Penjelasan Pevita Pearce Soal Jalani Ritual Melukat, Bukan Ritual Agama

Dikira pindah agama, Pevita jalani ritual ini untuk penyembuhan trauma

Aktris Pevita Pearce diketahui sedang berlibur ke Pulau Dewata Bali. Selain menikmati panorama Bali yang indah, ternyata Pevita juga memanfaatkan liburan kali ini sebagai kesempatan untuk penyembuhan diri secara pribadi.

Advertisement

Aktivitasnya saat melakukan ritual di Bali tengah menjadi sorotan. Pasalnya, banyak warganet yang menduga bahwa Pevita akan pindah ke agama Hindu.

Pevita Pearce melakukan ritual ini untuk perbaikan diri secara batin dan rohani

Lewat unggahan Instagram pribadinya pada Rabu (16/2), terlihat Pevita mengenakan kain tradisional ungu. Dengan kondisi basah dan bertabur kelopak bunga, ia menerima rangkaian gerakan ritual dari pemandu.

Advertisement

Ritual penyucian diri yang dilakukan Pevita ini dikenal dengan sebutan Ritual Melukat. Pevita merasa butuh melakukan ritual tersebut setelah melewati banyak hal yang menguras pikiran dan tenaganya di tahun-tahun sebelumnya.

“Yang bisa aku katakan adalah… ini adalah perjalanan yang indah. Semua sudah pada tempatnya dan seharusnya. Aku sangat bersyukur,” tulis Pevita.

Advertisement

Sehabis menyelesaikan ritual ini, Pevita merasa lebih bisa menerima dirinya dan lebih dewasa dalam memandang seluruh kejadian hidup di masa lalu. Tahun 2022 ini ia awali dengan banyak perubahan positif.

“Ada perubahan dalam perjalanan mental-emosional-spiritualku dan aku senang sekarang dapat menerimanya dan melihat seluruh situasi dengan begitu banyak cinta dan kasih sayang. 2022 baru aja dimulai tapi udah banyak perubahan yang menarik,” tutupnya.

Banyak warganet yang penasaran dan menduga Pevita Pearce pindah agama

Pevita Pearce jalani Ritual Melukat

Pevita Pearce jalani Ritual Melukat | Credit: Instagram @pevpearce

Momen ritual ini langsung mengundang rasa penasaran warganet. Mereka berkomentar dan bertanya apakah Pevita akan pindah agama.

Melihat warganet bertanya-tanya, Pevita menanggapi dengan santai. Ritual itu ia jalankan untuk pemulihan trauma yang dialaminya.

“Btw ini prosesi dealing with trauma (menangani trauma). No, I’m not converting (tidak, aku tidak pindah). Chill (tenang),” tegas Pevita.

Tradisi Melukat tidak ada hubungannya dengan pindah agama. Ini adalah untuk penyucian diri

Pevita Pearce jalani Ritual Melukat

Pevita Pearce jalani Ritual Melukat | Credit: Instagram @pevpearce

Masyarakat Bali punya kepercayaan bahwa setiap manusia punya sisi kotor dalam dirinya yang harus dibersihkan. Tradisi ini memang merupakan warisan agama Hindu, tapi setiap orang bisa melakukannya.

Dilansir dari Kompas.com, tradisi Melukat di Bali dijadikan sebagai wisata spiritual dan sudah banyak diikuti wisatawan. Titik fokusnya adalah untuk membersihkan jiwa dari hal-hal negatif seperti kecemasan, mimpi buruk, sampai trauma masa lalu dengan media air yang dianggap sebagai barang suci.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE