Yati Surachman Beberkan Alasan Mantap Pindah Agama Saat Muda

Lahir sebagai seorang Muslim, Yati pindah agama saat usianya 12 tahun

Ketika akan pindah keyakinan atau agama, pastinya kita butuh banyak mempertimbangkan hal-hal penting. Namun, bukan berarti kita lantas mengabaikan alasan-alasan sederhana lain,  yang bisa jadi semakin memantapkan keyakinan kita.

Advertisement

Hal ini pula yang dialami oleh Yati Surachman, yakni aktris senior yang diketahui pindah agama saat masih muda. Dia merupakan seorang Muslim yang kemudian mantap pindah agama menjadi Kristen pada usianya yang ke-12 tahun.

Melalui YouTube Miracle of Life, ia menceritakan kisahnya pindah agama didasari oleh alasan yang cukup sederhana. Apakah itu? Simak artikel ini hingga habis ya!

Yati muda merasa tenang melihat pohon Natal di rumah tetangga

Pohon Natal / Credit: Photo by Irina Iriser from Pexels

Salah satu keinginan sederhana yang mendasari kemantapan hati Yati berpindah agama datang dari pohon Natal milik tetangganya. Ia mengaku merasa tenang saat melihat pohon tersebut hingga memutuskan untuk menganut Kristen.

Advertisement

“Saya merasa pohon Natal itu indah, kebetulan di daerah rumah orang tua ada orang Nasrani jadi saya sering main ke sana saat Natal ternyata waktu itu,” tuturnya dalam video.

Selanjutnya, dulu ia seringkali sharing permasalahan hidup dengan tantenya yang beragama Kristen. Namun, begitu melihat pohon Natal, ia mendadak melupakan permasalahan yang tengah ia alami. Saat itu ia tak menyadari bahwa tindakan sederhananya tersebut merupakan “panggilan” untuknya mantap memeluk agama Kristen.

Advertisement

“Saat itu, saya merasa pohon Natal itu sangat indah. Rasanya, tenang hatiku melihat pohon itu. Sederhana sekali. Saya juga enggak tahu panggilan tersebut kala itu,” kata Yati

Ia juga pernah mengalami sebuah kejadian di mana ia memiliki pohon belimbing yang tak kunjung berbuah. Hingga pada akhirnya ia dengan izin keluarga menghias pohon tersebut layaknya pohon Natal.

Usai ia menghias pohon Natal tak disangka buah belimbing langsung tumbuh bahkan di bukan musimnya. Ia menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang tak biasa dan membuatnya semakin tertarik dengan agama Kristen.

Baca konten menarik seputar pernikahan beda aliran agama: Meski Agama Sudah Sama, Begini Ribetnya Hubungan Cinta Beda Aliran. Susah Juga, yha~

Setelahnya ia belajar agama Kristen dan kemudian minta dibaptis

Yati sewaktu masih muda / Credit: IG Yati Surachman

Usai mendapatkan “panggilan”, Yanti kemudian mulai belajar mengenai agama yang akan ia anut tersebut. Hingga akhirnya Yati  memberanikan diri ikut ke gereja bersama tetangganya yang beragama Kristen.

“Lalu saya mencari tahu, suatu saat ‘tante saya boleh ikut ke gereja enggak?’, (tante) ‘waduh jangan deh Yat, keluarga kamu tuh kenceng lho, mereka keturunannya’,” timpalnya.

Nggak habis akal, Yanti bahkan terpaksa bohong pada kedua orang tuanya agar bisa ikut ke Gereja bersama tantenya tersebut.

“Ya nanti aku bilang, aku main sepeda lah sama anak tante, enggak boleh pakai celana pendek kan, aku bawa rok,” lanjutnya.

Hingga pada akhirnya, Yanti semakin yakin dengan agama Kristen tersebut dan minta dibaptis dan pindah agama di usianya yang masih belasan tahun. Saat itu, ia melakukannya dengan sembunyi-sembunyi tanpa sepengetahuan keluarganya.

Belum berbicara dengan keluarga, ia masih salat walau sudah pindah agama

Yati Surachman / Credit: IG Yati Surachman

Karena keadaanya yang masih belum berani mengaku dengan pihak keluarga, Yanti berakhir tetap melakukan salat di depan keluarganya. “Sebelum menyatakan bahwa saya Kristen saya (masih) melakukan salat,” ujarnya jujur.

Ia melakukan salat namun tidak membaca doa. Pihak keluarga Yati sempat menaruh curiga karena Yati sangat cepat saat melaksanakan ibadah salat. “‘Kamu nih kalau salat kok cepat benar?’ Yah cuma gerak,” tuturnya.

Ia tetap menampakan diri sebagai Muslim di depan keluarganya hingga ia selesai sekolah, bahkan saat ia mulai main film di usianya yang sudah cukup matang. Hingga pada akhirnya datang pria, yang beragama Kristen sejak lahir, melamarnya untuk menikah.

Ia kemudian mengaku pada keluarga dan berakhir menikah dengan pria tersebut secara Kristen walau sempat ditentang. Hubungannya diketahui telah usai karena suami Yati yang merasa ditekan oleh keluarga Yati, ia dituduh yang membuat Yati pindah agama.

Di umurnya yang tak lagi muda, Yati kini menjalani kehidupannya yang masih aktif di dunia hiburan. Ia juga sempat mengaku mengalami kesulitan, sepi job, karena pandemi yang melanda.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya More

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

Loading...