Kalau kamu memerhatikan tren riasan wajah di medsos belakangan, banyak cewek yang bagian pipi, dagu, bibir, hingga beberapa bagian wajah lainnya tampak mengilap keemasan. Sekilas mirip kayak efek yang ditimbulkan saat kena cahaya matahari gitu. Tapi lebih intens dan punya kesan keemasan yang kuat.

Kamu sudah pernah tahu ‘golden hour’ makeup belum? Itu lo, dandanan ala-ala sun-kissed yang bikin wajah jadi mengilap kalau kena cahaya matahari. Bedanya, golden hour makeup ini efek yang ditampilkan lebih hangat dan keemasan gitu. Warnanya jadi kayak sinar matahari sesaat setelah sunrise atau sebelum sunset, keoranye-oranyean gitu deh. Pun nggak kelihatan berlebihan, malahan cantik natural. Caranya gampang kok, coba deh ikutin langkah mudahnya berikut.

1. Seperti biasa, gunakan pelembap sebagai dasaran sebelum mengaplikasikan makeup. Pelembap yang punya efek mengilap akan lebih baik

pakai pelembap via www.rd.com

Advertisement

Untuk menampilkan hasil dandanan yang glowy, kamu disarankan untuk menggunakan pelembap khusus yang nggak cuma menghidrasi kulit, tapi juga bikin wajah tampak berkilau. Tapi tetap utamakan pelembap yang cocok dengan kulitmu, ya. Setelah pelembap, ada baiknya juga ditambahkan primer untuk menegaskan tekstur halus pada kulit. Oleskan ke seluruh wajah dengan merata sebelum memakai alas bedak ya.

2. Lanjutkan dengan menggunakan alas bedak ringan atau BB cream untuk menyamarkan noda-noda di wajah

tutup noda dengan alas bedak via www.lorealparisusa.com

Setelah mengaplikasikan pelembap, pilihlah alas bedak ringan untuk menyamarkan noda di wajahmu agar tampak flawless. Kalau kamu nggak terbiasa pakai alas bedak atau nggak ingin terlalu berat di hasil dandanannya, kamu bisa ganti pelembapmu dengan tinted moisturizer yang formulanya lebih ringan dari alas bedak tapi tetap memberikan coverage yang bagus.

3. Setelahnya, pakailah concealer favoritmu untuk area yang membutuhkan coverage lebih seperti bawah mata atau noda hitam dan bekas jerawat misalnya

bubuhkan concealer di bawah mata via 3ina.com

Aplikasikan concealer berefek mencerahkan di bagian wajah yang membutuhkan, seperti bawah mata dan noda-noda jerawat. Sapukan dengan jari tangan atau pun kuas halus agar concealer-mu menyatu dengan alas bedak yang diaplikasikan sebelumnya.

4. Untuk efek glowing yang maksimal, baurkan highlighter cair bagian tulang pipi hingga kening bagian samping wajah

sapukan di daerah C via loulabellerose.co.uk

Advertisement

Nah, tahapan ini adalah kunci untuk memberi efek wajah yang berkilau keemasan. Aplikasikan highlighter yang teksturnya cair untuk menghasilkan efek glowing yang lebih intens. Bubuhkan pada bagian tulang pipi dan kening samping membentuk huruf C lalu baurkan merata. Partikel glitter pada higlighter cair lebih kecil sehingga memberikan efek shimmery yang cantik. Pilih warna yang agak gelap keemasan, ya!

5. Untuk memberikan kilau tambahan, sapukan highlighter bubuk di puncak-puncak tertinggi wajah

sapukan highlighter bubuk via lifewithme.com

Tumpukkan highlighter bubuk di atas bagian tulang pipi dan kening yang telah dibubuhkan highlighter cair sebelumnya. Sapukan juga di bagian puncak tertinggi wajah seperti di dahi, hidung, dan dagu. Pilih warna pale peach atau semi keemasan agar lebih halus hasilnya. Karena produk ini pigmented, kamu juga bisa kenakan sebagai eyeshadow untuk memberi efek glowing di kelopak mata lo!

6. Rapikan alis, bulu mata dan sapukan eyeshadow bernuansa gold di kelopak mata

pakai eyeshadow nuansa emas via www.americanbeautystar.com

Jangan lupa untuk merapikan alis dan mempertegas garis dan warnanya. Pilih eyeshadow palet keemasan dengan bahan shimmery untuk memberi kilau alami pada area mata. Nggak masalah kalau nggak menggunakan eyeliner, yang penting lentikkan bulu mata dan beri maskara untuk memberi kesan hidup pada mata.

7. Terakhir, percantik bibirmu dengan menggunakan lipstik berwarna nude atau kecokelatan untuk mempertegas nuansa golden hour-nya

lipstik nude via simplysona.com

Untuk lipstiknya, kamu bisa pilih warna-warna nude atau yang bernuansa kecokelatan untuk menyempurnakan riasan. Sebelumnya, gunakan dulu lip balm agar bibirmu nggak tampak terlalu kering dan lebih lembap. Nah, untuk menambah kesan kilaunya, bubuhkan highlighter bubuk pada bibir setelah diberi lipstik secara merata. Atau, kamu juga bisa menggunakan lipstik metalik yang langsung memberi efek berkilau pada bibir.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat tutorialnya di sini.

Gimana, mudah bukan? Untuk sentuhan terakhir, kamu boleh membubuhkan bronzer berwarna kecokelatan untuk menambah kesan hangat pada wajah. Aplikasikan tipis-tipis di bagian tulang pipi, kening dan tulang hidung dengan kuas agar menyatu sempurna dengan riasannya. Nah, kini saatnya ber-selfie ria untuk memamerkan efek golden hour sambil menunggu senja! Udah kayak Tara Basro belum nih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya