Siapa di sini yang ingin ke UK?

Pastinya aku. Dari jaman dahulu kala juga sudah amat ingin.

Advertisement

Tentunya kalian juga bukan?

Baiklah. Sembari kita berkhayal sama-sama, anggap saja ini sudah selangkah menuju nyata. Kita ke UK, yes! *amin*

Nah. Pertama-tama kita harus apa?

Advertisement

Tentunya riset. Perjalanan yang baik membutuhkan riset dan investigasi yang baik juga. Dalam hal penting, baik akomodasi maupun destinasi. Untuk destinasi, kita bisa mengamati opini teman-teman di rubrik Hipwee Travel. Mau ke mana saja, tentu ada beragam tempat unik yang menanti kita di sana. Jadi ada gambaran. Sementara untuk akomodasi, jangan khawatir. Dari real-time jasa penerbangan yang bakal mengantarkan kita sampai ke tempat tujuan, tarif hotel, serta ketersediaan tempat milik ratusan situs perjalanan wisata terkemuka yang dikemas dalam satu tampilan layar yang simpel dari Wego Indonesia!

Gimana, makin semangat karena banyak referensi?

Bagus. Aku juga.

Baiklah. Sekarang mari kita berkenalan lebih lanjut dengan UK. Apa yang terlintas di pikiran teman-teman ketika mendengar UK? Harry Potter. James Bond. Muse. Coldplay. Klub bola semacam Liperpool, Arsenal dan Manchester United. Wimbledon. Greenwich titik pusat Meridian Utama. Meghan Markle bakalan jadi bagian dari keluarga besar kerajaan Inggris. British accent idaman sekali.

(Ngomong-ngomong, aku yes sekali untuk yang terakhir)

Tapi sebenarnya, apakah UK itu?

United Kingdom, atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Britania Raya, adalah sebuah negara berdaulat yang terletak di lepas pantai barat laut benua Eropa, dengan ibukota London. Ada empat negara dalam kedaulatan Britania Raya yang masing-masing berdiri sendiri, yaitu Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales. Titik tertinggi Britania Raya adalah Ben Nevis di Skotlandia yaitu 1343 meter. (sumber: Wikipedia).

Untuk peta Britania Raya, kalian bisa cek di sini (untuk yang versi imutnya) juga di sini (untuk versi betulan ala peta altas pelajaran Geografi).

Setelah kenalan dengan Demografis, mari kita berlanjut kepada suasana di Britania Raya. Iklimnya Subtropis, yang mana buat kita yang makhluk tropis ini, hanya dua pengertian. Sejuk. Atau dingin sekali. Tergantung ke sananya kapan.

(Aku sih senang. Sejujurnya ya memang senang.)

Baiklah, kini kita lanjut kepada kuliner. Pada dasarnya ada banyak pilihan di Britania Raya. Aku pribadi ingin menikmati kuliner tradisional Inggris, Fish and Chips langsung di tempat asalnya. Fish and Chips ini adalah makanan pesan-langsung-dibawa, yang menjadi kesukaan warga Inggris. Terbuat dari ikan berbalut tepung roti dengan kentang goreng yang dipotong panjang,

Kalau tempat wisata, pikiranku yang sederhana ini sudah langsung tertuju pada Peron Tiga Perempat di Stasiun King's Cross, London.

Tapi bukan cuma itu.

Akhirnya kuputuskan memasukkan juga kunjungan ke Royal Opera House, gedung pertunjukkan bergengsi seantro Inggris Raya, bahkan sedunia. Menikmati suasana sore di Trafalgar Square, semacam alun-alun yang terletak di tengah London. Naik wahana London Eye. Melihat pemandangan Sungai Thames. Dan oh, tentu saja Museum! Aku suka museum. Mungkin aku bisa ke National Potrait Gallery, yang adalah Museum Seni di London. British Museum, salah satu museum tertua di London. Tate Modern, galeri seni nasional yang berkhususkan pada seni modern internasional. National Maritim Museum, museum tentang kemaritiman. V&A Museum Childhood, museum tentang edukasional anak-anak. Science Museum, museum tentang eksakta. National History Museum, museum mengenai aneka segmen sejarah alam. Design Museum yang bertemakan arsitektur modern kontemporer. Aku juga penasaran untuk melihat langsung dari tempatnya, untuk mode busana anak-anak muda London, yang mana adalah salah satu kiblat mode dunia. London Street Style, British Pop Fashion Culture. Keren-keren.

Puas dengan destinasi wisata dalam kota London, mari kita berlanjut menjelajah Skotlandia. (Pstt! Sudah, aminkan saja dulu.) Skotlandia sendiri dikenal karena lanskap alamnya yang apik, beserta arena perkotaannya yang klasik.

Untuk wisata alam, ada Calgary Bay, pantai berpasir putih dengan air sebening kaca. Rannoch Moor and Glencoe, pegunungan dan rawa yang memikat.

Sementara kota Glasgow, Skotlandia dipenuhi dengan arsitektur kotanya yang bergaya Rokoko. Ibukota Skotlandia memang Edinburgh, namun kota Glasgow memiliki pesonanya sendiri. Di Skotlandia, banyak kastil-kastil yang masih kokoh berdiri megah. Di antaranya ada Kastil Edinburgh dan Kastil Dunnotar. Ada juga Princes Street Gardens, sebuah taman umum yang terletak di tengah kota Edinburgh, dilengkapi dengan Ross Fountain di bagian baratnya.

Puas menyambangi Skotlandia, saatnya kita ke Irlandia Utara. Causeway Coast yang merupakan adalah titik paling utara di Irlandia Utara sering digunakan sebagai tempat pengambilan gambar karena alamnya yang indah dan elok. Lalu ada Marble Arch Caves, sebuah gua yang sangat cantik.

Duhai yang tercinta Hipwee dan Wego Indonesia, sudilah kiranya mewujudkan impianku untuk #AyoKeUK! #WTGB #OMGB *wink*

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya