Curhat Ringgo Agus Rahman, Bingung Cara Bujuk Anak agar Mau Disunat

Keresahan hati seorang Ringgo Agus Rahman karena sang anak, Bjorka, nggak mau disunat

Masih ingatkah Sobat Hipwee dengan Ringgo Agus Rahman? Iya, aktor yang terkenal lewat film Jomblo di tahun 2006 ini sekarang sudah dikarunia dua anak laki-laki lo.

Advertisement

Anak pertama lahir pada tanggal 24 Februari 2016 yang diberi nama Bjorka Dieter Morscheck. Sedangkan, anak kedua bernama Curtis Ziggy Mars Morschek yang lahir pada tanggal 30 Oktober 2020.

Beberapa hari yang lalu, Ringgo yang mempunyai panggilan ‘Baba’ di keluarganya itu mengunggah foto dengan caption berisi curahan hati tentang kebingungannya mengajak Bjorka agar mau diajak sunat. Mengingat Bjorka sudah cukup umur untuk disunat, ia berusia 6 tahun pada tanggal 24 Februari kemarin.

Seperti yang kita tahu, bagi umat muslim salah satu kewajiban orang tua yang mempunyai anak laki-laki adalah mengajaknya untuk melakukan sunat. Hal ini juga memiliki banyak manfaat, diantaranya mengurangi risiko infeksi, lebih higienis dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan alat kelamin.

Advertisement

Hal itulah yang menjadi alasan terbesar Ringgo sangat bersemangat untuk mengajak putra pertamanya tersebut melakukan sunat.

Ringgo Agus curhat mengenai kegagalannya mengajak Bjorka untuk sunat

Ringgo Agus

Ringgo Agus ketika menemani Bjorka melukis | Credit: Instagram (@ringgoagus)

Melalui Instagram-nya, Ringgo menceritakan kesulitan sekaligus cara-cara yang telah ia lakukan untuk membujuk Bjorka yang berakhir dengan kegagalan.

Advertisement

Dimulai dari iming-iming hadiah, bicara tentang kesehatan, hingga mengatakan bahwa anaknya akan lebih ganteng setelah sunat. Namun, tetap saja Bjorka nggak mau melakukannya.

Cara anak mau sunat sukarela tanpa paksaan tu gmn ya? Yg udah saya coba iming2 hadiah, isu kesehatan, sampe saya bilang “ntar bentuknya jadi ganteng gilaaaa” tetep ga berhasil sukarela, ato emang harus tunggu momen temen2nya banyak sunat dulu baru mau ya?” tulis Ringgo.

Ia turut beranggapan bahwa mungkin Bjorka mau disunat ketika melihat teman-temannya sudah banyak yang melakukan sunat. Nggak ketinggalan, ia turut meminta pendapat warganet, terutama yang pernah diposisi sama dengannya.

Coba ibu dan bapak yg anaknya udah sunat sukarela gmn tu caranya..tanpa cara paksaan dan ditakutin ya…” imbuhnya.

Banyak warganet memberi saran kepada Ringgo

Ringgo Agus

Ringgo Agus banyak mendapatkan saran dari warganet | Credit: Instagram (@ringgoagus)

Setelah Ringgo mengunggah keresahan hatinya tentang Bjorka yang gagal untuk disunat, ternyata banyak warganet yang memberikan komentar beragam.

Mulai dari memberikan saran, menceritakan pengalaman pribadi, dan nggak sedikit yang memberikan guyonan kepada suami dari Sabai Morschek ini. Mungkin karena melihat kelakuan kocaknya ya, SoHip.

Diajak ke undangan yang khitanan ba… Trus kan biasanya banyak amplop dll tuh kalo di Sunda mah… Ntar dia liat sendiri anak yg disunat dan bisa tanya sendiri… Ntar dia kan tertarik sendiri mulai tanya2 ke ayahnya.” komentar dari @fei_nut

Kalo anaku sukarela stlh liat temen2nya byk d sunat. Sblmnya mau d bujuk pake apapun gak mempan. Jd sabar aja kita sbg orgtua, akan indah pd wktnya baaaa” tulis @devinirbi

Harus ada contoh a.. suka rela aja misal as sunat lagi.. nanti dia kan liat dan pasti mau.” sambung @denisjuherman

Mengajari anak untuk melakukan kebaikan memang menjadi tanggung jawab setiap orang tua. Salah satunya adalah melakukan sunat bagi anak laki-laki.

Selain menjadi kewajiban khususnya bagi umat muslim, sunat juga sangat penting untuk kesehatan reproduksi loh. Semangat selalu ya Baba Ringgo, semoga Bjorka sebentar lagi mau diajak sunat.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE