Masa kecil Memang lah masa yang penuh kebahagiaan. di mana tidak coba? Masa kecil saya dulu belum belum mengenal yang namanya jatuh cinta, cinta-cintaan, galau galauan, dan apa lah pokoknya yang sekarang ini anak-anak rasakan.

Beda dengan zaman anak sekarang, anak sekarang baru berusia kurang dewasa saja sudah mengenal yang namanya itu. wajar jika sekarang lebih memilih bermain gadget di ruangan tanpa harus main berkumpul dengan teman. Permainan anak sekarang juga berbeda dengan permainan anak jaman dahulu. permainan tradisional pada zaman sekarang ini permainan tradisional mulai ditingkatkan kembali untuk bernostalgia ke jaman dulu.

Untuk anak di tahun 80-an pasti mengenal yang namanya permainan di bawah ini. Yuk kita ingat ingat Permainan apa yang dulu kita permainkan untuk bernostalgia di masa kecil kita dulu.

Patokan bambu.

Patokan adalah nama senjata mainan yang dibuat dari bambu kecil. biasanya mainan ini menggunakan peluru yang terbuat dari kertas ataupun biji bambu air. permainan ini biasanya dimainkan oleh beberapa anak khususnya anak laki-laki yang berusia 6 sampai 13 tahunan.

Mereka memainkan permainan ini seolah-olah dalam kondisi medan pertempuran yang menggunakan senjata pistol. ada juga yang dimodifikasi seperti breemm. Dengan peluru yang terbuat dari bahan yang tidak berbahaya seperti kertas dan juga kembang jambu, tapi jika terkena pada kulit kita pasti akan kesakitan dan tak jarang juga saya dulu pasti nangis karena terasa panas terkena peluru tersebut. Untuk pembuatannya cukup mudah dan tidak memakan waktu lama sehingga dalam satu hari saya pasti membuat untuk dimainkan dalam sehari itu juga.

Petasan bambu.

Petasan bambu atau mercon bambu.(dalam istilah Jawa long-longan) begitulah biasanya orang-orang menyebutkan permainan ini. permainan ini biasanya mulai muncul pada awal awal bulan Ramadan. Untuk dimainkan pada waktu mulai sore. permainan ini biasanya terbuat dari bambu yang sudah tua dan juga tebal. agar tahan terhadap ledakan yang dihasilkan. Biasanya anak-anak desa kami sering memainkan permainan ini pada waktu sore hari.

Petasan bambu ini berfungsi layaknya meriam yang bisa meledak dari ujung bambu tersebut, hanya beda bahan pemicunya saja, untuk media peledak Saya biasanya menggunakan bahan bakar minyak tanah. Atau bisa menggunakan karbit. Jika meriam asli menggunakan bubuk mesiu sebagai pemicunya. Tetapi ini hanya menggunakan minyak tanah karena hanyalah permainan biasa namun sudah sangat senang dan cukup bahagia pada masa-masa itu.

Layang-layang.

Layang-layang merupakan mainan tradisional yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. mungkin layang-layang ini masih dimainkan anak sekarang ya? Hanyalah permainan layang-layang saja yang masih dimainkan dari dulu sampai sekarang.

Pada saat saya kecil dulu biasanya orang orang dewasa pun sangat suka memainkan layang-layang, mungkin kamu juga masih ingat waktu kecil suka sekali mengejar layang-layang putus, saya akan mengejar layang-layang tersebut yang putus walaupun sendal jepit yang harus menjadi korbannya.

Gasing bambu

Gasing bambu merupakan permainan benda putar yang seimbang yang dibuat dari bahan bambu tua. permainan gasing banyak kita jumpai di belahan Nusantara apalagi di desa-desa. namun jenis cacing yang menggunakan bambu ini menjadi ciri khas di daerah Jawa Timur, biasanya gasing bambu ini terbuat dari permainan adu pukul Aduh lama Putar dan ada bunyi.

Itulah beberapa permainan yang mungkin anda dulu pernah memainkan nya. saya dulu cukup bahagia jika pada musim musim nya permainan dan sampai larut sore untuk memainkan permainan tersebut. sampai-sampai dicariin ayah dan ibu untuk dijemput agar mau pulang untuk mandi sore. Tak jarang juga ayah dan ibu saya marah karena saya tidak pulang-pulang. Ibu saya juga membawa senjata agar saya mau pulang, biasanya senjata tersebut terbuat dari rotan ataupun gagang sapu. Hahaha.

Bahagianya anak di zaman dulu cukup sederhana ya? Dan tidak memakan biaya apa-apa. indahnya nostalgia jika dibicarakan dengan teman-teman kecil dulu. Saya harap postingan ini jangan berhenti pada sampeyan saja. Bagikan kepada teman teman seperjuangan dan permainan agar mereka juga tahu akan indahnya bernostalgia di zaman dulu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya