Detail Gaun dan Mahkota Mewah Putri Brunei Darussalam di Hari Pernikahan

Ia mengenakan pakaian dari desainer ternama sampai mahkota mewah

Keluarga kerajaan Brunei Darussalam tengah menggelar pernikahan Putri Sultan Brunei, Fadzilah Lubabul Bolkiah. Putri dari Hassanal Bolkiah ini menikah dengan Awang Abdullah Nabil Mahmoud Al Hashimi pada 20 Januari 2022. Tak tanggung-tanggung, keluarga kerajaan menggelar rangkaian acara pernikahan selama 10 hari mulai 16-25 Januari 2022.

Advertisement

Pada resepsi pernikahannya, Putri Fadzilah berhasil mencuri perhatian dengan pakaian yang dikenakan. Dia mengenakan beberapa busana karya fashion designer ternama asal Malaysia, Dato’ Sri Bernard Chandran.  Mulai dari pakaian adat yang didesain kontemporer, pakaian merah keemasan, sampai gaun berpayet abu-abu, semua tampak menawan dengan dipadukan aksesori mewah.

Pakaian pertama yang dikenakan berwarna merah dengan dipadukan tenun Brunei

Pernikahan putri brunei

Pakaian pertama yang dikenakan berwarna merah | Credit: @bruneiroyalfamily via Instagram

Pakaian pertama yang dikenakan oleh Putri Fadzilah merupakan pakaian adat dengan desain kontemporer. Dia mengenakan pakaian merah keemasan dengan tenun khas Brunei. Kain tenun Brunei itu merupakan kain tradisional yang indah dan menarik. Gaun merahnya juga dilengkapi dengan sabuk emas di pinggangnya. Mahkota tinggi yang dikenakannya berwarna kuning keemasan dengan ukiran yang rumit.

Saat prosesi akad nikah, sang putri mengenakan gaun tenun putih dan kerudung royal wedding

Pernikahan putri brunei

Sang putri mengenakan gaun tenun putih saat akad nikah | Credit: @bruneiroyalfamily via Instagram

Saat prosesi akad nikah, sang putri memakai gaun tenun putih dan kerudung royal wedding. Kerudung panjangnya menjuntai sampai bawah dengan anggun tersampir di balik mahkota. Dia mengenakan mahkota berwarna putih keemasan dilengkapi dengan liontin besar dan anting-anting dengan warna senada. Putri Fadzilah juga membawa sebuket bunga gemerlap berwarna putih dan emas.

Advertisement

Resepsi pernikahan digelar dengan gaun panjang berpayet warna biru abu-abu

Pernikahan putri brunei

Gaun panjang berpayet warna biru abu-abu dipakai saat resepsi pernikahan | Credit: @bruneiroyalfamily via Instagram

Saat resepsi pernikahan mereka, sang putri mengenakan gaun lengan panjang berpayet. Warna gaun potongan mermaid yang dikenakan Putri Fadzilah adalah biru abu-abu. Di seluruh gaunnya, gaun ini dihiasi dengan sulaman kupu-kupu.

Tak ketinggalan, Putri Fadzilah menggunakan kerudung royal wedding dan aksesori mewah kalung serta permata. Dia mengenakan tiara zamrud biru abu-abu, kalung besar dengan zamrud, serta anting-anting yang serasi. Tiara tersebut merupakan pusaka keluarga milik Ratu Saleha, istri Sultan Bolkiah.

Advertisement

Menurut sang desainer, gaun yang dipakai oleh Putri Fadzilah saat hari pernikahannya dibuat sesuai selera sang putri dan dengan desain kekinian. Untuk menciptakan baju pengantin kerajaan yang mewah ini Bernard Chandran membutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk pencarian idenya, sementara proses pembuatannya sendiri diperlukan waktu kurang lebih 3 bulan.

Itu dia gaun yang dikenakan Putri Fadzilah saat rangkaian acara pernikahannya. Di antara 3 pakaian yang dikenakannya, gaun mana yang paling cantik menurutmu, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An avid reader and bookshop lover.

CLOSE