Upacara pengibaran bendera merah putih adalah momen wajib dan sakral, yang dilakukan setiap tanggal 17 Agustus, sebagai wujud cinta dan penghargaan terhadap kemerdekaan bangsa. Seluruh rakyat Indonesia pun antusias untuk merayakan hari kemerdekaan ini. Nggak terkecuali para publik figur Tanah Air.

Seperti diketahui, untuk terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) itu nggak gampang. Apalagi untuk menjadi anggota yang mengibarkan bendera pusaka di Istana Negara. Seleksi ketat dan latihan berbulan-bulan adalah perjuangan yang harus ditempuh. Tapi ternyata beberapa publik figur yang kita kenal hari ini berhasil membuktikan bahwa mereka layak menjadi anggota Paskibraka, sebagai wujud nasionalisme terhadap bangsa. Penasaran? Simak yuk!

1. Aktor dan model Fero Walandouw pada masa SMA pernah menjadi anggota Paskibra Sulawesi Utara

Fero Walandouw (kiri) saat SMA pernah jadi anggota Paskibra via www.rancahpost.com

Advertisement

Aktor dan model tampan yang sudah malang melintang di dunia hiburan ini ternyata sempat menjadi anggota Paskibra tingkat Provinsi Sulawesi Utara. Pada saat itu Fero bertugas sebagai anggota pengibar bendera di tahun 2006. Tepat saat aktor yang kini menjadi idola remaja ini masih duduk di bangku SMA.

2. Nggak hanya sebagai anggota Paskibra, Hana Saraswati bahkan pernah dipilih untuk menyambut kedatangan Presiden Mesir

Hana Saraswati saat menjadi anggota Paskibra DKI Jakarta via www.kapanlagi.com

Pesinetron cantik, Hana Saraswati, pada tahun 2014 lalu pernah menjadi anggota Paskibra tingkat Provinsi DKI Jakarta. Nggak hanya terampil baris berbaris sebagai anggota pengibar bendera, Hana juga pernah dipercaya untuk menyambut kedatangan Presiden Mesir ke Indonesia, dengan mengalungkan bunga di Istana Negara. Seperti yang lainnya, Hana berlatih berbulan-bulan untuk bisa sempurna dalam bertugas.

3. Perempuan yang terkenal lewat tembang ‘Tenda Biru’, Desy Ratnasari pernah mengibarkan bendera di Istana Negara

Desy Ratnasari ternyata sudah cantik sejak muda via forum.detik.com

Aktris film dan penyanyi yang kita kenal lewat lagu ‘Tenda Biru’ ini, ternyata pernah menjadi anggota Paskibra Jawa Barat pada tahun 1987 di Bandung. Perempuan yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI, dulu bertugas sebagai pembawa baki bendera. Sebelum menjadi anggota Paskibra Jawa Barat, Desy sempat gagal untuk menjadi anggota Paskibraka Nasional di Istana Negara. Meski begitu, terlibat langsung sebagai anggota pengibar bendera adalah suatu kebanggan, bukan?

4. Siapa sangka sutradara kondang Joko Anwar adalah anggota Paskibraka Nasional tahun 90-an

Hayo, ada yang tau Joko Anwar yang mana? via twitter.com

Advertisement

Mulai dari film Janji Joni, Pengabdi Setan, dan yang terbaru Gundala. Siapa yang menyangka kalau sutradara kondang, Joko Anwar, ternyata pernah menjadi anggota pengibar bendera. Nggak tanggung-tanggung, Joko Anwar bahkan terpilih sebagai anggota Paskibraka Nasional di Istana Negara tahun 90-an. Ternyata ciri cinta bangsa yang terlihat pada karyanya sudah dipupuk dari remaja, ya.

5. Nggak hanya jago nyanyi dan berpolitik, Pasha ‘Ungu’ bahkan didaulat sebagai Ketua Purnawirawan Paskibraka Indonesia Kota Palu

Penyanyi dan wakil walikota yang multitalenta via www.instagram.com

Dikenal sebagai vokalis band Ungu, Pasha yang kini bertugas sebagai Wakil Walikota Palu ternyata dulunya pernah menjadi anggota Paskibra. Pasha berhasil bergabung dengan anggota Paskibra tingkat Provinsi Sulawesi Tengah lainnya pada tahun 1995, di mana ia masih mengenyam pendidikan SMA. Nggak hanya itu, Pasha bahkan dilantik sebagai Ketua Purnawirawan Paskibraka Indonesia Kota Palu untuk periode 2017-2022.

6. Jauh sebelum sering bermain peran di berbagai sinetron, Hengky Kurniawan, pernah jadi anggota Paskibraka Nasional

Anak ’90 an pasti tau nih, dengan Hengky Kurniawan via hot.liputan6.com

Anak 90-an pasti akrab nih, dengan wajah Hengky Kurniawan yang sering seliweran di berbagai sinetron. Pria yang kini terjun ke dunia politik ini, ternyata juga pernah menjadi anggota Paskibraka Tingkat Nasional, saat dirinya masih SMA di tahun 1999. Kalau dulu bentuk nasionalisme Hengky dengan menjadi anggota Paskibraka, kini dengan kiprah politik. Salut~

7. Nggak sekadar menjadi anggota, Marcelino Lefrandt bahkan menjadi komandan pemimpin pasukan pengibar bendera

Nggak sekadar anggota, Marcel bahkan jadi komandan pemimpin pasukan via www.instagram.com

Nah, pesinetron gaek ini sepertinya juga akrab di mata anak 90-an. Yup, Marcelino Lefandt pada tahun 1991 juga pernah menjadi bagian anggota Paskibra. Pada saat itu ia terdaftar sebagai anggota Paskibra Provinsi Sulawesi utara. Seniornya Fero Walandouw, nih! Nggak sekadar jadi anggota, Marcelino bahkan didaulat menjadi komandan pemimpin pasukan. Wah, hebat!

Wah, ternyata figur publik yang kita kenal melalui karya-karya keren ini, pernah menunjukkan nasionalisme dan rasa bangganya kepada bangsa dengan menjadi anggota pengibar bendera. Salut!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya