Salah satu produk kecantikan yang hampir selalu ada di wadah makeup-nya para cewek adalah bedak. Mulai dari bedak padat, bedak tabur, two way cake, belum lagi bedak translucent, dan jenis bedak lainnya, banyak tersedia di pasaran dengan fungsinya masing-masing. Tekstur dan bentuk dari jenis-jenis bedak ini harusnya disesuaikan dengan jenis kulit wajah dan tujuan yang akan kamu capai, mau datang ke acara formal atau pengen jalan-jalan santai saja, misalnya.

Kenali dulu yuk, beberapa jenis bedak yang tersedia di pasaran biar nggak keliru pemilihannya. Karena jenis bedak, beda pula fungsinya.

1. Bedak tabur atau loose powder adalah jenis yang paling ringan dan menghasilkan tampilan yang natural

bedak tabur via www.smoochmakeup.com

Advertisement

Bedak yang dikenal dengan bedak tabur ini memiliki tekstur yang ringan karena tanpa melalui proses pemadatan. Formulanya bisa menyerap minyak lebih sehingga bedak tabur cocok dipakai olehmu yang tipe kulitnya berminyak, pun cocok untuk dipakai sehari-hari. Kamu juga bisa gunakan bedak tabur untuk mengunci alas bedak agar tahan lama dan nggak mudah luntur.

2. Bedak padat teksturnya lebih berat namun praktis dan mudah dibawa ke mana-mana

bedak padat via www.adorebeauty.com.au

Bedak padat mudah dibawa ke mana-mana karena formulasinya yang sudah dipadatkan, makanya bedak ini cocok untuk touch up. Kandungan minyak sekaligus pelembap di dalamnya membuat bedak ini cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit wajah yang kering. Biasanya, bedak ini dikemas dalam packaging lengkap dengan cermin dan sponsnya.

3. Kalau kamu pengen formula foundation ada di di dalam bedakmu, pilih two way cake

two way cake via www.jeanmilka.com

Hampir sama dengan bedak padat, bedak two way cake merupakan campuran antara bedak dan foundation. Bedak ini memiliki formula yang cenderung berat dan berminyak, tapi bisa bertahan lama meskipun dipakai seharian. Bedak jenis ini cocok untuk dikenakan untuk menghadiri acara-acara resmi dan glamor yang membutuhkan makeup tebal dan dalam waktu singkat. Tapi, jika kamu punya kulit wajah yang berminyak, sebaiknya hindari jenis bedak ini, ya.

4. Bedak translucent warnanya transparan dan digunakan untuk menghilangkan kilap wajah

translucent powder via thesoloprojectlima.com

Advertisement

Bedak translucent biasanya digunakan sebagai setting powder atau untuk mengunci foundation atau concealer agar tetap pada tempatnya. Warnanya transparan sehingga nggak akan memberi coverage pada wajah dan lebih berfungsi untuk menghilangkan kilap wajah. Kerap juga digunakan untuk menyempurnakan tahapan baking atau pun contouring. 

5. Finishing powder justru digunakan setelah semua makeup diaplikasikan. Fungsinya untuk menyamarkan garis halus dan pori-pori

finishing powder via www.eldridgeorganics.com

Finishing powder biasanya dipakai terakhir setelah mengaplikasikan translucent atau setting powder namun sebelum bronzer dan blusher. Formulanya dirancang khusus sebagai filter wajah. Selain untuk membuat riasan jadi tahan lama, bedak ini mampu menyamarkan garis halus serta pori-pori pada wajah sehingga riasan terlihat sempurna. Kebanyakan finishing powder berwarna putih, jadi nggak perlu memakainya terlalu tebal.

6. Shimmering powder punya efek untuk menonjolkan fitur wajah dengan memantulkan cahaya

shimmering powder via www.blueheavencosmetics.in

Bedak ini bentuknya halus, warnanya beragam dan memiliki serbuk-serbuk yang berkilauan atau glitter sehingga bikin wajah lebih bercahaya. Bedak ini memberikan kesan glamor pada riasan. Selain di wajah, shimmering powder juga bisa diaplikasikan pada anggota tubuh yang terbuka seperti pada leher, punggung, dan lengan.

7. Mineral powder punya kandungan mineral yang bikin wajah terlihat mulus tanpa membuat pori-pori kesulitan bernapas

mineral powder via www.makeyourowncosmetics.org

Bedak ini biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti zinc oksida atau titanium oksida yang dapat diserap kulit sehingga membuat wajah terlihat lebih cerah. Zinc oksida akan melindungi kulit dari jerawat dan titanium oksida dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Mineral powder juga bebas minyak, pengawet, pewarna, dan paraben sehingga aman buat kulit sensitif. Meski begitu, tetap gunakan sunblock atau sunscreen agar wajah tetap terlindungi, ya.

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis bedak di atas, pastikan kamu gunakan yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya