Sejumlah Keluhan dari Penonton Konser Dewa 19 di JIS, dari Akses Hingga Kantor Parkir

Konser Dewa 19 bertajuk Pesta Rakyat 30 tahun Berkarya Dewa 19 berlangsung pada Sabtu (04/02/2023) di Jakarta International Stadium (JIS). Konser yang sekaligus menandakan tiga dekade grup musik Dewa 19 berkiprah di industri musik Indonesia itu menampilkan banyak kejutan. Mulai dari menampilkan empat vokalis dan empat drummer, konser yang digawangi Ahmad Dhani cs tersebut dihadiri oleh ibu negara Iriana Jokowi dan deretan politisi Indonesia.

Advertisement

Tak hanya itu, antusias penonton pun terlihat sangat tinggi karena tidak kurang dari 70 ribu penonton memadati venue konser. Meski dikatakan sukses besar, pada kenyataannya konser 30 tahun grup band Dewa 19 itu menyisakan banyak keluhan dari berbagai kalangan.

Berikut sederet rangkuman keluhan penonton di konser Pesta Rakyat 30 tahun Berkarya Dewa 19 di JIS.

1. Ketersediaan kantong parkir yang sangat kurang mengimbangi jumlah kendaraan pribadi penonton konser

Jakarta International Stadium atau JIS yang berlokasi di Jakarta Utara baru saja menjadi tuan rumah dari konser musik Dewa 19. Konser yang diselenggarakan pada Sabtu (04/02/2023) dihadiri penonton tidak kurang dari 70 ribu orang. Meski penonton termasuk ramai, namun sebetulnya jumlah tersebut masih terbilang 91 persen dari total kapasitas JIS yang dapat menampung 82 ribu orang.

Advertisement

Walaupun kapasitas Jakarta International Stadium terbilang lega, penonton amat menyayangkan soal kantong parkir yang tidak memadai. Pasalnya, meski dapat menampung 82 ribu orang di dalam JIS, kenyataannya hanya sekitar 1.200 kantong parkir yang tersedia. Hal ini tentu saja membuat sebagian penonton memarkirkan kendaraan pribadinya cukup jauh dari venue konser.

2. Akses jalan keluar dari venue konser tersendat. Penonton  bahkan harus terjebat macet berjam-jam

Selain permasalahan tempat parkir, penonton juga banyak mengeluh soal akses masuk dan keluar dari venue konser. Hal ini ditengarai oleh sejumlah kendaraan pribadi yang diparkirkan penonton konser di sepanjang bahu jalan menuju JIS. Alhasil, banyak penonton konser terjebak macet berjam-jam.

Advertisement

Tak hanya itu saja, penonton juga menyesalkan transportasi umum yang minim. Salah satu penonton konser Dewa 19 menuliskan kekecewaannya melalui sebuah utas di akun media sosial Twitter-nya @adriansyahyasin. Ia mengatakan akses menuju dan di sekitar JIS serba terbatas.

“Dan dengan desain Indonesia, semua 75.000 orang itu ditumpahkan ke SATU TITIK KELUAR. Keluar dari stadion langsung jalan tak bertrotoar, akses bus shuttle yang gak jelas. Buat apa stadion bagus tapi infra pendukungnya gak ada sama sekali.” Tulis akun @adriansyahyasin.

Akun Twitter @adriansyahyasin menambahkan keluhannya menyoal situasi para penonton konser pasca keluar dari JIS yang harus berjalan kaki cukup jauh.

“Keluar dari area langsung tumpah ke jalan bersama semua kendaraan, bus, rombongan pejabat, tukang baso, motor. Jalan kaki rasa menantang maut. Trotoar gak ada beneran berasa navigasi darat nyari jalan yang kosong ketemu kali besar lah gorong2 lah.” Tandas akun @adriansyahsyasin pada Minggu (05/02/2023).

3.  Penonton keluhkan sound yang tidak terdengar jelas di tribun atas

Tak hanya masalah tempat parkir dan akses jalan, sejumlah penonton juga mengeluhkan soal sound system. Pasalnya, penonton yang berada di tribun atas mengaku tidak dapat mendengar jelas suara selama konser berlangsung.

Dilansir dari CNN Indonesia (Minggu, 05/02/2023), salah satu penonton bernama Denny mengatakan sepanjang konser suara dari sound system tidak dapat dinikmati dengan baik.

“Soal sound itu tidak terdengar jelas. Ini pengalaman nonton konser kedua setelah launching JIS, menonton di tribun suara juga tidak jelas.” Ungkap Denny dilansir dari CNN Indonesia (Minggu, 05/02/2023).

Keluhan sound system juga diakui oleh Astu yang duduk di tribun gold barat. Dilansir dari CNN Indonesia (Minggu, 05/02/2023), ia menuturkan suara musik dan vokalis menggema sehingga terdengar tidak jelas.

“Lebih bergemas aja berasanya, jadi kurang begitu jelas (suaranya).” Jelas Astu dilansir dari CNN Indonesia (Minggu, 05/02/2023).

4. Artis Zaskia Mecca pun turut membagikan pengalamannya menonton konser Dewa 19

Zaskia Mecca nonton konser Dewa 19

Zaskia Adya Mecca bagikan pengalamannya nonton konser Dewa 19 di JIS / Credit: Instagram @zaskiadyamecca

Artis Zaskia Mecca diketahui ikut menonton konser Dewa 19 bersama sang suami, Hanung Bramantyo. Hal ini diketahui dari unggahan media sosial Instagram-nya.

Dalam unggahannya, Zaskia membagikan pengalaman menonton konser Dewa 19. Ia mengaku sempat gugup mengingat JIS merupakan venue baru untuk konser.

“Konser dewa yang udah ketunda dari tahun laluuuu, alhamdulillah berjalan baik aman juga nyaman walau deg2an beberapa hari sebelumnya karena JIS buatku termasuk venue baru buat konseran dan kapasitas kali ini hampir mencapai max capacity. Tapi Alhamdulillaaaaah berjalan lancar, aman juga nyaman sekali tadi malam!!!” Tulis Zaskia di unggahan Instagram-nya (Minggu, 05/02/2023).

Sempat mengaku semua berjalan lancar, Zaskia menambahkan pengalaman tidak terduganya saat menuju dan keluar JIS. Pengalaman yang ia alami bersama orang-orang terdekatnya sama persis dengan pengalaman penonton lainnya.

“Yaa bener keso untuk akses menuju juga keluar stadium dan ga proper.. tapi alhamdulillah rombonganku bertemu warga lokal yang super baik ngurusin kita padahal ga kenal sebelumnya, tanpa minta imbalan pula.” Tambah istri dari Hanung Bramantyo.

Sama seperti penonton yang berada di tribun, Zaskia juga mengaku dirinya merasa kurang mendengar jelas suara dari atas panggung konser.

“Ah ya sama suara terasa mendem kita fest paling depan aja banyak ga kedengeran ngomong apa.” Lanjut Zaskia.

Menanggapi keluhan dari penonton konser Dewa 19, Zaskia memberikan saran perbaikan. Salah satunya tentang posisi show director yang dirasa akan sangat membantu.

“Cuma ga puas dengan perform ajaa, seperti ga ada show director. Buat konser sebesar ini sayang bangett mood penonton dibuat naik, lalu drop karna pergantian yang ga smooth juga lama.. gelap hening, sekalinya ada visual ga jelas juga. Bener2 terasa naik-turun-naik-turunnya.. sampai ga terhitung berapa kali ditengah konser pada duduk2 nunggu.”

Itulah rangkuman keluhan dari penonton yang datang ke konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 pada Sabtu (04/02/2023) lalu. Gimana nih tanggapan Sobat Hipwee tentang konser Dewa 19 kemarin?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE