Ini Ternyata Makna di Balik Warna Kebaya dan Motif Batik Maudy Ayunda Saat Wisuda. Sarat Doa!

makna kebaya Maudy Ayunda

Beberapa waktu yang lalu, berita kelulusan penyanyi sekaligus seleb tanah air Maudy Ayunda berhasil mencuri perhatian publik. Sebagai seleb berprestasi di dunia hiburan dan di bidang akademik, Maudy memang layak mendapat pujian atas pencapaiannya tersebut. Kelulusan Maudy dari Standford University dengan program double degree memang membuat siapa saja kagum.

Advertisement

Selain pencapaian luar biasa yang berhasil Maudy Ayunda raih, hal lain yang cukup mencuri perhatian publik adalah kebaya yang dikenakan Maudy. Dalam acara kelulusan tersebut, Maudy dibalut kebaya kutubaru berwarna merah terang dipadu dengan kain batik berwarna cokelat. Sementara ibu dan adiknya mengenakan kebaya berwarna salem. Pemilihan warna dan motif batik yang dikenakan Maudy dan keluarga nggak sembarangan lo. Busana karya desainer ternama, Didiet Maulana ini ternyata punya makna yang indah. Apa cerita di baliknya?

Kebaya warna merah yang dikenakan Maudy dipilih sebagai lambang semangat yang menggelora untuk menggambarkan kebahagiaan di acara kelulusan

Maudy tampil cantik dan anggun di acara kelulusannya dengan balutan kebaya merah model kutubaru dengan pads di bahu untuk mempertegas siluet tubuhnya. Didiet mengakui bahwa pemilihan warna merah sebenarnya supaya serasi dengan selempang Stansford. Namun, dibalik itu Didiet mengungkap bahwa warna merah merupakan warna yang menggelora. Hal ini bisa menggambarkan momen kelulusan Maudy, penuh semangat yang menggelora.

Advertisement

Sementara itu, ibu dan adik Maudy mengenakan kebaya berwarna salem yang melambangkan kesederhanaan dan kelembutan. Hal ini sesuai dengan penampilan anggun Mauren Jasmedi, ibu Maudy dan Amanda Khairunnisa, adik Maudy yang datang langsung di acara kelulusan Stanford University.

Kain batik motif Babon Angrem yang dikenakan Maudy dan adiknya melambangkan doa dan harapan yang penuh kasih sayang

Advertisement

Kebaya merah yang dikenakan Maudy terlihat sangat cantik dan pas dipadu dengan kain batik motif Babon Angrem berwarna cokelat terang. Kain batik yang dikenakan Maudy sama dengan yang dikenakan adiknya, hanya saja milik Amanda berwarna biru keabu-abuan. Motif Babon Angrem berasal dari Bahasa Jawa yang berarti induk ayam yang sedang mengerami telur. Motif ini ternyata mengandung filosofi seperti induk ayam yang memiliki harapan besar dan kasih sayang pada telurnya.

Babon Angrem memang biasa diberikan orang tua pada anaknya untuk melambangkan harapan besar mereka atas kehidupan anak-anak. Filosofi batik Babon Angrem ini sangat cocok dikenakan pada acara kelulusan atau peringataan atas pencapaian lainnya. Kamu juga bisa lo, memilih motif Babon Angrem untuk momen kelulusanmu!

Kain batik yang dikenakan orang tua Maudy memiliki filosofi doa yang terus terulang, kekuatan dan ketegaran yang indah

Pada saat acara kelulusan Maudy, nggak hanya kebaya saja yang menjadi perhatian. Batik motif Pisan Bali yang dikenakan ayah Maudy pun cukup menyita perhatian. Motif Pisan Bali berasal dari Bahasa Jawa, ‘pisan’ artinya satu dan ‘bali’ artinya kembali. Sehingga, Pisan Bali dapat diartikan sebagai satu doa yang dibacakan berulang kali.

Sementara itu, kain batik yang dikenakan ibu Maudy memiliki motif Sawunggalih yang bermakna kekuatan dan ketegaran yang indah. Kedua motif ini menggambarkan betapa besar kasih sayang orang tua dalam mendidik dan mengasihi anak-anaknya.

Selain kebaya dan batik bernuansa merah dan salem, Maudy dan keluarga juga mengenakan busana bernuansa biru dan cream pada upacara kelulusannya yang kedua

Setelah kebaya merah yang cukup mencuri perhatian publik, Maudy mengunggah foto kelulusan lain yang nggak kalah cantik. Maudy tampak mengenakan batik putih bermotif biru yang dibuat model kutubaru dan dipadukan dengan kain batik berwarna biru dengan motif putih. Sementara itu, ibu dan adik Maudy mengenakan gaun berwarna cream dengan corak biru. Nuansa biru juga dipertegas dengan batik yang dikenakan ayah Maudy yang tampil gagah dan penuh kharisma. Perpaduan warna biru dan cream terang ini membuat kesan kalem dan tenang, cocok banget untuk acara bergengsi seperti wisuda. Anggun banget kan?

Nah, itulah makna di kebaya dan batik yang dikenakan Maudy dan keluarga. Ternyata cukup dalam ya! Kamu juga bisa lo, mencoba inspirasi gaya busana ala Maudy untuk wisuda, mulai dari pemilihan warna hingga motif kain batiknya. Sekali lagi, congrats ya Maudy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE