Menjadi mahasiswa keren tidak selalu didasarkan dari IPK yang bombastis dan tempat kuliah serta jurusan apa yang kalian tekuni. Tetapi menjadi mahasiswa keren adalah langkah dimana kalian bisa menemukan jati diri, dan tentu saja bisa menunjukkan eksistensi serta memberikan kontribusi. Berikut beberapa tips and tricks menjadi mahasiswa keren :

Temukan Jati Diri

Tampil berbeda itu perlu via http://www.ragamtempatwisata.com/

Advertisement

Menjadi mahasiswa itu gampang-gampang susah. Disini kalian bukan lagi siswa yang setiap harinya disuguhi materi oleh guru, senantiasa diingatkan untuk belajar, dan mengenakan seragam formal setiap harinya. Disini kalian dituntut untuk menjadi mandiri. Sehingga disinilah saat-saat terbaik kalian bisa mengeksplore bakat sebaik mungkin, bebaskan diri kalian untuk berimaginasi, dan lakukan apapun yang kalian inginkan, asalakan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Temukan apa kekurangan dan kelebihan teman-teman, bakat, dan yang terpenting adalah jati diri. Setiap orang tentu memiliki ciri khas tersendiri, misal si A yang cerewet dan rajin, si B yang pendiam namun baik hati, ataupun si C yang biasa-biasa saja namun tindakannya seringkali membuat mulut ternganga. Tak sedikit mahasiswa mengalami krisis jati diri, namun mahasiswa keren tentu berbeda dan bernilai tinggi.

Setiap orang memiliki jati diri, namun tak semua orang mau tampil berbeda.

Jangan melulu berfokus pada IP

IP bukan segalanya via http://mediterraneanbali.com/

Advertisement

IP atau Indeks Prestasi adalah salah satu momok bagi mahasiswa, bahkan tak sedikit mahasiswa yang berfokus untuk mendapatkan IP sempurna lalu lupa pada keadaan sekitar alias anti sosial. Eits, jangan salah kawan, menjadi mahasiswa keren bukan berarti melulu masalah IP sempurna, tetapi bagaimana kalian bisa mengemas IP sempurna itu dengan berbagai kegiatan yang bermana, syukur-syukur kalau kegiatan itu bermanfaat bagi orang lain. Misalnya dengan menjadi guru les privat, selain teman-teman bisa belajar, teman-teman juga bisa mendapat uang saku tambahan. Menarik bukan? IP itu memang penting kawan, apalagi kita harus mempertanggungjawabkannya kepada orang tua, Negara, dan Tuhan. Tetapi jangan gara-gara IP kalian menjadi orang yang tidak memiliki teman. dan menghalalkan segala cara ya.

IP itu penting, tetapi bukan segalanya.

Ikuti Organisasi

Lelah namun ingin diulangi via http://ilmupengetahuanumum.com/

Di dunia kampus, kalian bisa menemukan berbagai macam organisasi, mulai dari organisasi yang berfokus pada minat bakat, pengembangan soft skill, sampai kerohanian. Kalian tak akan menemukan sistem sederhana seperti pada jaman SMA, dimana dahulunya kalian hanya menjadi eksekutor. Disini kalian akan melakukan semua hal dari yang mulanya 0% sampai suatu kegiatan selesai dan sukses. Kalian bisa menjadi seorang konseptor, eksekutor, evaluator, bahkan penanggung jawab kegiatan. Kalian akan merasakan bagaimana proses pengajuan proposal yang panjang, pencairan dana kegiatan yang ribet, dan semrawutnya prosesi LPJ dan SPJ an. Nah, maka dari itu, mahasiswa belumlah keren jika belum bergabung disalah satu organisasi kampus. Rasakan perbedaannya dan tunjukkan bahwa kalian ada. Disini kalian bisa belajar berkontribusi, belajar memberikan arti, dan menujukkan eksistensi.

Organisasi adalah salah satu hal melelahkan namun selalu ingin diulangi.

Maksimalkan Fasilitas yang Ada

Raja tanpa tahta via http://blog.raysoutdoors.com.au/

Ketika menjadi mahasiswa, kalian akan benar-benar mendapatkan fasilitas layaknya raja. Ketika ingin menjadi pengusaha muda, kalian cukup membuat proposal pengajuan dana, gratis tanpa bunga. Ketika kalian ingin berkeliling dunia, ikuti berbagai lomba yang ada, selain mengasah kemampuan, kalian akan menemukan bahwa dunia lebih berwarna ketika kalian mau berusaha. Ketika kalian jago hacking, fanatic drama atau anime, dan juga gamers holic, kampus adalah rumah kedua dengan koneksi cepat tanpa batas. Dan sekali lagi, gratis. Mungkin kalian heran ketika mendapati mahasiswa jarang pulang atau pulang larut malam, tapi jangan salah, itu adalah bentuk pemaksimalan seorang mahasiswa untuk menjadi keren selanjutnya.

Kapan lagi menjadi raja tanpa perlu menggulingkan tahta?

Berikut tips and tricks menjadi mahasiswa keren. Setiap tujuan selalu terdapat hambatan. Ketika kalian memilih jalan yang landai, kalian mungin bisa cepat mencapai tujuan, namun kepuasan tidak akan lama bertahan. Bahkan ketika kembali berjalan, bisa saja kalian terjatuh karena jalan landai itu sebetulnya licin. Namun ketika kalian memilih jalan yang terjal, walau terasa lelah, energi dan emosi terkuras habis, bahkan terkadang kalian merasa ingin menyerah. Ingatlah bahwa disetiap kesulitan selalu ada kemudahan. Setiap usaha tidak ada yang sia-sia. Setiap pembelajaran selalu ada makna. Serta setiap kesuksesan tidak ada didapat hanya dengan membalik telapak tangan. Mahasiswa keren adalah pilihan, namun bukankah asik kalau kita kita bisa menjadi legenda dan dikenang?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya