Viral YouTuber MrBeast Bantu 1000 Orang Buta Buat Operasi Mata, Termasuk dari Indonesia

Sosok Youtuber sukses dan dermawan MrBeast melakukan aksi solidaritas yang mengejutkan, yaitu membuat orang buta karena katarak bisa sembuh total dan melihat. Pemilik kanal YouTube dengan 130 juta pengikut ini telah mengunggah video berdurasi 8 menit tentang keseluruhan orang-orang yang berhasil menyelesaikan proses operasi mata dan didampingi langsung oleh Mr. Beast.

Advertisement

Ada rasa haru ketika para tunanetra kembali bisa melihat dunia dan yang sebelumnya terlihat gelap saja. Di samping itu, MrBeast yang memiliki nama Jimmy Donaldson ini memiliki konten yang unik dan menarik, dan selalu mengundang takjub warganet. Hal yang sama tampak juga dari konten video terbaru YouTube-nya yang berjudul “1000 orang buta melihat untuk pertama kali.”

MrBeast biayai pengobatan operasi 1000 orang buta karena katarak

Dilansir dari video tersebut satu-persatu orang yang dibantu mengaku senang karena bisa melihat, ada yang buta disebabkan karena kecelakaan, buta karena katarak dan buta karena hal lainnya namun upaya penanganan yang berbeda.

“Jika anda bertanya-tanya tentang bagaimana operasi memungkinkan orang melihat lagi?”

“Itu karena lensa di mata yang sangat keruh sehingga mereka tidak dapat melihat. Proses yang dilakukan adalah melakukan operasi dengan penyedotan dengan vakum mini. Setelah cairan keruh disedot, lalu digantikan dengan cairan artifisial. ” kata Mr. Beast dalam video yang diunggah pada 29 Januari 2023 itu.

Advertisement

Selain itu, MrBeast juga memberikan $10.000 atau sekitar Rp145 juta kepada beberapa pasien untuk biaya hidup mereka setelah operasi. Sedangkan beberapa orang lainnya mendapatkan $50.000 atau sekitar Rp750 juta. Bahkan, MrBeast memberi mobil Tesla terbaru kepada seseorang yang sebelumnya mengalami kecelakaan saat balapan go kart dan nggak dibolehin menyetir lagi pascabuta.

Ribuan orang yang dioperasi mata karena kebutaan spesifik tersebut, seperti negara Namibia, Meksiko, Honduras, Brazil, Vieatnam, Kenya, Jamaika, serta Indonesia.

Jimmy Donaldson melakukan aksi menyembuhkan 1000 orang yang buta atau hampir buta karena katarak namun tidak mampu membiayai operasi

Potret MrBeast | Credit by Instagram @mrbeast

Advertisement

MrBeast memberikan sumbangan tunai dan hadiah lainnya kepada peserta operasi. Pihak yang terlibat dalam program 1000 operasi mata gratis yaitu seorang dokter spesialis mata dan ahlih bedah (Jeff Levenson) bekerja kepada MrBeast awalnya di Jacksonville, Florida.

Jeff Levenson sudah lebih dari 20 tahun mengoordinasikan program “Hadiah Penglihatan” yang menyediakan operasi katarak gratis untuk pasien yang tidak diasuransikan secara hukum karena buta spesifik katarak.

“Levenson menjadi terinspirasi untuk membantu orang mengakses operasi katarak setelah menjalin operasi koreksi kataraknya sendiri. Setelah operasi katarak saya sendiri, saya terpana betapa cerah dan indah hidup di dunia. Tapi saya terkejut dengan  gagasan bahwa ada 200 juta orang di seluruh dunia, yang buta atau hampir buta dari katarak dan tidak memiliki akses biaya operasi mata.” kata Levenson dilansir dari CNN.

Awalnya, Levenson mendapat telepon dari pihak MrBeast, awalnya tidak percaya dengan tawarannya, beruntung tidak menutup teleponnya. Bahwa mereka akan berdonasi dan mulai memanggil tempat penampungan tunawisma dan klinik gratis untuk membuat daftar pasien di daerah Jacksonville, orang-orang yang butuh operasi namun tidak ada biaya. Akhirnya ada 40 pasien dan Levenson melakukan operasi seharaian dari jam 7 pagi sampai jam 6 malam.

Dokter mata menghubungkan tim Mr. Best dengan SEE Internasional, untuk mewadahi operasi mata katarak. Sampai pada akhirnya bisa menjangkau di beberapa negara dan mencapai 1000 pasien buta spesifik yang berhasil di operasi dalam waktu 3 minggu.

Sobat Hipwee, Mr. Beast sangat berjasa kepada beberapa orang, karena tidak hanya memberikan biaya pengobatan operasi mata secara gratis, juga sudah membantu orang-orang mencapai mimpinya lewat hadiah uang tunai senilai 10.000 USD, ada yang 50.000 USD untuk beasiswa pendidikan, ada yang mendapatkan mobil tesla yang terbaru.

Kiprahnya tidak hanya dalam solidaritas sosial, Mr. Beast juga pernah melakukan aksi menanam 20 juta pohon. Sangat inspiratif ya SoHip, bagaimana cara youtuber mengeluarkan penghasilannya yang fanstasis tersebut untuk kebermanfaatan banyak orang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Suka menulis dan fotografi

Editor

Writing...

CLOSE