1. Transportasi Berbahan Bakar Air

Transportasi merupakan salah satu pemicu pencemaran udara yang besar. Setiap mobil berbahan bakar fosil mengeluarkan asap yang mengandung CO(karbon monoksida) yang tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Asap kendaraan juga berpotensi untuk merusak lapisan ozon di Bumi yang dapat mengakibatkan global warming. Selain itu, minyak bumi bukan sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau jumlahnya terbatas.

Advertisement

Berbeda dengan air, jika manusia dapat mengembangkan energi air untuk transportasi maka manusia tidak perlu repot ke pom bensin dan membeli bahan bakar untuk menjalankan alat transportasi. Selain itu, air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau persediaannya akan selalu ada.

2. Kotak Sampah Sekaligus Mesin Daur Ulang

Masalah mengenai sampah merupakan masalah yang sulit diatasi. Tidak hanya di Indonesia, di luar negeri pun juga banyak yang merasakan masalah yang sama. Masalah sampah sering disebabkan oleh kurangnya kesadaran manusia untuk membuang sampah pada tempatnya. Selain itu juga, kesulitan dalam mendaur ulang sampah juga membuat sampah menjadi masalah yang sulit di atasi.

Advertisement

Jika manusia dapat membuat kotak sampah yang dapat mendaur ulang beberapa jenis sampah menjadi barang berguna, tentunya ini akan mengurangi beban dalam mengatasi masalah sampah di dunia ini. Selain itu juga, dengan daur ulang manusia mendapatkan barang baru yang berguna.

3. Baterai Tenaga Air

Baterai adalah energi listrik yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Namun masalahnya bagaimana jika ditengah perjalanan energi bateraimu habis dan tidak ada tempat untuk mencharge bateraimu? Tentu hal itu sangat merepotkan.

Kini sudah ada baterai bertenaga air garam yang lebih efisien untuk dibawa kemana-mana namun belum populer hingga kini. Jika bateraimu habis, kamu hanya perlu mengisi bateraimu dengan air garam saja dan tidak perlu memakan energi listrik.

4. Robot Pembersih

Mungkin kamu sudah pernah menonton film Wall-E, si robot pengelola sampah. Jika manusia mampu mengembangkan serta mempopulerkan penggunaan robot pengelola sampah tentunya akan mengurangi beban masalah sampah di dunia dan membuat lingkungan menjadi semakin bersih.

5. Penjernih sungai

Sungai merupakan habitat bagi para ikan dan penghuni air lainnya yang sering dimanfaatkan oleh manusia terutama di bidang pangan. Namun sayangnya, kini banyak sungai yang terserang pencemaran air oleh limbah buatan manusia. Akibatnya, banyak ikan mati di sungai itu dan air sungai pun menjadi kotor.

Mengingat hal tersebut, penjernih sungai menjadi alat yang sangat berguna jika manusia bisa mengembangkannya. Sungai yang jernih akan membuat penghuninya semakin sehat sehingga bisa dimanfaatkan manusia dengan baik.

6. Pembangkit Listrik Tenaga Petir

Di balik menyeramkannya petir terdapat energi yang sangat besar. Satu sambaran petir berukuran rata-rata saja dapat menghidupkan satu lampu 100W selama kurang lebih tiga bulan! Bagaimana jika ada sepuluh petir yang dapat ditangkap dan dijadikan energi listrik? Jika manusia bisa memanen petir untuk dijadikan energi listrik tentunya hal itu akan memperbanyak persediaan listrik sehingga kita tidak biasa lagi merasakan yang namanya mati lampu secara bergiliran.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya