Untuk yang lagi jatuh cinta, siap-siap mendengar sesuatu yang berbeda. Dulu kekasih anda paling jauh hanya bisa mengatakan 'engkau rembulanku'. Jangan mau lagi seperti itu. Itu tandanya ia kurang piknik, kurang imaginatif dan pastinya, kurang baca.

Kita sudah sampai ke Mars! Robot pendarat bumi, Curiosity yang menggantikan Sojourner, sudah bertahun-tahun menjelajahi planet merah itu, menghasilkan banyak temuan sembari bereksperimen langsung di lokasi dan mengirimkan timbunan data dan foto-foto spektakuler. Bahkan lantaran Mars, Everest menjadi begitu rendah digantikan puncak Olympus Mons di Mars yang menjulang tiga kali Everest atau sekitar 24 kilometer.

Advertisement

Kita juga sudah mendaratkan penjelajah Hayabusa (sang Rajawali dalam bahasa Jepang) ke asteroid Itokawa, sebuah perjalanan pulang pergi selama 7 tahun sejak diluncurkan tahun 2003. Kita bahkan berhasil membawa pulang sejumput debunya. Bayangkan, objek angkasa melesat begitu cepat dan ditangkap wahana pendarat dari bumi berkat sinkronitas matematis yang sangat presisi bak sepasang pedansa angkasa!

Satu lagi robot pendarat kita, Philae, sedang mengeksplorasi komet 67P/Churyumov-Gerasimenko sejak mendarat November 2014. Mungkin kita masih ingat Deep Impact, film 1998 yang sempat menghebohkan dunia tersebut. Diceritakan sebuah asteroid seukuran Texas tergelincir masuk ke dalam orbit bumi dan bakal mengakibatkan kemusnahan massal. Bruce Willis membenamkan nuklir ke dalam inti asteroid dan meledakkannya secara manual, mengorbankan dirinya demi bumi dan putri semata wayangnya. Itu bukan isapan jempol!

Jadi bila kekasih anda menggombal hanya sejauh bulan yang dekat-dekat itu, pasti ia hanya copy paste!

Advertisement

Tetapi yang paling dasyat ini. Akhirnya pesawat angkasa New Horizons sudah sampai ke planet terluar tata surya, ke Pluto. Dunia baru yang sebelumnya hanya samar-samar tersibak perlahan. Negeri yang begitu jauh, anggun dan mempesona, di kawasan dingin dan bertetangga dengan begitu banyak objek angkasa non-planet, digelar untuk mata kita. Dan untuk satu SMS dari New Horizons, kita baru akan menerimanya setelah 4,5 jam!

Lupakan bulan, sambut Pluto.

Orang yang mencintai biasanya menemukan kekasihnya sebagai 'dunia baru' yang begitu mengagumkan, indah bahkan misterius, yang membutuhkan upaya besar untuk memahaminya. Hasrat memiliki menjadi alasan untuk bertualang, untuk menjajal dan untuk menemukan sang dunia dalam segala keutuhannya. Dan paling penting lagi: diperjuangkan dan dijaga kehormatannya.

Cahaya rembulan memang mesra, romantis dan bisa memabukkan. Tapi ia barangkali sudah terlalu banal bahkan disalahgunakan terutama oleh peselingkuh dan juru gombal.

Sedikit mirip yang dikatakan biduan Christina Perry, kekasih sejati akan bilang: l'm willing to wait for a thousand years for such a wonderful Pluto as you! (Aku bersedia menunggu seribu tahun demi Pluto seindah dirimu!)

Hal-hal seperti ini hendaklah tidak luput dari radar anda.

Rudy Ronald Sianturi

Terapis Klinis & CoachWriter & Trainer & Motivator

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya