Biasanya, perempuan berhijab atau bahkan bercadar masih dianggap kurang lazim saat bekerja menangani rambut seseorang. Sekali pun berkecimpung di bidang kecantikan, kebanyakan hanya menangani fesyen muslim atau penataan hijab saja. Tapi ada yang menarik nih, karena seorang perempuan asal Philadelphia mendobrak streotip yang ada dengan menjadi perempuan bercadar spesialis tata rambut yang sukses dan bahkan populer di Amerika.

Natasha Somalia adalah muslimah berdarah Somalia yang bekerja sebagai pemilik salon di Philadelphia, Amerika Serikat. Meski bercadar dan berpenampilan tertutup, Natasha tak menutup diri untuk mengembangkan bakat dan mimpinya.  Diketahui bahwa Natasha sudah menjalankan bisnis salonnya sejak 28 tahun lalu, namun baru 11 tahun lalu ia memutuskan untuk memeluk agama Islam dan mengenakan cadar. Penasaran seperti apa sih gaya rambut hasil kreasi Natasha dan sepak terjangnya di Amerika? Simak ulasannya berikut ini~

Tampil beda, Natasha mengenakan abaya dan cadar hitam, khas wanita Arab. Namun saat bekerja, di bagian pinggangnya ia memakai semacam celemek dengan peralatan potong rambut premium. Gayanya sungguh bak ksatria di film-film!

Natasha Somalia via wolipop.detik.com

Advertisement

Pelanggan salon milik Natasha yang diberi nama ‘Covered The Salon’ adalah pelanggan dengan rambut keriting khas afro-amerika. Sama seperti salon pada umumnya, salon milik Natasha juga melayani pelanggan yang ingin melakukan potong rambut, cat rambut, cuci blow sampai bleaching. Pelanggannya pun tak terbatas hanya pada mereka yang berhijab atau bercadar kok, dari kalangan biasa pun boleh menjadi pelanggannya. Jargon salon yang dibawanya adalah ‘Healthy Hair is Good Hair‘.

Tak hanya mengembangkan usaha salon yang sukses, Natasha juga meluncurkan produk perawatan rambutnya sendiri lo!

Produk Natasha Somalia via www.instagram.com

Produk perawatan rambut miliknya bernama Natasha Somalia Philadelphia. Ia menyediakan sampo, vitamin rambut, hingga spray untuk rambut, yang tentu dikreasikan sesuai dengan idealisme sendiri. Kepada Allure, Natasha memberikan sejumlah tips merawat rambut di bawah hijab, seperti yang terangkum oleh Hipwee sebagai berikut:

  • Menurut Natasha, perawatan rambut berhijab dimulai dari saat mandi. Pastikan kamu selalu menyisir rambut untuk mengurai kekusutan sebelum keramas. Jangan lupa juga kenakan leave-in conditioner dan setelah keramas jangan biarkan rambut kering sendiri tanpa disisir.
  • Memperhatikan jenis kain yang dikenakan saat berhijab sangat penting agar rambut nggak jadi rusak dan rontok
  • Perhartikan dengan baik cara pemakaian, agar rambut nggak jadi terlalu ketat dibalut hijab ketat
  • Mengenakan satu macam ikat rambut atau tatanan rambut yang sama setiap hari bisa mengakibatkan kerusakan dan kerontokan rambut. Coba selang seling gaya rambut dan jangan mengikat rambut terlalu kencang setiap hari.

Punya jejak karier yang sukses dan memiliki gaya yang beda dari pekerja salon lain sepertinya, Natasha bahkan menerbitkan buku berfaedah tentang rahasia perawatan rambut bagi mereka yang berhijab~

Trik perawatan rambut hijab via www.instagram.com

Advertisement

Dalam buku tersebut, Natasha menjabarkan lengkap tutorial dan langkah perawatan rambut terkhusus bagi mereka yang berhijab, seperti trik kebiasaan makan sehat untuk rambut, cara pembersihan rambut sampai cara menata rambut berhijab. Hmm, menarik ya?

Sukses dan unik, bukan berarti Natasha sepi dari nyinyiran orang yang masih berpikiran sempit. Tapi toh Natasha nggak peduli dan memilih fokus untuk bekerja sebaik-baiknya dengan hati untuk para pelanggan tetap yang memuji pekerjaannya. Yang penting, pelanggan puas dan dia bekerja dengan hasil yang oke. Kisah inspiratifnya berhasil viral dan menggugah hati banyak orang karena keberaniannya tampil beda dan kepiawaiannya menata rambut, bahkan menjadikannya salah satu penata rambut spesialis berhijab di Amerika. Kamu tertarik nggak nih, ditata juga rambutnya sama Natasha?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya