yang terakhir, doa jangan putus ya guys, kalau Tuhan sudah mengetahui usaha kita, pasti Tuhan akan mengabulkan doa dan harapan kita. Amin

Nah, itu tadi tips yang bisa teman-teman coba biar proses penggarapan skripsi tidak tersendat, siapapun pasti ingin lulus tepat waktu demi orang-orang tercinta. Semangat buat yang lagi bergulat dengan skripshit eh skripsi. Heeeee gutlak ya

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya