Uniknya Setelan Jas yang Terbuat dari Kumis Para Pria. Ada Alasan Mulia di Balik Pembuatannya

Setelan jas kumis viral

Pernah terbayang nggak sih dalam benakmu ada setelan jas yang dibuat dari kumis pria? Geli banget kan kalau dibayangin, hehe. Eh tapi, baru-baru ini ada yang menarik perhatian dunia dalam bidang fesyen pria lo. Brand fesyen asal Australia baru saja merilis setelan jas berbahan dasar kumis para pria. Sesuatu yang nggak pernah kalian bayangkan itu rupanya terjadi lo.

Advertisement

Menariknya, ada pesan menyentuh hati dari sang desainer di balik pembuatan jas berbahan dasar kumis tersebut. Buat yang penasaran, yuk simak detailnya berikut ini!

1. Brand asal Australia ternama Politix menggandeng visual desainer bernama Pamela Kleemann-Passi dalam pembuatan setelan jas dari kumis pria tersebut

Setelan jas Mo-Hair | Credit: Twitter @campaignbrief

Brand fesyen ternama asal Australia bernama Politix menggandeng visual desainer asal Melbourne bernama Pamela Kleeman dalam pembuatan setelan jas unik berbahan dasar kumis pria tersebut. Pamela kemudian menghubungkan ide antara seni, rambut, dan ilmu kedokteran sehingga menghasilkan setelan jas unik tersebut. Selanjutnya, setelan jas dari kumis para pria tersebut diberi nama Mo-Hair.

2. Proses pembuatan Mo-Hair dibantu oleh banyak pria yang menyumbangkan rambut kumisnya

Setelan jas Mo-Hair | Credit: Campaignbrief.com

Dilansir dari Oddity Central, banyak pria yang mendengar proyek pembuatan setelan jas berbahan kumis tersebut kemudian bersemangat menyumbangkan rambut kumisnya melalui Sustainable Salons. Dari salon tersebutlah Pamela Kleeman mendapatkan banyak donasi rambut kumis pria.

Advertisement

3. Detail lengkap desain Mo-Hair yang dirancang secara jenius oleh Pamela Kleeman, setiap bagian jasnya tak luput dari kumis pria!

Setelan jas Mo-Hair | Credit: Campaignbrief.com

Setelan jas Mo-Hair tersebut dibuat menggunakan kain tekstil yang selanjutnya diformulasikan melalui kombinasi rambut kumis dan kapas, kemudian ditenun dan disatukan oleh lapisan tulle oleh Pamela. Kemudian, bahan kain tersebut dipotong menjadi setelan Politix model single breasted atas izin kepala desainer bernama Paul Burden. Uniknya, kancing utama pada setelan jas tersebut juga terbuat dari kumis yang dibentuk bulat. Canggih bener yak!

4. Di balik keunikan setelan jas Mo-Hair tersebut ada gerakan atau campaign bernama Movember tentang kesehatan pria

Setelan jas Mo-Hair | Credit: Odditycentral

Movember adalah acara tahunan yang mendorong pria di seluruh dunia untuk menumbuhkan kumis di bulan November untuk meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan pria yang serius, seperti kanker prostat dan kanker testis. Tahun ini, Politix memutuskan untuk melakukan sesuatu yang istimewa untuk Movember yang mana membuat setelan jas menggunakan rambut kumis asli.

Advertisement

Di sisi lain, sang desainer, Pamela rupanya memiliki pengalaman di mana sang suami meninggal dunia karena kanker prostat pada tahun 2016. Inilah alasan kuat Pamela tergabung dalam proyek penggarapan jas Mo-Hair tersebut. Guna mendukung gerakan Movember tersebut, Politix melapisi jas tersebut dengan kain bertuliskan beberapa motivasi untuk pria agar lebih peduli dengan kesehatannya. Selain itu, lapisan kain tersebut juga berguna agar pengguna jas tersebut tak merasa gatal akibat kumis tersebut.

Meskipun setelan jas Mo-Hair tersebut terkesan mengerikan, menggelikan, atau mungkin bahkan menjijikkan yang pernah kita lihat, tetapi setidaknya ada tujuan mulia di baliknya yang mana adalah meningkatkan kepedulian para pria terhadap kesehatannya sendiri.

Saat ini, Mo-Hair belum resmi diperjualbelikan, kalau ada kesempatan, kamu tertarik nggak nih mencoba memakainya? 🙂

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE