8 Jenis Sisir dan Fungsinya untuk Setiap Kebutuhan Rambut

Orang-orang biasanya menggunakan sisir sesuai yang ada di rumah saja. Kita sering tidak tahu apa jenis sisir yang dipakai, tetapi yang penting rambut bisa tersisir dengan rapi. Padahal, memakai sisir yang tidak tepat bisa membuat rambut mudah rontok lo. Kamu pasti pernah mengalami kerontokan yang parah saat menyisir rambut, bukan? Itulah sebabnya kamu perlu mengetahui jenis-jenis sisir yang sesuai dengan tipe rambut kamu.

Advertisement

Setiap jenis rambut memiliki kebutuhan sisir yang berbeda. Kamu yang memiliki rambut keriting akan menggunakan jenis sisir yang berbeda dengan mereka yang memiliki rambut lurus. Selain itu, ada pula jenis sisir yang khusus digunakan untuk membuat style rambut saja. Artinya, setiap jenis sisir akan memberikan efek yang berbedda pada rambut. Sebenarnya, ada berapa macam sisir dan masing-masing kegunaannya?

1. Bristle brush

Jenis Sisir dan Fungsinya

Bristle brush | Credit: Pxfuel

Bentuk rambut yang panjang atau rambut yang mudah kusut cocok menggunakan sisir jenis ini. Bristle brush akan membuat rambut kamu terlihat rapi dan mudah diatur.  Tidak hanya itu, sisir jenis ini juga banyak yang terbuat dari bulu halus sehingga  tidak makan merusak bentuk alami rambut. Bagi kamu yang memiliki rambut yang kasar dan mudah kusut, sisir ini akan memisahkan helaian rambut menjadi lebih halus.

2. Round brush

Jenis Sisir dan Fungsinya

Round brush | Credit: Musical Linguist (CC BY-SA 3.0) via Wikimedia

Bagi kamu yang suka dengan hasil akhir rambut yang bervolume, sisir ini cocok kamu gunakan. Bentuk sikat pada sisir ini dibuat bulat dibuat khusus untuk membuat blow pada rambutmu. Bahan dasar dari sisir ini ada yang terbuat dari kayu, ada pula yang terbuat dari alumunium. Keduanya bisa kamu pilih, namun untuk memberikan hasil maksimal kamu bisa sambil memanaskannya dengan hairdryer. 

Advertisement

3. Wide tooth comb

Jenis Sisir dan Fungsinya

Wide tooth comb | Credit: www.amazon.com

Sisir bergigi jarang atau disebut wide tooth comb ini akan memberikan ruang pada rambut sehingga tidak membuat efek tertarik saat kamu memakainya. Untuk itu, sisir ini cocok untuk kalian para pemilik rambut ikal dan rambut yang bergelombang. Karena tekanan yang diberikan tidak berlebihan, sisir ini juga bisa kamu gunakan saat rambut masih dalam keadaan basah setelah keramas.

4. Vented brush

Jenis Sisir dan Fungsinya

Vented brush | Credit: soco.id

Sisir berjenis vented brush dirancang khusus dengan lubang yang banyak. Vented brush ini cocok digunakan untuk merapikan dan mengurangi kusut pada rambut, khususnya rambut keriting dan rambut yang susah diatur. Sisir ini juga bisa menambah volume pada rambutmu lo.

5. Paddle brush

Jenis Sisir dan Fungsinya

Paddle brush | Credit: www.ecco-verde.it

Untuk kamu yang suka meluruskan rambut, sisir ini bisa membuat rambutmu halus dengan mudah dan cepat. Sisir ini juga bisa mengurangi beban pada kulit rambut sehingga bisa digunakan bagi kamu yang memiliki permasalahan kulit kepala. Bentuk dasar sisir yang rata dengan bantalan yang tinggi akan mencegah rambut rontok dan memberikan efek pijatan di kulit kepala.

Advertisement

6. Rat tail brush

Jenis Sisir dan Fungsinya

Rat tail brush | Credit: amazon.com

Sisir dengan pegangan yang panjang dan tipis ini memiliki fungsi untuk styling rambut. Biasanya, sisir ini digunakan untuk menyasak dan menambah volume pada rambut. Bentuknya yang bergigi rapat cocok membuat tampilan rambut rapi dan mengkilap.

7. Half round atau denman brush

Jenis Sisir dan Fungsinya

Denman brush | Credit: my-best.id/

Jika kamu pemilik rambut bervolume, denman brush atau disebut half round brush ini bisa kamu pakai. Bentuk sisir yang unik ini akan membuat rambutmu yang sebelumnya bervolume akan terlihat lebih tipis. Jenis sisir ini juga bisa digunakan untuk menata rambut keriting supaya lebih mudah diatur dan membuatnya rapi dengan cepat.

8. Detangle brush

Jenis Sisir dan Fungsinya

Detangle brush | Credit: Double Beauty via Pinterest

Sisir jenis satu ini memiliki bentuk gigi yang lembut dan ampuh untuk menghilangkan kusut pada rambut. Sisir ini biasa disebut dengan sisir anti kusut. Meskipun gigi pada sisir tergolong rapat, tetapi detangle brush aman dipakai untuk menyisir rambut basah dan rambut yang bermasalah. Jadi, sisir ini cocok untuk kamu yang sering mengeluhkan rambut rontok dan kusut.

Itu dia kedelapan jenis sisir rambut yang memiliki macam-macam bentuk dan fungsi yang berbeda. Jadi, apakah selama ini kamu sudah menggunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambutmu, SoHip?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE