Saya kehilangan smartphone yang sangat saya sayangi beberapa bulan yang lalu. Dan yang jelas, bagaimana dan mengapa ponsel saya bisa hilang, saya rasa tidak perlu diceritakan lagi. Dan seminggu setelah saya kehilangan ponsel tersebut, saya tidak sekalipun bisa tidur dengan nyenyak. Mengapa?

Karena saya masih takut akan keberadaan data-data dan informasi pribadi yang penting didalam ponsel saya itu. Kemungkinan terburuknya, data -data saya mungkin bakal disalahgunakan oleh sang pencuri. Dan bodohnya lagi, pada saat itu saya tidak terlalu perduli dengan keamanan ponsel karena menganggapnya sebagai hal sepele. Tapi sekarang saya baru menyadari jika keamanan ponsel penting sekali sekarang ini.

Advertisement

Bukan hanya untuk meningkatkan rasa aman ketika beraktifitas, bahkan apabila ponsel kita hilang atau dicuri, kita tidak lagi khawatir tentang nasib data-data penting kita. Tidak menutup kemungkinan juga berkat fitur keamanan tersebut, kita masih bisa melacak keberadaan ponsel kita yang hilang dan memilikinya kembali.

Dan, apa yang hendak saya sampaikan dari pengalaman saya itu? Keamanan ponsel sangatlah penting. Dan faktanya, beberapa ponsel yang beredar sekarang ini sangat minim akan fitur bawaan yang mampu menjamin keamanan data pemiliknya. Walaupun masih bisa diatas dengan menginstall aplikasi keamanan tambahan, setidaknya perangkat kita sudah memiliki proteksi awal. Dan selanjutnya kita hanya akan berfokus untuk meningkatkan keamanannya dan menjaga ponsel kita sebaik mungkin.

Advan, salah satu vendor smartphone Indonesia yang berhasil masuk ke Top 3 Best Smartphone di Indonesia melakukan terobosan baru dalam isu keamanan ponsel. Advan i6 adalah produk terbaru mereka saat ini yang sudah dilengkapi dengan FullView Display, RAM 2GB dan ROM 16GB, kamera 13MP (CMOS)+5 MP, dan juga dilindungi oleh sebuah sistem keamanan yang dinamai Advan Secure.

Advertisement

Apa itu Advan Secure?

Advan Secure adalah serangkaian fitur keamanan yang dibenamkan pada #Advani6 untuk menjamin keamanan data-data didalam ponsel. Advan Secure memiliki fitur utama seperti pengamananan aplikasi, anti pencurian, pelacakan ponsel, dan fitur pengaman lainnya. Sehingga dengan adanya fitur keamanan berlapis ini, pengguna tidak lagi khawatir jika data-data ponselnya diakses oleh orang-orang iseng ataupun orang-orang tidak bertanggung jawab. Dan spesialnya lagi, pengguna juga tidak akan khawatir data-data ponselnya akan disalahgunakan apabila ponselnya mendadak hilang.

Lalu, fitur seperti apa saja yang termasuk dalam Paket Advan Secure?

1. Fingerprint & Face ID, Mengamankan sistem penguncian ponsel

Advan i6 sudah dilengkapi dengan fitur pengaman kekinian yang sekarang sudah menjadi standar keamanan diantara smartphone lain. Advan i6 memiliki sensor Fingerprint yang bisa membuka kunci ponsel hanya dalam hitungan detik. Tidak ada orang lain yang bisa membuka kunci layar dari Advan i6 apabila sidik jarinya tidak sesuai dengan sidik jari pemilik aslinya. Aman sekali, bukan? Ditambah lagi, Advan i6 sudah punya fitur Face ID, yang mampu membaca wajah penggunanya dengan fitur Face Recognition.

Dijamin kualitas akurasi pengenalan wajah dari Advan i6 akan semakin optimal berkat kamera depannya yang beresolusi 5MP dengan fitur Face AE Technology yang mampu menangkap kontur wajah secara detail. Tak lupa, Advan i6 juga dibekali kamera belakang sebesar 15 MP CMOS Sensor dari Samsung, yang akan sangat optimal untuk mengabadikan setiap momen dengan kualitas gambar yang baik.

Fingerprint dan Face ID membentuk duo sistem keamanan yang lebih unggul dari kebanyakan ponsel sekarang ini. Hanya pemiliknya sajalah yang bisa membuka kunci ponsel, sehingga tidak ada peluang bagi orang asing untuk membuka ponsel dan mengintip informasi penting didalamnya.

2. Melindungi aplikasi-aplikasi yang berisi informasi sensitif dengan XLocker

Nah, kebanyakan kaum muda sekarang ini memiliki banyak rahasia yang tidak boleh diketahui orang-orang sekitarnya. Bisa saja itu seperti kisah asmara, perseteruan, atau sesuatu yang tidak baik untuk diumbar ke orang-orang. Advan i6 yang dilengkapi dengan XLocker kini memungkinkan penggunanya mengunci aplikasi penting yang berisi informasi sensiitif. Umumnya, aplikasi itu berupa aplikasi Perbankan, Sosial Media, Galeri, Perpesanan, dan lainnya. Nah, XLocker akan menjamin aplikasi tidak akan bisa dibuka oleh orang lain selain pemiliknya sendiri.

Ada juga fitur yang tak kalah hebat, yakni Privacy System yang ibaratnya seperti ruang rahasia untuk menyembunyikan data, foto, video, file, kontak, log panggilan dengan pengunci rahasia yang sangat aman. Menyembunyikan apapun di Privacy System ini benar-benar tidak bisa terlacak, karena hanya bisa dibuka dari dialer pad dengan kombinasi angka yang unik. Ini membuktikan bahwa Advan i6 sangat ramah untuk semua data-data rahasia dari pemiliknya.

3. Melacak ponsel yang hilang dan membantu mengamankan data-datanya

Ada salah satu fitur bagian dari Advan Secure yang akan mengamankan data-data ponsel apabila ponsel tersebut dicuri, sekaligus membantu mengembalikan ponsel yang hilang. Fitur ini bernama Anti-Theft Protection yang akan bekerja maksimal pada dua keadaan yang berbeda. Pertama, ketika ponsel masih berada dalam genggaman pemiliknya, pengguna bisa mengatur preferensi bagaimana Anti-Theft Protection bekerja. Pengaturan akan disetting sesuai prosedur, untuk memastikan semua pengaman berfungsi secara optimal. Didalam aplikasi ini jugalah penggunanya akan dibuat mengerti bagaimana cara Anti-Theft bekerja.

Dan pada situasi yang kedua, yakni ketika ponsel telah dicuri, barulah Anti-Theft akan bekerja. Fitur-fitur ini dapat dikontrol dari PC atau device yang berbeda, yang dapat dimanfaatkan untuk melacak ponsel Advan yang hilang, sekaligus membantu mengamankan data-datanya. Fitur-fitur tersebut antara lain:

Tracking

Dengan fitur pelacakan ini, penggunanya dapat melacak keberadaan lokasi ponsel yang bisa dilihat dari PC ataupun device lain. Tapi fitur Tracking ini hanya bisa berfungsi apabila sebelumnya pengguna telah mengaktifkan data seluler dan GPS, agar kedua elemen itu akan saling berintegrasi dalam menunjukkan lokasi yang akurat, agar ponsel dapat dengan mudah ditemukan. Setelah kordinat lokasi ditemukan, pengguna bisa secepatnya menemukan ponsel yang hilang tersebut.

Manual Shoot

Fitur ini akan diam-diam mengambil foto yang umumnya dilakukan via Front Camera untuk menangkap wajah sang pencuri. Selanjutnya, pengguna bisa mengenali latar belakang diambilnya foto berupa lokasi yang mungkin dikenali atau terlihat familiar, sehingga pencuri bisa diciduk secepatnya. Ditambah lagi, foto sang pencuri juga bisa disebar kemana saja agar menghimbau orang lain untuk berhati-hati apabila kebetulan sedang bersama pelaku. Dengan begitu, orang-orang bisa lebih waspada dan saling mengingatkan sesama, sehingga kejadian pencurian serupa tidak akan terjadi lagi.

Lock Mobile Phone

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunci akses masuk smartphone hingga sang pencuri tidak bisa menggunakan ponsel sama sekali. Ini juga membantu proses pelacakan agar sang pencuri tidak bisa menonaktifkan data seluler atau GPS selagi ponsel masih dilacak. Namun jika sang pencuri mematikan ponsel yang dicuri, rasanya fitur Lock ini serasa tidak berguna lagi. Namun setidaknya sudah berjuang, bukan?

Destroy Data

Nah, jika rasanya ponsel yang dicuri sudah tidak lagi memiliki peluang untuk ditemukan, pengguna bisa langsung menggunakan fitur ini untuk menghapus semua data yang ada di dalam smartphone. Data-data yang disimpan didalam internal storage akan dihapus bersih, sehingga sang pencuri tidak bisa mengakses data dan menyalahgunakan data yang tersimpan dalam ponsel tersebut. Namun patut diingat, apabila sudah dilakukan Destroy Data, maka pengguna tidak bisa lagi melakukan pelacakan di masa yang akan datang, karena konfigurasi didalam smartphone sudah hangus. Jadi, ada baiknya sebelum menggunakan fitur ini, resiko dan konsekuensinya dipikirkan matang-matang ya teman-teman.

Alarm Finder

Fitur ini akan sangat bermanfaat apabila terduga pencuri atau titik terakhir kehilangan masih berada didalam ruangan yang sama atau dirasa belum bepergian jauh. Biasanya fitur Alarm ini sangat tepat untuk melacak ponsel milik siswa/mahasiswa yang hilang. Ditambah lagi, ketika korban langsung sadar bahwa ponselnya telah hilang atau dicuri, pintu kelas tiba-tiba ditutup dan fitur alarm langsung dijalankan. Alhasil, pencuri yang dijuluki si "teman kok makan teman" bisa diciduk secepat mungkin dan dilaporkan ke BP untuk diceramahin selama dua jam lebih oleh guru konselor.

Alarm akan berdering sekeras mungkin walaupun ponsel dalam keadaan silent. Dan mungkin pada jangkauan 5 sampai 10 meter, suara alarm tersebut masih bisa terdengar jelas dalam situasi yang cukup sunyi. Sang pencuri yang panik harus tetap bergerak, karena sedetik saja dia berhenti bergerak untuk berusaha mematikan alarm, orang-orang yang mengejarnya sudah keburu menciduknya dan mungkin segera diberi pelajaran. Rasanya untuk melacak ponsel yang hilang dalam radius yang dekat, penggunaan Alarm Finder ini akan sangat berguna.

Send Message

Nah, fitur ini tergolong sebagai cara akhir yang paling kontroversial untuk melacak ponsel yang hilang. Fitur ini akan mengirimkan pesan langsung ke ponsel yang hilang, agar orang yang mencuri atau menemukannya dapat menghubungi balik atau mengikuti permintaan si korban untuk segera mengembalikan ponselnya.

Kenapa saya bilang fitur ini kontroversial? Pasalnya, kata-kata yang digunakan untuk membujuk sang pencuri atau penemu ponsel sangat berpengaruh pada besaran peluang dikembalikannya ponsel tersebut. Korban bisa mengirimkan pesan bujukan untuk mengembalikan ponselnya disertai dengan imbalan yang diharapkan bisa menggugah hati sang pencuri, ATAU si korban malah mengancam sang pencuri/penemu ponsel dengan kata-kata ancaman untuk segera mengembalikan ponsel disertai dengan konsekuensi yang akan terjadi apabila si pencuri tidak mengembalikannya,

Namun rasanya, ancaman tidak selalu efektif. Itu malah hanya membuat si pencuri semakin kesal dan puas telah membuat si korban sedih dan kacau-balau, dan memilih untuk tidak mengembalikannya. Sebaliknya, jika fitur Send Message ini digunakan sebaik mungkin dengan perhitungan yang sematang mungkin, bukan tidak mungkin ponsel akan dikembalikan secara kekeluargaan tanpa perlu ada kekerasan ataupun ancaman. So, manfaatkan fitur Send Message ini dengan bijak ya, sob.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi beberapa ulasan dari fitur keamanan bernama Advan Secure yang sangat bermanfaat untuk membantu mengamankan #Advani6. Kabar baiknya, sistem keamanan ini akan terus dikembangkan dan ditanamkan pada ponsel-ponsel Advan rilisan selanjutnya. Dengan Advan Secure, pengguna tidak lagi khawatir data-data ponselnya akan diintip orang-orang iseng di sekitarnya, serta menghadirkan rasa aman dalam beraktifitas sehari-hari. Dengan fitur tambahan lainnya, mempersiapkan perangkat sebaik mungkin dan sedini mungkin terhadap skenario buruk yang bisa saja terjadi, yaitu kehilangan. Tidak perlu panik apabila Advan i6 milikmu hilang, karena fitur-fitur tadi akan siap mengantar ponselmu yang hilang kembali kedalam genggamanmu.

Sesuai judul tulisan ini, dengan segala fitur keamanan yang dimiliknya, tentunya user Advan i6 tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan ponsel, karena Advan Secure akan mengamankan perangkatmu beserta data-data didalamnya.

Merasa ponselmu yang sekarang tidak cukup aman? Beralihlah sekarang ke #Advani6. Ponsel multimedia berlayar FullView 5.5" HD yang menawarkan sensasi multimedia yang menakjubkan, dan didukung juga dengan performa Hardware yang menjanjikan berkat RAM 2GB, ROM 16GB serta Processor mumpuni MediaTek MT6737 yang menawarkan performa gaming yang berkelas. Fitur keamanannya juga jangan ditanya lagi. Dengan serangkaian fitur keamanan yang dikemas dalam satu paket bernama Advan Secure, akan menawarkan rasa aman dan perlindungan perangkat bagi penggunanya, hingga tidak lagi khawatir kehilangan data ataupun ponsel.

Dengan harga yang tergolong murah, hanya sekitar Rp. 1.499.000 saja, kamu sudah bisa memiliki #Advani6 dengan segala kelebihan dan keamanannya yang mumpuni. Segera tinggalkan gadget lamamu, dan beralihlah ke Advan i6 dan beraktifitaslah dengan rasa aman sehari-hari.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya