“aduh, itu kok bajunya nerawang gitu sih? padahal ‘kan berjilbab?”

“banjir ya, Mz? gulung celananya gitu amat!”

Mengikuti trend fashion itu sah-sah saja lho, guys. Justru, menyempurnakan penampilan dengan melihat berbagai referensi itu akan menambah wawasan kita terutama di bidang fashion. Sayangnya, referensi fashion yang sering dijadikan kiblat itu justru “ditelan” mentah-mentah oleh sebagian besar orang sehingga apa yang mereka pakai akan terlihat aneh bahkan mendorong orang untuk menghujatnya.

Ingat, fashion atau gaya berpakaian yang baik itu bukan seberapa mahal harganya, tapi nyaman dan kecocokannya saat kita pakai.

Nah, kali ini Hipwee akan membagikan secara gamblang trend-trend fashion apa saja yang sebetulnya kurang tepat dan harus kalian jadikan pembelajaran setelahnya. Here we go…

1. Memakai pakaian berbahan chiffon itu sah-sah saja. Tapi jangan lupa kenakan dalaman yang tepat agar bagian tubuh yang seharusnya tertutupi tak tertangkap mata.

nerawang banget tuh, Mb via hifan.staff.telekomuniversity.ac.id

Advertisement

Memakai pakaian berbahan dasar chiffon memang membuat tampilan para cewek makin terlihat eksklusif dan anggun. Tapi sayangnya, banyak di antara mereka yang belum sadar bahwa chiffon adalah jenis kain tipis dan menerawang. Jadi, memakai dalaman yang tepat serta mengindari adanya hal-hal senonoh dari tren ini adalah wajib dilakukan.

‘Kan nggak lucu kalau kalian jalan di tempat umum tapi “onderdilnya” kelihatan?

2. Pinggang yang lebar memang bikin nggak PD! Tapi, penyelesaiannya bukan dengan celana jeans ketat dan dipaksakan masuk, ya.

no no no no! via kawankumagz.com

Investasi buat kalian yang punya pinggang lebar adalah skirt panjang atau celana jeans dengan tinggi di atas pusar. Dengan mempunyai dua item ini di lemari, kalian akan punya cara untuk mempercantik tampilan meski dengan pinggang yang lebar.

3. Meskipun kaus 3D sedang tren dan nyentrik, sebisa mungkin kalian yang berbadan agak lebar tak boleh terlalu suka dengan model ini. Emang mau kaus 3D kalian menjadi 4D? 😛

efek 3Dnya jelas banget tuh! via ohnotheydidnt.livejournal.com

Kalian yang berbadan agak lebar, lebih baik memilih pakaian bermotif bunga atau garis vertikal saja, ya. Ini berguna untuk mempercantik tampilan serta menyamarkan bentuk perut serta pinggang yang kurang proporsional. Hindari kaus dengan gambar 3D ya. Karena dengan bantuan lemak, gak heran efek kaus 3D kalian jadi berubah 4D. Hehehe

4. Sepatu wedges yang sedang tren dan mampu menyempurnakan tampilan ini, nggak akan terlihat apik jika kamu paksakan karena kekecilan di kaki.

kekecilan nih.. via wenn.com

“Mb, jari kakinya offside tuh, hehehehehe.”

Mendingan pakai flatshoes atau sandal jepit aja daripada wedgesnya kekecilan, ya nggak?

5. Hati-hati kalau pakai rok span dan aktivitasmu padat. Cara duduk dan berjalan yang sembarangan akan membuat paha kelihatan serta mengurangi kerapian.

ati-ati lho kalau pakai rok span via jobs.id

Kalau kamu kerja kantoran dan terbiasa memakai rok span, sebaiknya hati-hati deh. Cara duduk atau berjalan yang nggak hati-hati bisa mengurangi kerapian serta keanggunanmu, lho. Untuk amannya kenakan rok dengan panjang maksimal 5 cm di atas lutut, sehingga rok tidak akan tersibak terlalu tinggi saat kamu beraktivitas.

6. Sandal gunung memang hits buat para petualang. Sayangnya, perpaduan dengan kaus kaki pendek nan bermotif membuatnya kurang sedap dipandang.

ngeliatnya gimana gitu… via instagram.com

Kalau pas naik gunung gitu sih nggak apa-apa, biar anget. Nah, kalau pas ke mall atau dinner bareng pacar ‘kan jadi nggak bagus. Kasian yang ngeliatin. Hiks

7. Buatmu penyuka hotpants, lebih jeli lagi deh buat mengenakannya. Nggak mau ‘kan kalau ada sesuatu yang harusnya di dalam malah jadi keluar?

hot pants emang lagi trend, tapi… via instagram.com

Pakai hotpants itu sah-sah saja dan tetap bisa tampil modis. Tapi ingat, karena ukurannya yang mini, kalian para cewek harus memperhatikan resiko-resiko yang ada. Pantat menonjol keluar, misalnya.

8. Pakai baju dan celana dengan motif senada serta ramai itu nggak banget, guys! Emangnya mau dikatain jemuran berjalan atau peserta karnaval?

baju sama celananya yang pas dong! via instagram.com

PIlih salah satu: atasan yang polos, atau bawahannya saja yang polos. Jika kalian memadukannya secara bersamaan, siap-siap aja dikira badut mau karnaval.

9. Celana jeans sobek lagi jadi tren banget nih. Tapi buatmu yang berjilbab, sebaiknya beri tambahan furing pada sobekannya agar penampilanmu tetap santun.

sah-sah saja sih, tapi… via aliexpress.com

Emangnya kamu mau ada yang bilang gini :

“berjilbab kok celana sobek terus pahanya kelihatan sih, mau pamer atau apa?”

10. Karena mengenakan stocking itu sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian cewek, menjaganya agar tidak sobek adalah wajib.

aduh sobek! via trusper.com

Yaaaah, namanya juga cewek, hal-hal ribet yang membutuhkan sedikit pengorbanan pasti ada, dong. Termasuk menjaga stocking agar tidak mudah sobek karena kecerobohan saat duduk atau mencucinya. Take care of your stocking ya, girls.

11. Ternyata, tren menggulung celana itu ada triknya, lho! Jangan asal gulung saja, kamu bukan mau nyeberang sungai ‘kan?

menggulung celana itu ada caranya lho via kompasiana.com

Trik menggulung celana yang baik itu mudah, kok. Coba ikuti langkah berikut, ya :

  • kenakan celana jeans dengan panjang standart (semata kaki)
  • mulai gulung celana seperti gerakan melipat dari bawah ke atas
  • ulangi sekali lagi, rapikan.

Kalau cara menggulungmu cuma satu kali, ntar dikira mau nyeberang sungai, lho.

12. Tren mini dress emang nggak ada matinya buat para cewek. Tapi, perhatikan dengan baik konsep cocok dan tidaknya di badan kamu, ya.

pakai baju ketat nggak apa-apa kok, asalkan… via bagusseven.blogspot.com

“Lipatan-lipatan lemak di badan cewek itu bukan hal aneh buat gue. Ya namanya juga doyan makan, tapi ‘kan cewek-cewek juga harus tahu kondisi badannya sendiri. Kalau memang kurang pas pakai mini dress ya mendingan pakai kaus oblong atau daster aja daripada maksain. Nah, kalau memang pengen pakai mini dress, cari yang agak longgar deh.”

Gerry, 26th

Nah, kan, jadi mulai sekarang lihat dulu ya apakah kondisi tubuhmu cocok mengenakan mini dress atau tidak.

Jadi, nggak semua tren fashion bisa kamu ikuti, ya. Jadi diri sendiri dengan penampilan biasa namun classy saja lebih baik daripada memaksakan sesuatu yang sebenarnya kita belum mampu. Cheers 🙂