Alami Kerugian, Ahmad Dhani Peringatkan EO Izin ke WAMI Sebelum Pakai Karyanya

Polemik perizinan penggunaan lagu di acara-acara besar memang cukup rumit. Seringkali pekerja industri musik seperti musisi atau pencipta lagu harus merugi karena karyanya banyak dipakai tanpa izin. Bahkan, kerugiannya bisa mencapai miliaran rupiah, lo. Hal inilah yang dialami oleh musisi kenamaan Ahmad Dhani.

Advertisement

Pentolan grup musik Dewa-19 ini mengalami kerugian yang cukup besar karna karya-katyanya yang digunakan oleh pihak-pihak profesional tanpa izin. Hal itu membuat Ahmad Dhani akhirnya memutuskan bergabung kembali dengan Lembaga Kolektif Musik, Wahana Musik Indonesia (WAMI)

Ahmad Dhani memutuskan kembali ke WAMI usai mengalami kerugian besar akibat karyanya yang dipakai tanpa izin

Aksi panggung Ahmad Dhani | Credit : IG @anightattheorchestra

Ahmad Dhani merasakan kerugian yang besar akibat dari perlakuan pihak profesional yang menggunakan lagu-lagu ciptaannya tanpa izin. Ditambah lagi, ketenaran Dewa-19 yang sudah sejak lama membuat Ahmad Dhani merasa semakin dirugikan. Menghadapi hal ini, Ahmad Dhani pun akhirnya memutuskan untuk bergabung kembali dengan Wahana Musik Indonesia (WAMI) demi melindungi karya-karyanya.

“Banyak, banyak banget. Reza saja sudah nyanyi dari tahun 97. (Setiap hari ada yang nyayi) iya. (Milyaran rupiah) ya kira-kira begitulah. Kalau T (triliun) belumlah. Kalau T itu Nikel,” begitu kata Ahmad Dhani dikutip dari DetikHot, pada Kamis (2/3).

Advertisement

Selain mengakui kerugian yang besar, Ahmad Dhani juga menyatakan kepada publik bahwa dirinya memang pernah bergabung dengan WAMI. Hanya saja, ia juga sempat menyatakan keluar dari WAMI pada Maret 2022 lalu. Dhani juga sempat mengakui bahwa dirinya rutin mendapatkan royalti dari WAMI kala itu, hanya saja ia tidak jelas tentang asal royalti atau rincian pemakaian musik miliknya.

Namun, berkaca pada pengalaman pahit yang mengakibatkan kerugian pada dirinya karena banyak oknum tak bertanggung jawab yang memakai karyanya tanpa izin, Ahmad Dhani pun berkeinginan memberikan kembali semua lisensi lagu ciptaannya kepada WAMI.

“Dulu saya pernah menyatakan keluar dari WAMI, sekarang masuk lagi”, tutur Ahmad Dhani dnukil dari CNN Indonesia pada Kamis (2/3).

Advertisement

Ahmad Dhani mengimbau para Event Organizer agar mendapatkan izin WAMI sebelum menggunakan lagu-lagu miliknya

Aksi panggung ahmad Dhani | Credit : IG @ahmaddhaniofficial

Keputusan Ahmad Dhani untuk kembali bergabung dengan WAMI bertujuan untuk mempertegas adendum terkait Event Organizer (EO) dan penyanyi atau artis profesional yang ingin menggunakan lagu-lagunya. Selain itu, juga bertujuan untuk mendapatkan hak royalti dari performing rights atas penggunaaan lagu-lagu miliknya di konser ataupun acara bertajuk musik lainnya. Ia juga menegaskan bahwa kembalinya ke WAMI bersifat pribadi, bukan perwakilan dari asosiasi musisi.

“Masuk lagi saya dengn perbaikan adendum, agar kedepannya lebih baik buat saya pribadi. Ini saya atas nama pribadi tidak mewakilli asosiasi pengarang lagu, tidak mengatasnamakan siapa-siapa, atas nama pribadi,” kata Ahmad Dhani.

Lebih lanjut suami Mulan Jamela ini juga menegaskan pada EO yang menggunakan lagu miliknya dalam pentas musik profesional harus mengajukan izin ke WAMI. Kategori yang harus izin ini meliputi konser profesional yang menghadirkan penyanyi profesional pula. Sehingga tidak berlaku untuk acara-acara setingkat RT dan penyanyi-penyanyi di kafe.

“Kita memperjelas EO jikalau mau menggunakan lagu Ahmad Dhani dalam konser profesional, artis profesional, bukan konser-konser, bukan ultah di RT atau apa, artinya profesional, bukan pemain band kafe, EO tersebut wajib meminta izin kepada WAMI, entah itu surat atau ada agent lagi harus minta izin kepada WAMI”, jelas Ahmad Dhani.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan WAMI, Chico Hindarto juga turut memberikan komentar dan menjelaskan bahwa bergabung dengan WAMI tidak akan merugikan berbagai pihak. Adanya WAMI justru memudahkan musisi dengan pihak-pihak yang akan menggunakan lagu. Sehingga, urusan perizinan cukup satu pintu, yakni lewat WAMI saja.

Selain menyatakan bergabung kembali dengan WAMI, Ahmad Dhani juga mempertegas dan mengimbau bahwa jika Event Organizer (EO) tidak melaksanakan kewajibannya untuk meminta izin terlebih dahulu ke WAMI atas pemakaian lagu miliknya, maka EO yang bersangkutan akan mendapatkan konsekuensi hukum.

“Jangan sampai ketika ada konser, terus nanti tiba-tiba ada yang mendatangi dan minta surat izinnya. Jangan sampai hal itu terjadi karena itu sudah ranah hukum,” tegas Ahmad Dhani, seperti yang dikutip dari CNN Indonesia.

“Jadi saya mungkin bisa ngomong, ‘Hati-hati EO nih. Kalau ada yang mengundang penyanyi tanpa izin dari WAMI, saya ciduk langsung, saya bawa ke kantor polisi.’ Saya berani ngomong gitu. Hati-hati!” tambah Ahmad Dhani.

Wah, semoga para seniman atau penggiat seni lainnya juga semakin tegas memperhatikan izin terhadap penggunaan karya-karyanya ya. Hati-hati juga nih, ketika ingin menggunakan lagu karya orang lain, jangan sampai merugikan pihak lain!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya More

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pemburu kedamaian dunia

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

Loading...