Kabar mengejutkan datang dari aktris senior Ria Irawan. Wanita berusia 50 tahun ini kembali dirawat di rumah sakit karena kankernya kambuh. Ria udah mengidap kanker kelenjar getah bening stadium 3 sejak tahun 2014. Dia sempat dinyatakan sembuh dan bersih dan kanker. Lalu pada tahun 2016, penyakit itu kembali muncul di rongga perut Ria. Dia pun harus kembali menjalani serangkaian perawatan dan dinyatakan sembuh kembali sekitar Maret 2019.

Namun ternyata, Ria harus kembali dirawat di rumah sakit pada Minggu 1 September lalu karena kankernya kambuh! Bahkan kali ini kondisinya lebih buruk dari sebelumnya. Kabar ini baru banyak diketahui publik setelah Ria mengunggah ucapan terima kasih atas doa-doa untuknya lewat sebuah video di Instagram pribadinya kemarin (7/9).

Sempat dinyatakan sembuh pada awal 2019, kini Ria Irawan kembali berjuang melawan kanker. Bahkan kabarnya, sel kankernya udah menyebar ke bagian tubuh yang lain

Ria Irawan saat dijenguk Nia Dinata via www.instagram.com

Advertisement

Ria dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta karena kankernya kambuh sejak Minggu (1/9). Kali ini sel kankernya mengalami metastasis alias penyebaran ke bagian tubuh yang lain. Bahkan menjalar sampai ke otak dan paru-paru! Dia pun harus menjalani serangkaian kemoterapi yang menyakitkan.

Sebetulnya, kenapa ya penyakit kanker Ria bisa kambuh? Dilansir dari DetikHealth, dr Soehartati menjelaskan kalau kanker nggak bisa sepenuhnya disebut ‘sembuh’. Yang dipahami orang awam sebagai ‘sembuh’ sebetulnya adalah kondisi yang terkontrol lewat serangkaian terapi. Suatu saat sel-sel itu bisa muncul lagi kalau ada pemicunya, seperti pola hidup atau faktor lingkungan.

Enggan dikasihani, Ria Irawan justru melucu lewat berbagai unggahannya di Instagram. Bukti kalau semangatnya nggak surut

Ria Irawan bergurau tentang kondisinya via www.instagram.com

“(Saya) dikemo sambil makan nasi uduk atau lontong sayur. Soalnya kalau dibawa diam, sedih juga, baca juga enggak enak. Yang paling enak buat saya, ya, dipakai makan,” kata Ria yang berat badannya naik 3 kilogram, seperti dikutip dari Kompas.

Advertisement

Sekarang Ria menjalani kemoterapi di rumah sakit. Konon, rangkaian terapi ini katanya menyakitkan banget, bahkan efeknya bisa membuat pasien muntah-muntah hebat dan rambut rontok parah. Namun Ria berusaha menjalaninya dengan santai. Dia bahkan kerap mengunggah kesehariannya di rumah sakit. Karena sel kanker udah menyerang otaknya, kini Ria kesulitan berbicara, tetapi dia justru bergurau tentang hal itu. Ria berusaha tetap ceria supaya rasa sakitnya terlupakan.

Ria Irawan banjir doa dan dukungan dari sesama artis. Mereka salut pada perjuangannya melawan kanker

Doa dari para artis via www.instagram.com

Banyak orang salut pada ketabahan Ria dalam menghadapi kankernya. Sejumlah artis mengucapkan doa untuk Ria melalui Instagram, seperti Melly Goeslaw, Titi DJ, Inul Daratista, dan masih banyak lagi. Warganet biasa juga turut menyampaikan dukungan dan semangat untuknya.

Aktris satu ini memang patut diacungi jempol. Walau kondisinya sulit dan menyakitkan, Ria tetap berusaha optimis melawan kankernya. Semoga lekas membaik dan sehat lagi ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya