Kunto Aji Bebaskan Lagunya Dipakai Tanpa Bayar Royalti, Tuai Pujian Warganet

Akhir-akhir ini, masyarakat dihebohkan dengan masalah cover dan royalti lagu yang membuat mereka kebingungan. Pasalnya, mereka takut jika nantinya harus membayar royalti untuk lagu-lagu para musisi yang dipakainya. Akhirnya, mereka pun ramai-ramai menghubungi para musisi untuk menanyakan terkait pemakaian lagunya.

Advertisement

Menanggapi hal itu, Kunto Aji memberikan kabar baik bagi para penggemarnya. Pasalnya, ia mempersilakan publik untuk menggunakan lagu-lagu miliknya tanpa harus membayar royalti. Namun, lagu tersebut bebas digunakan jika tidak digunakan untuk kepentingan komersial.

Kunto Aji bebaskan siapa saja menggunakan lagunya tanpa bayar royalti, asal bukan untuk kepentingan komersial

Kunto Aji bebaskan siapa saja menggunakan lagunya tanpa bayar royalti | Credit: @kuntoajiw via Instagram

Pelantun lagu “Pilu Membiru” ini menjelaskan mengenai perizinan penggunaan lagu-lagu miliknya. Ia mempersilakan siapa pun yang ingin menggunakan lagunya tanpa harus membayar royalti. Namun, ia menggarisbawahi satu-satunya syarat yang harus dipenuhi saat akan menggunakan lagunya, yakni tidak digunakan untuk keperluan komersial.

“Temen-temen semua yang ingin menggunakan lagu saya, selama itu bukan untuk keperluan komersial, sekali lagi saya sampaikan, silakan.” tulis Kunto Aji dalam unggahan Instagram @kuntoajiw, Rabu (18/5).

Advertisement

Penyanyi yang kerap dipanggil Mas Kun ini kemudian menjabarkan contoh penggunaan lagu yang bebas dari royalti. Beberapa contohnya adalah untuk tugas kampus, video pernikahan, pre-wedding, liburan, hingga video jalan-jalan. Namun, sekali lagi Mas Kun menegaskan semua itu digunakan tidak untuk meraup keuntungan.

“Tugas kampus, video wedding, pre-wed, liburan, sampai video iseng jalan-jalan asal tidak di-monetize, silakan saja.” lanjut Kunto Aji.

Advertisement

Pria 35 tahun ini justru mempersilakan mereka untuk mengirim hasil pemakaian lagunya.

“Kalau mau DM saya, kirim saja hasilnya, kalo saya suka saya bilang bagus, kalo gak ya paling diam saja,” pungkasnya.

Atas sikap bijaknya, Kunto Aji mendapat banyak pujian dari warganet

Kunto Aji mendapat banyak pujian dari warganet | Credit: @kuntoajiw via Instagram

Pernyataan yang disampaikan Kunto Aji terkait kebebasan penggunaan lagunya ini berawal dari banyaknya pertanyaan yang masuk di Instagram. Mereka bertanya terkait izin penggunaan lagu-lagu Kunto Aji untuk keperluan pribadi. Akhirnya, ia pun memberikan pendapatnya bahwa nyawa lagu datang dari interpretasi pendengarnya.

“Nyawa lagu, hadir dari interpretasi pendengarnya. Alias capek juga balesin dm satu-satu nanya ini.” ungkap Kunto Aji.

Mengerti dengan keinginan para penggemar untuk memakai lagunya untuk berbagai momen yang berharga, Mas Kun pun mempersilakannya mereka menggunakan lagunya secara cuma-cuma.

Atas sikapnya mempersilakan penggunaan lagunya itu, pelantun “Rehat” ini pun mendapat pujian warganet. Mereka berterima kasih kepada Kunto Aji karena menanggapi persoalan royalti dan penggunaan lagu secara bijak. Selain itu, ada pula warganet yang menanggapi unggahan Kunto Aji secara kocak.

“Mas Kun baik banget, panjang umur dan sehat selalu,” komentar salah seorang warganet.

“Kalau lagunya dipakai buat dapetin cewek gmna? Ceweknya kaya, otomatis menguntungkan secara materi lahir batin.” tulis warganet lainnya sambil bercanda.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya More

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Loading...