Jerawat, jerawat, jerawat lagi. Masalah kulit yang satu ini emang selalu bikin keki. Diapa-apain masih aja kelihatan. Padahal weekend nanti harus kondangan ke pesta pernikahan. Bajunya udah oke perlente, masa wajahnya panenan jerawat gini? Duh, harus gimana?

Tenang dulu, jerawatmu itu bisa kok ditutupi dengan makeup. Mau hasil akhir kayak apa pun, semua bisa disontek di video tutorial yang Hiwpee Style rangkumkan buatmu berikut. Yuk, kepoin!

1. Tanpa harus beli produk kosmetik yang mahal-mahal, kamu bisa samarkan jerawatmu dengan produk kosmetik yang tersedia di drugstore. Hasilnya feminine look!

Advertisement

Rahasia makeup dengan hasil feminine look ini adalah dengan mencampurkan dua jenis foundie yang berbeda. Setelahnya, jerawat-jerawat totol yang tersebar ditutupi lagi dengan concealer hingga tersamarkan.

2. Nih, khusus jerawat pasir yang cenderung tersebar. Kamu bisa coba tutorial makeup-nya di sini

Kuncinya adalah pakai dua macam foundie dengan warna dasar yang berbeda, concealer untuk menutupi  jerawat totol yang masih menyembul, lalu di-setting dengan bedak tabur agar teksturnya lebih merata.

3. Tutorial yang satu ini cocok banget buat kamu yang nggak pengen terlihat makeup banget. Jerawatnya juga cuma satu atau dua aja tapi cenderung meradang

Simpel. Pakai hydrating moisturizer, lalu foundie tipis-tipis, concealer di bawah mata dan ditotolin ke jerawat yang menyembul, kemudian makeup lanjutan yang warnanya nggak terlalu mencolok.

4. Bekas jerawat alias bopeng pun bisa kamu atasi dengan makeup. Nah, uniknya di sini pakai dua primer yang diaplikasikan terpisah

Advertisement

Selain pakai pelembap, dua macam primer, dan concealer berturut-turut, tutorial di atas juga pakai color corrector sebelum akhirnya ditumpuki lagi dengan foundie untuk meratakan warna kulitnya.

5. Bisa juga mengakali jerawat yang warnanya menghitam dan sulit disembunyikan dengan mengubahnya jadi tahi lalat palsu

Kalau jerawat yang ingin kamu tutupi warnanya sudah menghitam dan sulit disamarkan, kamu bisa mengubahnya menjadi tahi lalat dengan teknik yang sama untuk membuat freckles seperti yang sudah pernah Hipwee bagikan di sini.

6. Pengen glass skin makeup kayak cewek-cewek Korea padahal jerawatan? Bisa juga!

Banyakin rangkaian skincare-nya aja sebelum pakai foundation dan lain sebagainya. Biar nggak cuma mulus wajahmu, tapi juga mengilap.

7. Ada juga tutorial makeup menutup jerawat yang tanpa foundie khusus buatmu yang enggan menutup wajah berlapis-lapis

Kamu hanya perlu mengandalkan concealer untuk menyamarkan jerawat. Tapi sebelumnya alasi wajah dengan rangkaian skincare seperti moistuirizer dan toner yang aman dan melembutkan wajah, ya!

7. Bahkan kamu bisa mengakali jerawat kistik yang parah dengan menggunakan makeup. Pelan-pelan saja mengaplikasikan makeup-nya agar jerawat nggak makin teriritasi

Sebelum diaplikasikan makeup, gunakan serum dengan kandungan vitamin C untuk sebagai dasaran yang melembutkan wajah. Lalu dilanjutkan dengan menggunakan BB cream dan concealer yang kandungannya ringan tapi cukup coverage.

Meski kamu boleh pakai riasan wajah untuk menyamarkan jerawat, alangkah baiknya untuk tetap memilih produk makeup yang berlabel non-komedogenik, hipoalergenik, nggak mengiritasi, dan bebas minyak. Selain itu, gunakan makeup untuk momen-momen tertentu aja, jangan dipakai untuk sehari-hari. Setelah menggunakan makeup yang cukup kompleks dan berlapis, segera bersihkan wajah sampai tuntas agar nggak ada lagi sisa-sisa makeup yang tertinggal di pori-pori. Selamat mencoba ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya