Ben Kasyafani Kaget Putrinya Tanya Soal Pubertas, Sang Istri dan Sienna Dipuji Cerdas

Anak-anak punya rasa ingin tahu yang besar. Selain selalu penasaran dengan kejadian di sekelilingnya, anak-anak pun ingin tahu lebih dalam soal hal itu. Makanya tak jarang deretan pertanyaan yang mereka lontarkan malah mengejutkan atau membuat bingung orang dewasa.

Advertisement

Seperti yang terjadi pada Ben Kasyafani saat ditanyai oleh sang putri Sienna Ammerah Kasyafani tentang kapan dirinya mulai mengalami pubertas. Pertanyaan sederhana tersebut ternyata membuat Ben terkejut dan membuatnya malu-malu untuk menjawab.

Diberi kesempatan bertanya ke ayahnya, Sienna penasaran soal kapan Ben Kasyafani mulai pubertas

Ben kaget dengan pertanyaan Sienna

Ben kaget dengan pertanyaan Sienna | Credit: YouTube Ben Kasyafani

Perbincangan Ben dengan putri semata wayangnya dengan Marshanda itu bermula ketika mereka membuat konten video di kanal YouTube Ben. Masing-masing dari mereka diberi kesempatan menanyakan 3 pertanyaan satu sama lain. Ketika tiba giliran Sienna, dengan santai ia bertanya kapan sang ayah mulai mengalami pubertas

“Ayah umur berapa dapet puberty?” tanya Sienna, dilihat dari YouTube Ben Kasyafani.

Advertisement

Ben pun langsung syok sambil membelalakkan mata mendengar pertanyaan dari Sienna. Ia nggak menyangka putrinya sudah paham soal pubertas. Bukannya menjawab pertanyaan Sienna, Ben malah bertanya balik soal pemahaman putrinya tentang pubertas.

“Woooh, kamu taunya puberty itu apa?” ujar Ben masih dengan ekspresi terkejut.

Advertisement

Melihat reaksi ayahnya, Sienna justru bingung kenapa Ben terlihat sekaget itu. Gadis 9 tahun itu merasa nggak ada yang aneh dengan pertanyaannya. Bahkan Sienna mengatakan “Of course I know,” ketika Ben bertanya bagaimana bisa ia mengetahui soal pubertas. Akhirnya, Ben pun menjawab pertanyaan putrinya itu.

“Bagaimana kamu tahu soal pubertas? Kamu nanyanya umur berapa kan, mungkin ya, mungkin kelas 5 SD kayaknya,” jawabnya sambil mengingat-ingat.

Percakapan Ben dan Sienna ini pun menuai pujian dari warganet. Mereka kagum dengan kecerdasan Sienna dan respons ibu sambungnya

Keluarga Ben Kasyafani

Keluarga Ben Kasyafani | Credit: Instagram @benkasyafani

Di tengah percakapan ayah dan anak ini, dari belakang kamera terdengar suara istri Ben Kasyafani yang ikut nimbrung. Nesya Ayu Nabila lebih memilih untuk menggali pemahaman putri sambungnya soal pubertas itu sendiri.

“Menurut kamu puberty itu apa?” tanya Nesya kepada Sienna.

It’s a way to know that you are already grow (Itu cara untuk mengetahui kalau kamu sedang bertumbuh)” jawab Sienna.

Mendengar obrolan mereka, tak sedikit warganet yang kagum. Salah satunya dengan sikap kritis Sienna yang mempertanyakan hal-hal kecil di sekitarnya. Pelajaran soal pubertas bisa saja sudah ia dapatkan di sekolah. Materi tentang pubertas dan sistem reproduksi biasanya sudah diajarkan sejak kelas 4 atau 5 SD di banyak sekolah.

Selain itu, beberapa warganet juga memuji respons Nesya yang memilih menyamakan pola pikir Sienna tentang pubertas dengan yang orang tuanya pahami. Sikap semacam itu bisa menciptakan obrolan yang lebih edukatif dan terbuka.

“Mamanya di belakang kamera udah bener banget. Samain dulu frekuensi, apa yang dia maksud dengan puberty. Karena kadang yang dalam bayangan anak dan dewasa itu beda. Makanya Ben sampe kaget karena dia udah kemana-mana mikirnya. Sedangkan anaknya ya simpel aja makanya dia juga heran kenapa bapaknya kaget ditanya gitu. But still, it’s a cute moment between those two,” tulis @saw**

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE