Memiliki masalah kulit barangkali menjadi hal yang mengganggu penampilanmu. Jika kamu sudah berusaha memakai skincare dengan rutin tapi perlu waktu lama untuk mengatasinya, untuk sementara kamu bisa kok menutupi kekurangan kamu dengan bantuan kosmetik.

Tapi, ingat! Kalau mau hasil make-up flawless sempurna, jangan asal poles ya. Alih-alih jadi tambah kece, bisa jadi make-up malah menambah masalah baru dalam tampilanmu. Simak dulu yuk ulasan Hipwee di bawah ini biar make-up kamu nggak terlihat norak!

1. Jika masalahmu adalah kulit berjerawat, foundation bisa menjadi penyelamat. Tapi, jangan asal diterapkan ya

Before-after wajah berjerawat via wsbuzz.com

Advertisement

Sebelum mengaplikasikan foundation, kamu perlu mencuci dan melembabkan wajah kamu. Tapi hindari penggunaan primer yang berat karena produk ini justru dapat menyerap ke dalam pori-pori dan menyumbat lapisan epidermis yang akan memperburuk jerawatmu nantinya. Saat mengaplikasikan foundation sebaiknya jangan gunakan beauty blender yang mampu mengunci terlalu banyak foundation ke dalam kulit, tapi sebaiknya gunakan sikat berbulu sintesis.

2. Memiliki komedo atau pori-pori besar terasa mengganggu, padahal penampilan sudah hampir sempurna. Tenang, simak cara mengatasinya

Pakai pore sticker dulu via www.shutterstock.com

Aplikasikan primer pada wajah, lalu kamu bisa mengaplikasikan concealer pada area yang berkomedo. Agar tertutup lebih sempurna, kamu perlu juga menerapkan foundation dengan full coverage dan hasil akhir matte demi kulit yang terlihat halus. Lalu, terakhir kamu bisa mengunci dengan bedak tabur yang lebih ringan sekaligus untuk mencegah minyak berlebihan pada wajahmu.

3. Kulit kering hingga mengelupas biasanya akan memberi kesan yang medok saat dilapisi make-up. Tidak kok jika kamu tahu triknya

Jangan lupa pakai lip balm via www.lorealparisusa.com

Inti dari mengatasi kulit kering adalah mengangkat sel-sel kulit mati dengan peeling atau scrub halus sebelum make-up dan kemudian melembabkan. Setelah mencuci muka, kamu perlu mengoleskan pelembab ke wajah kamu, lalu jangan lupa juga untuk mengoleskan primer. Untuk alas bedak, kamu bisa memilih BB Cream atau foundation yang sudah dilengkapi dengan pelembab sekaligus. Terakhir kamu bisa menyemprotkan facial spray agar kulit awet dan terjaga kelembabannya.

4. Wajah berminyak dapat membuatmu terlihat kusam. Agar hal ini tak terjadi saat kamu memakai make-up, perhatikan dulu tips berikut

Dari oily jadi glowing via www.beautyheaven.com.au

Advertisement

Sebelum mengoleskan make-up kamu bisa mengompres wajahmu dengan es batu, lalu aplikasikan primer terutama di bagian T-Zone. Meskipun kulit kamu berminyak, kamu tetap perlu mengaplikasikan pelembab juga lo. Pilih yang oil-free atau water-based. Hal ini berlaku juga untuk produk kosmetik yang lain seperti sunscreen, foundation, hingga bedak. Untuk bedak, kamu bisa memilih bedak tabur agar tidak membuat wajah semakin berminyak. Agar tak mudah luntur, kunci dengan setting spray.

5. Warna belang atau kemerahan pada wajah kurang enak dilihat, agar tertutup sempurna ternyata bukan cuma perlu concealer atau foundation saja lo

Wajah merah-merah via www.wholesomeskincare.com

Untuk menutupi warna tidak merata pada wajah kamu, kamu perlu menggunakan make-up corrector yang umumnya memiliki berbagai warna. Cara memilihnya adalah dengan mengecek color wheel. Jika yang ingin kamu samarkan merupakan warna merah pada wajah, maka yang kamu pilih adalah warna yang berseberangan dengannya. Setelah meratakannya, kamu bisa mengaplikasikan concealer dan foundation. Untuk foundation-nya  pilih yang memiliki coverage yang baik.

Nah, sekarang make-up kamu jadi lebih halus dan bagus. Jangan asal aplikasikan riasan lagi ya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan masalah yang ada pada kulit wajahmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya