Tahun lalu musibah tragis menimpa Ifan Seventeen. Saat konser di Pantai Tanjung Lesung, tiba-tiba gelombang tsunami besar menerjang. Seluruh anggota band Seventeen meninggal akibat bencana pada 22 Desember 2018 tersebut. Hanya Ifan selaku vokalis yang bertahan hidup. Seolah belum cukup kehilangan teman-temannya, Ifan juga kehilangan istri yang sangat dicintainya, Dylan Sahara. Perempuan cantik berusia 26 tahun ini ditemukan tewas beberapa hari setelah tsunami terjadi. Entah sehancur apa perasaan Ifan saat itu.

Delapan bulan setelah istrinya meninggal, Ifan melakukan tindakan yang mengharukan. Dia menghajikan istrinya dengan cara badal haji. Diwakili seorang wanita, Dylan dinyatakan telah naik haji ke Mekkah dan memperoleh penghargaan resmi. Diharapkan mendiang Dylan lebih tenang di alam sana.

Semasa hidup, mendiang Dylan Sahara belum sempat menunaikan ibadah haji. Maka Ifan Seventeen menghajikan istrinya tersebut

Piagam badal haji atas nama istri Ifan, Dylan Sahara via www.instagram.com

Advertisement

Sebagai umat muslim yang mampu, Ifan dan Dylan wajib memenuhi rukun Islam kelima, yaitu naik haji. Sayangnya Dylan belum sempat melakukan hal itu semasa hidup. Mereka berdua hanya sempat umrah. Ifan pun menghajikan mendiang istrinya tahun ini. Walau telah meninggal, Dylan dinyatakan telah naik haji ke Mekkah dan memperoleh piagam resmi. Ifan mengunggah foto piagam tersebut ke Instagram dan menulis pesan yang mengharukan.

“Alhamdulillah Jumat berkah, kamu udah jadi ibu hajjah sekarang sayang @dylan_sahara. Husnul khotimah InsyaAllah,” tulis Ifan di Instagram.

Berkat Ifan, istrinya bisa menunaikan ibadah haji walaupun telah meninggal. Dia diwakili seorang wanita bernama Khodijah

Ifan dan Dylan saat umrah dulu via www.instagram.com

Mendiang istri Ifan naik haji dengan cara diwakili. Metode ini disebut badal haji. Dilansir dari situs Kementerian Agama RI, badal haji bisa dilakukan kalau orangnya memenuhi syarat tertentu, seperti sakit parah atau meninggal. Orang yang mewakili pun harus telah naik haji sebelumnya. Dalam kasus Dylan, pihak yang mewakili adalah seorang wanita bernama Khodijah. Dialah yang membuat Dylan bisa memenuhi rukun Islam walau telah meninggal. Wah, badal haji bisa jadi solusi buat banyak orang nih~

Warganet terharu pada perbuatan Ifan. Mereka turut mendoakan agar mendiang istrinya damai dan husnul khotimah

Komentar warganet di akun Instagram Ifan via www.instagram.com

Advertisement

Tindakan Ifan membuat warganet terharu. Kolom komentar di akun Instagram-nya langsung dipenuhi dengan pujian dan doa. Orang-orang merasa salut karena Ifan tetap memerhatikan istrinya walau telah meninggal. Mereka juga memberi selamat pada mendiang Dylan atas gelar Hajjah-nya dan turut mengirim doa.

“Walaupun uda berbeda dunia, ttep masih di perhatiin, masih ttep di pertanggung jawabin, luar biasaa.. Langka lo menurutku❤️ semoga berjodoh lagi nnti di sana yaa.. Ikut bahagia liat captionx kalo uda ttg alm. Istrinya..” tulis akun @ayasaraswati.

Semoga kebaikan hati Ifan memberinya balasan yang setimpal. Setelah kehilangan orang-orang berharga dalam hidupnya, lelaki ini layak berbahagia lagi. Semoga mendiang Dylan juga damai di alam sana ya~

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya