Dari sekian banyak profesi, mungkin sekarang, profesi guru sudah tidak dilirik oleh jamak kawula muda. Dulu, ketika orde lama dan orde baru, profesi guru begitu diagungkan. Tidak sembarang orang bisa menjadi seorang guru.

Bahkan, orang yang berprofesi sebagai guru sangat dihormati di masyarakat. Seorang guru, kala itu, dianggap sebagai orang yang serba bisa. Banyak yang meminta bantuan kepada mereka, karena dianggap sebagau orang yang paling tahu dan berwawasan luas.

Advertisement

Tetapi, berbeda dengan sekarang. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, pengaruh globalisasi serta liberalisasi, profesi guru menjadi profesi yang kurang dilirik oleh kawula muda milenial. Mereka lebih memilih berprofesi sebagai creator atau profesi yang sedang ngehits seperti youtuber dan enterprenuer.

Seiring perkembangan zaman yang berubah, paradigmapun juga ikut berubah. Begitu juga dengan paradigma dalam berprofesi yang ditentukan oleh perubahan zaman yang dinamis.

Tetapi bagi kalian yang masih tetap setia dengan mimpi menjadi seorang guru, ataupun yang sedang kuliah di salah satu LPTK, saya acungkan jempol dan apresiasi yang tinggi. Itu membuktikan bahwa kalian memang masih peduli terhadap pendidikan, yang katanya menjadi investasi masa depan.

Advertisement

Untuk lebih memantapkan niat kalian, berikut ini ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan untuk menjadi seorang guru.

1. Siapkan gelar sarjana kalian

Nah ini nih yang paling dasar dan utama. Jangan sampai kalian ingin menjadi seorang guru tapi belum memiliki gelar sarjana, terutama sarjana pendidikan. Jika kalian tetap memaksakan, nantinya bakalan ribet kalau sudah terjun menjadi seorang guru. Karena jika belum bersarjana dan apalagi belum sarjana pendidikan, kalian harus menempuh pendidikan kesetaraan untuk mendapatkan sarjana kependidikan.

2. Praktek tak semudah berteori

Ini sering didengar tidak hanya bagi kalian yang ingin menjadi seorang guru, tapi hampir semua profesi. Iya, segala teori tentang pendidikan yang dipelajari saat kuliah berbeda jauh dengan fakta di lapangan. So, kalian harus siap dengan perbedaan itu. Kalian harus mencoba lebih banyak terjun ke lapangan saat masih kuliah, agar kalian bisa lebih paham dengan perkembangan dan dinamika di lapangan.

3. Mentalmu harus dipanaskan

Iya, mentalmu perlu dipersiapkan. Setiap dunia kerja, tak terkecuali di dunia pendidikan, persaingan tetap ada. Dikucilkan karena kamu sedikit beda, bahkan senioritas nyata adanya. Jadi bagi kalian yang mimpi jadi guru, siapkan mental kalian.

4. Cintailah apa yang kamu kerjakan!

Ini wajib bagi kalian yang bermimpi menjadi guru. Cintai pekerjaan dan profesimu. Setelah itu kamu akan merasa nyaman bekerja di lingkungan pendidikan. Lingkungan yang penuh dengan aturan dan tuntutan.

5. Be creative? Wajib!

Tidak hanya profesi di dunia enterprenuer atau entertain yang menuntut kreatifitas, profesi guru pun wajib. Kalian perlu memupuk jiwa kreatifitas jika ingin menjadi guru. Dengan sentuhan kreatif dalam proses pembelajaran, kalian akan lebih nyaman dan enjoy dalam mengajar. Ya bisa buat refreshing juga sebenarnya. Hehe

6. Eits, jangan terus-terusan di zona nyaman!

Nah ini dia, kalau kalian sudah benar-benar terjun sebagai profesi guru dan sudah merasa nyaman, jangan berhenti di zona nyaman. Sisihkan waktu luangmu untuk mengerjakan hal lain. Bisa juga dengan menggeluti bisnis sampingan atau melanjutkan study kalian.

Tugas guru tidak hanya mengajar, tetapi juga harus terus belajar. Keep learning!!!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya