Kosmetik adalah salah satu alat pendukung kecantikan para cewek untuk tetap tampil cantik dan kece. Suka atau nggak suka, minimal cewek punya satu produk kosmetik di kamarnya, misalnya nih bedak atau lipbalm. Nggak heran bisnis kosmetik nyaris nggak pernah sepi peminat, apalagi sekarang cewek-cewek udah mulai ‘melek’ sama merek-merek tertentu yang lagi hits di kalangan para pecinta makeup.

Hebohnya bisnis kosmetik terutama kosmetik dengan merek ternama memancing sejumlah oknum tak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan ilegal dengan memproduksi replika-replika (baca:  produk KW) kosmetik merek mahal dengan harga super miring. Hayo, ngaku siapa disini yang masih suka tergoda beli kosmetik ‘bermerek’ dengan harga puluhan ribu aja? Banyak yang mengaku nggak tahu, kalau barang yang dia beli itu palsu (padahal jelas-jelas harga yang KW murah jauh!), tapi nggak sedikit juga lho yang tahu tapi memilih cuek karena gengsi pengen punya kosmetik ‘mahal’. Apapun alasannya, kali ini Hipwee akan kasih kamu 5 alasan kenapa kamu harus stop beli produk kosmetik KW sekarang juga!

1. Kandungan di dalam kosmetik KW itu masih dipertanyakan asal usul dan keamanannya. Yakin mau pakai sesuatu yang nggak jelas di kulitmu?

Bahayanya kosmetik KW alias palsu. Selain bikin iritasi, bisa mengancam keselamatan jiwa juga! via www.youtube.com

Advertisement

Saat kita membeli produk kosmetik yang asli, kita tidak hanya membeli produk fisiknya juga tapi membeli jaminan rasa aman karena apa yang kita beli itu pasti sudah teruji dan lolos uji kelayakan sehingga boleh diperjualbelikan secara legal. Berbeda halnya dengan kalau kita membeli produk kosmetik KW yang asal-usulnya nggak jelas dan komposisinya juga mungkin hanya produsen dan Tuhan yang tahu. Siapa yang bisa menjamin produk KW yang kita punya itu aman dan bersih demi kesehatan kita jangka panjang?

Banyak yang ngerasa baik-baik aja saat ini menggunakan produk KW, tapi efek jangka panjangnya kan jelas belum terasa sekarang. Dilansir dari harian dailymail.co.uk, terungkap fakta mengejutkan dari bahan-bahan yang digunakan dalam produk KW. Ternyata di dalamnya banyak ditemukan bakteri berbahaya seperti bakteri E.Coli dan virus mematikan dari kontaminasi kecoak, tikus, air kotor, serta bahan-bahan kimia beracun seperti arsenik dan merkuri yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Efeknya ada yang terasa instan seperti ruam di kulit, mata iritasi sampai sesak napas. Namun efek jangka panjangnya lebih mengerikan karena ancaman kanker dan tumor mengintai. Tuh, serem kan? Masih mau nih, beli produk KW-KW nggak jelas?

2. Kamu tahu nggak berapa banyak dana, waktu dan usaha yang dihabiskan suatu produsen resmi sebelum meluncurkan suatu produk? Dengan memakai produk KW artinya kamu tidak menghargai seluruh usaha tersebut lho, teman-teman

Bisnis kosmetik itu nggak sesederhana yang kamu bayangkan lho. Ribet! via www.archilovers.com

Kosmetik adalah salah satu produk kreatif seni yang diproduksi secara massal untuk dapat dinikmati banyak orang. Sebagaimana layaknya sebuah karya seni, proses pembuatannya panjang dan nggak mudah lho. Butuh biaya yang besar untuk melakukan riset dan uji kelayakan. Belum lagi produsen kosmetik resmi harus berurusan dengan izin-izin segambreng agar produknya boleh diproduksi dan diperdagangkan secara legal. Mencari warna satu palet kosmetik aja tuh proses kreatifnya bisa makan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun lho. Hal tersebut jelas butuh pengorbanan waktu, dana dan tenaga yang nggak sedikit kan? Bayangkan sekarang kalau kamu jadi produsen yang produknya dibajak. Sedih, nggak sih?

3. Jangan berharap kualitas yang oke dari produk KW. Kemasannya aja seadanya, apalagi isinya, ‘kan?

Kosmetik palsu. Aslinya cuma sampai 4 seri bisa keluar sampai 5 seri. Canggih~ via mylittlebabog.com

Advertisement

Mau sebagus apapun atau semirip apapun, produk KW nggak akan bisa menggantikan produk asli karena ya namanya palsu pasti ada aja kekurangannya apalagi dijual dengan harga super duper murah, bisa cuma seperempat dari harga aslinya. Jadi jangan harapkan kemasan produk KW yang kamu miliki itu cakep, tahan lama atau berkualitas, ya. Lagipula, produk asli selalu menang jauh kalau mau kamu ‘pamerin’ di media sosial kamu. Misalnya nih kamu beli produk A terus kamu pajang di media sosial kamu, orang yang paham merk kosmetik dan jeli pasti langsung tahu kalau produk kamu itu abal-abal. Malu ‘kan, jadinya.

4. Memakai kosmetik KW itu sama aja memakai produk bajakan. Dan produk bajakan itu sama dengan produk ilegal, lho

Bayangkan produk kosmetik KW yang kamu pakai dibuat di gudang seperti ini. Hii~ via www.thetalko.com

Seperti yang sudah Hipwee singgung sebelumnya, produksi kosmetik KW itu adalah tindakan pembajakan sehingga jelas ilegal dan tidak diperbolehkan. Kalau kamu turut andil beli produk KW hanya karena ‘iseng’ misalnya, itu artinya kamu turut ambil bagian dalam tindakan kriminal, lho. Selain itu, karena perbuatan membajak produk itu ilegal, biasanya oknum nakal mengerjakannya di tempat-tempat tersembunyi yang jorok seperti gudang atau garasi seadanya. Nah, kalau mau stop usaha mereka, pembeli juga harus pintar dong dengan nggak membeli barang-barang KW mereka.

5. Daripada maksain diri beli produk KW hanya karena ingin punya produk luar negeri ‘mahal’ dengan harga murah, kenapa nggak mendukung produk dalam negeri aja, yang nyata dan jelas sudah ada lulus uji kelayakannya

Sekarang sudah banyak lho produk kosmetik lokal yang kualitasnya juga bersain dengan produk luar! via trivia.id

Di Indonesia, produk kosmetik palsu yang paling banyak beredar adalah produk merk terkenal buatan luar negeri yang biasanya harga aslinya itu ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Nah, karena alasan gengsi atau penasaran pengen coba merek kekinian, banyak yang iseng atau terjebak beli produk kosmetik KW karena tergiur dengan harganya yang jauhhh lebih murah. Padahal nih, daripada beli produk abal-abal yang isiannya nggak jelas dan berbahaya mendingan kamu rajin-rajin cari produk legal buatan lokal yang isinya kurang lebih mirip sama produk yang kamu incar. Emang sih mungkin kemasannya nggak akan keliatan ‘high class’ karena bukan merek kenamaan internasional, tapi buat apa mereknya mentereng tapi isinya nggak jelas? Sekarang udah banyak kok produk lokal yang kualitasnya nggak kalah kece. Hargapun lebih ramah di kantong.

Nah, gimana nih teman-teman? Masih tetap kekeuh mau pakai produk abal-abal nggak jelas? Semoga nggak ada ya. Yuk hargai kreativitas dalam produk asli dan stop beli produk kosmetik KW!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya