Akhirnya Pekerjakan Bapak yang Pernah Minta Nasi “Lebih”, Taqy Malik: Beliau adalah Seorang Ayah

Taqy Malik pekerjakan bapak yang minta nasi

Di kondisi pandemi seperti saat ini, banyak sekali masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Salah satunya kesulitan mencari pekerjaan karena banyaknya sektor usaha yang juga mengalami penurunan. Seperti dialami seorang pria tua bernama Santoso dari Tegal, Jawa Tengah. Belum lama ini ia sempat viral karena mengetuk rumah seorang seleb dan pengusaha muda, Taqy Malik untuk meminta makan.

Advertisement

Kisah tersebut viral lantaran video yang diunggah oleh Taqy di Tiktok pribadinya mengundang perhatian warganet. Diketahui bahwa Pak Santoso saat itu sedang kelaparan karena kehabisan uang demi mencari pekerjaan di Jakarta. Namun, saat itu Taqy hanya bisa memberikan makanan dan uang saku saja, karena ia belum terpikirkan untuk memberikan pekerjaan apa pada Pak Santoso. Sehingga, hari itu Pak Santoso langsung pamit dari kediaman Taqy.

Taqy sempat mencari keberadaan Pak Santoso untuk memberinya pekerjaan, tapi sayangnya nggak ketemu hingga beberapa hari

Saat pertama kali datang ke kediaman Taqy, Pak Santoso sempat menceritakan bahwa ia sudah sebulan lebih datang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan. Namun, hingga hari itu ia tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Bahkan uang sakunya juga sudah habis untuk makan sehari-hari. Mendengar cerita tersebut, Taqy pun merasa iba dan minta waktu dua hari untuk mencarikannya pekerjaan. Taqy juga sempat meminta nomor telepon Pak Santoso.

Sayangnya, saat Taqy sudah menemukan pekerjaan untuknya, Pak Santoso justru nggak bisa dihubungi. Selebgram yang dijuluki “Juragan Saffron” ini pun sempat mencari keberadaan Pak Santoso, tapi hasilnya nihil. Bahkan di salah satu unggahan video di TikTok @suamiciyil , Taqy sempat menyesal karena harus berpikir dahulu untuk memberikan Pak Santoso pekerjaan, dan membiarkannya pergi malam itu. Taqy juga sempat meminta bantuan warganet jika ada yang mengetahui keberadaan Pak Santoso.

Advertisement

“Kontak beliau yang di kasih ke saya waktu itu salah. Akhirnya saya cari-cari beliau di tempat beliau bilang tidur di sana, di Masjid Ni’mah, tapi nggak ada. Ya sudah saya tawakal aja, pasrah sama Allah, kalau memang rezekinya beliau, pasti beliau datang ke rumah lagi. Ternyata benar, tiga hari kemudian datang lagi ke rumah pas mau berangkat kerja,” jelas Taqy dinukil dari Liputan6 .

Usai video viral tersebut, Taqy kembali menggunggah video yang lagi-lagi juga viral ketika pak Santoso datang lagi ke rumahnya

Pak Santoso datang kembali dan diberi pekerjaan oleh Taqy | Credit by @suamiciyil on TikTok

Dalam video yang diunggah di TikTok @suamiciyil , Taqy menceritakan saat Pak Santoso datang kembali ke kediamannya. Sebenarnya, malam sebelumnya Pak Santoso sempat datang, tapi di rumah nggak ada orang. Sehingga ia pergi lagi, dan datang kembali keesokan harinya, tepat saat Taqy membuka pagar untuk pergi ke kantor. Tanpa pikir panjang, Taqy memberikan Pak Santoso sarapan sebelum mengajaknya pergi ke kantor supaya bisa masuk kerja hari itu juga.

Dalam unggahan tersebut, terlihat Pak Santoso dikenalkan kepada seluruh karyawan lain di kantor Taqychan Saffron, kemudian ditunjukkan pekerjaannya di sana. Tampak pula Taqy menjelaskan secara langsung pada Pak Santoso terkait tugas-tugasnya di sana, seperti membantu bersih-bersih di salah satu lantai di Taqychan Saffron. Video tersebut pun menarik perhatian warganet, karena kegigihan Pak Santoso dalam mencari pekerjaan dan kebaikan Taqy untuk menolongnya.

Advertisement

Taqy mengungkap alasannya memberikan pekerjaan pada Pak Santoso yang menurutnya memiliki kegigihan untuk mencari nafkah

Bagi Taqy, sosok tangguh Pak Santoso sebagai seorang ayah yang bertanggung jawab untuk menafkahi keluarga patut dijadikan pelajaran bagi siapa saja mendengar kisah tersebut. Kegigihannya dalam berusaha juga membuat Taqy trenyuh dan ingin membantu. “Alasan terima kakek Santoso karena beliau adalah seorang ayah, seorang bapak yang sudah berumur 60 tahun tapi masih terus berjuang buat cari nafkah di Jakarta,” ujar Taqy.

Suami Sharell Nadira ini juga sempat membayangkan jika ayahnya sendiri berada di posisi Pak Santoso, sehingga membuatnya nggak tega.”Beliau itu sudah tua, kasihan, terus juga melihat kegigihannya sebagai seorang ayah. Saya jadi membayangkan posisinya kalau itu ayah saya, tentu nggak akan tega. Ya sudah jadi rezeki beliau juga yang datang pagi itu ke rumah. Saya senang, karena sempat cari-cari beliau, jadi langsung saya kasih kerjaan buat bantu-bantu bersihin di lantai satu Taqychan Saffron,” jelas Taqy dinukil dari Liputan6.

Taqy merasa beruntung bisa membantu Pak Santoso dan sudah menjadi takdir bagi keduanya untuk bertemu. Bahkan warganet juga kagum, dari sekian banyak rumah yang mungkin bisa didatangi Pak Santoso, tapi takdir menuntunnya untuk meminta tolong ke rumah Taqy. Semoga semakin banyak orang-orang baik lainnya yang bisa menolong orang-orang seperti Pak Santoso di luar sana.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya More

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

Loading...