Heboh Video Elon Musk Puji Konten Instagram Fitri Tropica. Warganet Bingung itu Asli atau Editan

Baru-baru ini, warganet dihebohkan oleh sosok Elon Musk, pemilik Twitter yang merekomendasikan sebuah konten dari kreator asal Indonesia di Instagram. Elon Musk menyatakan konten tersebut milik artis Fitri Tropica yang dianggap sangat menghibur dirinya. Pernyataan ini disampaikannya melalui video singkat yang diunggah Fitri Tropica di Instagram pribadinya (20/2). Sontak saja video tersebut langsung ramai mengundang komentar warganet.

Advertisement

Walau banyak memberikan pujian terhadap video miliknya, tapi banyak juga warganet yang menyangsikan keaslian konten video tersebut. Warganet pun mempertanyakan apakah video tersebut asli atau editan semata.

Dalam video tersebut, Elon Musk mengaku terhibur dengan konten-konten Instagram Fitri Tropica

Fitri Tropica yang kerap dipanggil Fitrop membagikan video Elon Musk yang sedang merekomendasikan kontennya kepada publik. Dalam video itu terlihat bahwa pemilik Twitter itu sedang diwawancarai dalam sebuah acara. Elon Musk menyatakan bahwa ia gemar dengan konten-konten milik Fitrop. Ia bahkan merekomendasikan akun Instagram Fitrop kepada publik. Karena itu, Fitrop pun mendadak semakin naik daun. Banyak kalangan artis yang turut mengucapkan selamat atas kesuksesannya yang berhasil disebut-sebut oleh seorang Elon Musk.

Advertisement

“Ada seorang kreator dari Indonesia. Dia sering membagikan video keseharian dan video-video hiburan di Instagramnya. Saya senang menonton video-videonya dan Anda pun juga akan suka. Akun Instagramnya adalah @fitrop. Saya rasa Anda harus follow akunnya dan Anda bisa berterima kasih kepada saya nanti,” ucap Elon Musk.

Reaksi warganet terbagi 2, banyak yang kagum tapi juga banyak juga yang menganggap video itu editan

Potret Fitri Tropica

Potret Fitri Tropica | Credit: Instagram @fitrop

Video pernyataan Elon Musk yang berbicara atas kekagumannya terhadap konten-konten yang dibuat Fitrop sungguh menyita perhatian warganet. Video tersebut bahkan telah ditonton sebanyak 33 ribu kali. Beragam komentar pun bermunculan, mulai dari mereka yang memuji tingkah Fitrop yang memang dikenal kocak.

Advertisement

“Maaf tapi aa Elon harusnya yang berterima kasih sama kita! Kita tersebar ke mancanegara berbagai universe. Bentar lag Bu RT dipanggil main film Marvel jadi pahlawan untung yang galau gundah gulana dan suka keributan,” kata warganet.

“Memang tiada duanya,” puji warganet yang lain.

Di sisi lain, beberapa warganet ikut merasa terhibur dengan video Elon Musk tersebut. Mereka sepakat kalau Fitrop memang kerap mengunggah konten lucu dan menghibur di Instagram. Namun untuk kali ini, sepertinya mereka butuh diyakinkan deh kalau video tersebut asli hehehe~

“SIAPA YANG EDIT NYA INI??” tanya salah seorang warganet.

“Bingung nih antara prank atau beneran. AI jenis apa sih?” seru warganet lainnya.

Pernah dengar teknologi AI bernama Deepfake? Nah, menurut sebagian warganet, Fitrop iseng memakai fitur ini nih~

Artificial Intelligent

Artificial Intelligent | Photo by Tara Winstead on Pexels

Perempuan bernama asli Fitri Rakhmawati ini memang tidak membeberkan dengan jelas tentang keaslian video kocak tersebut. Namun, banyak warganet yang mempertanyakannya. Mereka juga yang mengaitkannya dengan salah satu teknologi Artificial Intelligent (AI) yang dinamakan deepfake.

Dilansir dari TechTarget melalui CNN Indonesia, deepfake adalah salah satu tipe dari kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) yang digunakan untuk membuat foto, audio, ataupun video hoax yang cukup meyakinkan. Deepfake dibuat menggunakan 2 (dua) algoritma yang bertentangan, yaitu generator dan diskriminator.

Generator adalah pembuat konten di multimedia yang meminta diskriminator untuk menentukan apakah konten tersebut asli atau palsu. Mereka kemudian bersama-sama membuat sebuah Generative Adversarial Network (GAN). Diskriminator akan mengidentifikasikan konten secara akurat sebagai sesuatu yang palsu, Kemudian ia akan menghasilkan informasi yang berharga tentang perbaikan untuk deepfake selanjutnya.

Kecanggihan deepfake memang membuat mata orang awam sulit untuk membedakan keaslian sebuah video. Namun begitu, para peneliti Facebook sempat memaparkan bahwa mereka juga telah mengembangkan teknologi AI yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi deepfake serta melacak asal konten bersangkutan dengan menggunakan reverse engineering atau rekayasa balik.

Sebagai informasi untuk para SoHip nih, Fitrop sebenarnya memang dikenal sebagai sosok artis yang kerap bertingkah kocak lewat konten-konten di media sosial. Kelakuan konyol dan nyelenehnya itu jugalah yang membuat banyak warganet terhibur. Nah, bisa jadi nih video ‘pengakuan’ Elon Musk tadi adalah salah satu tingkah usil terbaru dari Fitrop, SoHip. Lagipula, kecil kemungkinan Elon Musk menonton konten-konten Fitrop yang sebagian besar diunggah di Instagram. Soalnya, bos Twitter itu tidak memiliki akun Instagram, loh guys hehe. Ada-ada aja, ya~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pemburu kedamaian dunia

Editor

Writing...

CLOSE