Cewek mana sih yang nggak mau bulu matanya lebat dan lentik natural? Iya, selain alis, bulu mata jadi asetnya para cewek yang menunjang penampilan. Meski ada beberapa cara alami yang bikin bulu mata jadi lentik, memakai bulu mata palsu jadi pilihan instan untuk menyempurnakan riasan mata.

Nah, dari sekian banyak jenis dan merek bulu mata yang dijual di pasaran, baiknya kamu pilih yang sesuai dengan bentuk matamu agar efek lentik yang diinginkan lebih maksimal. Cantikmu pun jadi tampak natural.

1. Untukmu yang bentuk matanya bulat, pilihlah jenis bulu mata palsu yang panjang dengan tingkat ketebalan sedang

mata bulat dan besar via www.teenvogue.com

Advertisement

Jika kamu memiliki bentuk mata bulat yang bikin matamu jadi tampak besar, gunakan bulu mata palsu yang jenis helaiannya panjang dan lentik di seluruh sisinya, tapi jangan terlalu tebal. Bentuk bulu mata palsu seperti ini akan membuat matamu terlihat lebih terisi dan nggak terlalu besar. Hindari bentuk bulu mata palsu yang tebal dan rapat karena justru akan tampak berlebihan.

2. Bentuk mata yang cekung akan cocok jika dipakaikan bulu mata palsu dengan tipe panjang dan lentik

mata cekung via www.mtmtv.info

Bentuk mata cekung biasanya dimiliki oleh keturunan timur tengah. Bagian kelopaknya akan menjorok ke dalam. Kamu bisa menggunakan bulu mata palsu yang panjang dan lentik. Cara ini nggak akan bikin matamu tampak berat tapi cukup bisa membuatnya tampak lebih tajam.

3. Mata almond paling beruntung, dia bisa menggunakan bulu mata palsu dengan bentuk apa pun

mata almond via www.allkpop.com

Beruntunglah jika bentuk matamu mirip almond, nggak terlalu besar tapi juga nggak terlalu kecil. Bentuk mata ini cocok untuk semua jenis bentuk bulu mata palsu, baik yang berhelai jarang, tebal, atau yang menebal di bagian ujungnya. Tapi, kalau ingin menonjolkan tampilan mata, pilih bulu mata palsu yang tebal helaiannya sama dari ujung ke ujung, juga jangan terlalu ketebalan, ya!

4. Mata asia sangat cocok jika dipakaikan individual lashes untuk menunjukkan kesan naturalnya

Advertisement

Bulu mata palsu yang berupa satuan kelompok kecil bulu mata cocok untuk si pemilik mata khas asia yang sipit dan tanpa kelopak (monolid). Hindari mengunakan bulu mata yang tebalnya kebangetan karena justru bikin matamu jadi berat dan makin kecil. Pilih bulu mata palsu yang helaiannya panjang atau bulu mata palsu yang berlapis untuk membuat mata terlihat lebih terbuka.

5. Bulu mata palsu yang tebal dan panjang dari bagian tengah mata bakal membuka matamu yang punya lipatan turun

kelopak mata turun ke bawah via id.pinterest.com

Kalau ujung kelopak matamu menurun ke bawah, kamu cocok pakai bulu mata palsu yang tebal dan panjang mulai dari bagian tengah mata. Beda dengan mata sipit yang memang kecil dan nggak punya kelopak lho, ya. Mata ini tetap punya kelopak namun lipatannya seolah turun dan berat sehingga bikin wajahmu kelihatan sayu. Dengan pakai bulu mata palsu yang tebal dan panjang helaiannya, matamu yang turun itu akan lebih terbuka.

6. Untuk mata yang jaraknya berdekatan, gunakan bulu mata palsu yang tipis dan menebal hingga ke sudut mata luar

mata berdekatan via www.glamour.com

Trik khusus untuk bentuk mata seperti ini, baiknya kamu nggak memilih bulu mata yang tebal helaiannya dari ujung ke ujung. Untuk memberi ilusi mata yang lebih ‘menjauh’, coba gunakan bulu mata palsu yang tipis di sudut dalam mata dan menebal hingga ke sudut luar mata.

Banyaknya jenis bulu mata palsu yang dijual di toko-toko kosmetik bukan semata-mata memanjakan hasratmu untuk menggunakan semuanya sesuai keinginan. Kamu juga perlu mencocokannya dengan kebutuhan matamu. Biar nggak cuma karena tren aja, tapi juga cerdas pakai produk kosmetik agar cantikmu makin paripurna. So girls, selamat memilih bulu mata palsu sesuai bentuk matamu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya