Menggunakan jasa MUA atau make-up artist memang tricky. Karena faktanya, nggak semua MUA memiliki tanggung jawab yang diharapkan para pelanggan, meski mungkin harganya mahal untuk sekali dandanan. Untuk itu, nggak ada salahnya lo kamu sebagai pelanggan lebih pro aktif dalam bertanya, bukan cuma soal harga saja. Alih-alih ingin wajahmu lebih cantik setelah didandani, kamu bisa ‘terjebak’ kalau sampai nggak menanyakan hal-hal ini ke MUA-mu terlebuh dahulu!

Bukan kepo, menanyakan produk-produk apa saja yang digunakan untuk memoles wajahmu itu wajar, kok. Hal ini berguna menghindarimu dari merek-merek make-up yang mungkin nggak cocok

produk apa aja via id.pinterest.com

Mbak, maaf ini produknya pakai apa saja, ya? Kebetulan muka saya ini sensitif banget, nggak bisa kena krim yang ada alkoholnya…

Advertisement

Momen penting seperti wisuda, lamaran atau pernikahan memang nggak lepas dari peran penting seorang MUA. Di sinilah, kamu dituntut untuk tahu betul produk make-up apa saja yang akan dipakai, guna menghindari ketidakcocokannya ke wajahmu. Kamu pasti paham dong, kalau kondisi kulit masing-masing orang itu berbeda, jadi nggak ada salahnya kalau kamu menanyakannya terlebih dahulu.

Jenis riasan apa yang sedang diaplikasikan ke wajahmu pun perlu ditanyakan, kalau di awal kamu nggak request. Entah itu jenis make-up matte, dewy atau natural

teknik makeup via id.pinterest.com

Mbak, saya kan mau ke kondangan, make-up apa ya yang cocok buat kulit saya yang cenderung berminyak dan jerawatan ini?

Nggak semua pelanggan paham kalau di MUA itu bisa request jenis make-up yang sesuai dengan karakter wajah. Nah, kamu bisa nih menanyakannya dulu biar hasil akhirnya nggak bikin kaget atau bahkan menyesal. Misalnya kalau wajahmu cenderung berminyak, kamu bisa memilih jenis make-up yang matte supaya lebih awet.

Kalau ada hal lain seperti lipstik yang terlalu merah atau highlighter yang terlalu mencolok, kamu bisa kok meminta MUA untuk mengoreksinya. Jangan malu, ini juga demi nama baik sang MUA!

sorry nih mbak… via id.pinterest.com

Advertisement

Mbak maaf, ini kayaknya lipstiknya terlalu glossy deh, bisa dibuat matte aja atau dikurangin keterangannya nggak?

Selera orang soal warna dan tekstur lipstik memang berbeda. Hal ini juga berlaku saat kamu didandani MUA, di mana kadang seleranya nggak sama denganmu. Nggak apa-apa kok kalau memang menurutmu warna lipstiknya terlalu mencolok, lalu kamu minta ganti. Tapi ingat, yang sopan dan nggak perlu marah-marah, ya!

Jarang terjadi, tapi kamu juga patut bertanya kalau ada trik make-up yang ‘asing’ dilakukan MUA pada umumnya atau penambahan produk tertentu yang sebelumnya belum kamu lihat

teknik tertentu via id.pinterest.com

Mbak maaf, ini step apa ya kok saya belum pernah tahu? Hehe, siapa tahu ini trik baru yang bisa saya pelajari juga 🙂

Masing-masing MUA tentu punya standar pelayanan tersendiri demi memuaskan pelanggannya. Makanya, pasti akan ada saja trik khusus yang digunakan seperti memijit wajah, menyemprotkan suatu cairan atau bahkan meniupkan asap tebal seperti kasus yang beberapa bulan lalu sempat viral. Hal ini wajar kok untuk kamu tanyakan kalau memang bikin kurang nyaman.

Demi kenyamanan bersama, tanyakan hal-hal tadi secara sopan, ya! Jangan apa-apa maunya di mengerti, tapi kamu sendiri kurang bisa menghargai profesi MUA. Yuk, mulai jadi costumer yang cerdas!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya