Kebanyakan dari kamu justru lebih fokus mencari make-up seperti apa yang akan dipakai saat wisuda, di banding mempersiapkan hal kecil namun krusial seperti kenyamananmu saat memakai toga yang notabene panas sekali.

Jika kalimat di atas benar, nggak ada salahnya kamu menyimak sampai habis artikel yang akan menyadarkanmu bahwa mempersiapkan pernak-pernik wisuda itu nggak semudah kelihatannya. Ada hal yang nggak tampak dan kamu lupa untuk menyiapkannya, sehingga berujung ke momen wisuda yang melelahkan dan ‘menyakitkan’. Wah, jangan sampai gini, ya!

Advertisement

Untuk itu, please jangan lakukan hal-hal di bawah ini saat sedang mempersiapkan wisuda!

Kamu terlalu fokus mencari MUA berkualitas yang harganya selangit. Padahal, momen wisuda bukan kayak pernikahan yang harus pakai make-up terlalu tebal dan awet, kan?

MUA mahal via unsplash.com

Sebaiknya, bukan persoalan make-up saja yang jadi prioritasmu, meski ini penting untuk momen berhargamu. Banyak lo MUA yang mematok harga murah khas mahasiswa, dengan kualitas dandanan bagus dan nggak kalah sama yang hits di Instagram. Tinggal bagaimana kamu memesan riasannya saja, seperti warna eye shadow atau lipstikmu nanti.

Plus, kamu juga bisa lo dandan sendiri dengan melihat tutorial di Youtube. Kalau ini sih asal kamu sempat saja, ya!

Bukannya memilih bahan kebaya atau dress yang nyaman, kamu lebih memprioritaskan tren dan bentuk outfit wisuda yang ribet. Duh, memangnya mau konser di dalam gedung?

dress atau kebaya simpel aja via giphy.com

Advertisement

Bahan-bahan seperti katun dan kaus dipercaya menjadi yang paling nyaman buat dijadikan outfit wisuda. Kamu hanya perlu mencari referensi bentuk-bentuk kebaya atau dress-nya supaya nggak bingung saat membeli atau menjahitnya. Jangan cuma ikutan tren, kalau ogah kejebak sama panasnya baju toga!

Karena ingin tampil tinggi semampai, sepatu yang kamu pilih pun high heels dengan hak berukuran lebih dari 5 centi. Ya silahkan, kalau kakimu mau kram, kesemutan atau bahkan pegal tak tertahankan berhari-hari 🙂

heels wajar via unsplash.com

Kembali lagi pada kenyamanan, momen sekali seumur hidup seperti wisuda memang perlu dipersiapkan sedemikian rupa. Sesepele menyiapkan sepatu apa yang akan kamu pakai nanti, dan high heels menjadi pilihan paling umum karena bisa menunjang postur tubuhmu. Tapi, hindari memilih high heels yang haknya lebih dari 5 centi, ya! Bukannya happy saat wisuda, kamu justru akan kelelahan sebelum acara selesai karena kakimu pegal.

Bukan tas jinjing berukuran besar, kamu perlu menyiapkan tas jinjing mini untuk menyimpan banyak benda berguna; uang, permen, kaca atau make-up!

clutch via unsplash.com

Biar nggak mengganggu momen sakralmu ini, kamu disarankan untuk membawa tas jinjing kecil untuk menaruh barang-barang yang sekiranya akan diperlukan di tengah sesi wisuda. Taruhlah contoh uang, permen atau make-up yang akan kamu butuhkan, tapi kamu nggak bisa bolak-balik ke belakang untuk mengambilnya.

Lupa membawa HP, tisu, lipstik, kaca dan sponge bedak di tas kecil yang kamu jinjing nantinya. Hmmmm, teliti lagi, ya!

wajib bawa! via unsplash.com

Tahu sendiri dong fungsi dari tisu, lipstik, kaca sama sponge bedak itu buat apa? Yup, touch up! Kalau kamu tipe orang yang insecure dengan minyak di wajahmu, ketiga benda ini WAJIB BANGET kamu bawa atau masukkan ke kantong. Setiap kali ada ‘cacat’ di dandananmu, kamu tinggal menghapus atau membetulkannya di tempat tanpa perlu mondar-mandir ke toilet.

Tuh, udah tahu kan kalau kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal? Yang lagi mempersiapkan wisuda, semoga dilancarkan semuanya, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya