“Bentar yaa… gue mau pakai eyeliner dulu. Dari tadi salah mulu hasilnya, mata gue jadi kayak panda!”

“Yaelah, Ceu… kita udah telat setengah jam nih. Belum lagi ntar macet di jalan!”

Advertisement

Apakah kamu akrab dengan percakapan di atas? Ya, kalau mau tampil cantik maksimal, riasan mata memang tak boleh kamu tinggal. Rahasia riasan mata yang cantik ada pada eyeliner. Alat rias satu ini bisa membuat matamu terlihat lebih besar, lentik, atau dramatis; tidak hanya saat pesta tapi saat aktivitas sehari-hari juga.

Masalahnya selama ini banyak cewek yang mengaku kesulitan mengaplikasikan eyeliner. Sudah lama-lama di depan kaca, eh, hasil sapuan eyeliner-nya tak sama antara mata kanan dan kiri. Belum lagi kalau sapuannya bleber alias bocor kemana-mana.

Jadi seperti apa sih sebenarnya kiat memakai eyeliner yang ringkas serta tangkas? Yuk, cari tahu lewat artikel berikut! Nggak perlu deh buang-buang waktu cuma untuk memulas dan menghapus berkali-kali sapuan eyeliner-mu!

Pertama, Kamu Harus Tahu Bahwa Tak Semua Jenis Eyeliner Cocok Untukmu

Sering luber ketika memulas eyeliner? Masih menganggap diri amatiran di dunia per-makeup-an? Mungkin karena selama ini kamu tidak menggunakan eyeliner sederhana yang umum ditujukan untuk pemula.

Advertisement

Atau apakah kamu bingung karena eyeliner-mu sulit menyapukan garis tebal, sementara kamu mau kondangan? Mungkin karena eyeliner-mu itu hanya cocok untuk kegiatan sehari-hari dan bukan untuk pesta.

Ya, layaknya pensil atau krayon warna-warni, eyeliner yang satu dan yang lainnya tidak diciptakan sama. Justru ada bermacam-macam tipe yang bisa kamu coba. Yang mana ya kira-kira yang paling pas buatmu?

Pencil Eyeliner: Untuk Pemula dan Acara Sehari-Hari

Pencil eyeliner

Pencil eyeliner via lipsticketc.wordpress.com

Pensil adalah jenis eyeliner yang paling populer dan banyak digunakan. Pengaplikasiannya memang paling mudah di antara jenis yang lain. Sebabnya, eyeliner pensil memang lebih tidak mudah untuk mbleber dibandingkan jenis-jenis eyeliner yang lainnya.

Formula yang dimiliki oleh eyeliner berjenis pensil ini memang tidak terlalu tahan lama sehingga perlu untuk diaplikasikan ulang saat mulai memudar. Namun, sudah cukup kok untuk riasan mata natural sehari-hari.

Pilihlah pencil eyeliner yang berkualitas, berformula lembut, dan terbuat dari bahan yang aman bagi matamu. Jangan lupa untuk selalu meraut pencil eyeliner sebelum digunakan. Jangan pakai rautan pensil biasa karena hasilnya akan terlalu tajam. Belilah rautan pensil di toko kosmetik, harga rata-ratanya tak sampai Rp. 35.000, kok. Selain untuk memudahkan pengaplikasian, meraut pensil juga dimaksudkan untuk menyingkirkan bakteri yang tersisa dari pemakaian sebelumnya.

Liquid Eyeliner: Untuk yang Lebih ‘Pro’, Acara Formal dan Sehari-Hari

Eyeliner berjenis cair ini paling tahan lama di antara jenis yang lainnya sehingga cocok untuk digunakan di acara formal. Warna yang dihasilkan juga lebih pekat sehingga kamu harus sangat berhati-hati dalam menyapukannya. Salah-salah, eyeliner ini akan mudah sekali mbleber. Biasakan untuk menunggu cairan eyeliner hingga kering, baru kemudian membuka mata.

Liquid eyeliner biasa dikemas dalam sebuah botol kecil, lengkap dengan kuas pemulasnya. Sangat praktis untuk dibawa ke manapun kamu pergi. Tapi ingat, milikilah liquid eyeliner yang tahan air. Karena walaupun berwarna pekat dan tahan lama, eyeliner jenis ini akan tetap luntur jika terkena air.

Gel Eyeliner: Untuk Para ‘Pro’, Acara Formal

Eyeliner dengan bentuk gel ini biasanya dikemas dalam sebuah pot kecil dan bertekstur cukup kental. Warna yang dihasilkan sangat pekat sehingga seringnya digunakan untuk riasan ke pesta atau acara formal lainnya. Mengaplikasikannya tidak terlalu sulit, hanya saja butuh kuas dan perawatan yang khusus. Kuas yang digunakan harus tipis dan runcing supaya mudah diaplikasikan. Selain itu, kuas juga harus segera dibersihkan setelah pemakaian untuk menghindari gel yang mengering dan membuat kuas tidak bisa lagi digunakan dengan maksimal. Cukup ribet ya? Tapi sepadan kok dengan hasil yang diberikan.

Jadi kalau kamu tidak merasa keberatan untuk diribetkan, gel eyeliner ini mungkin bisa jadi favoritmu.

Liquid Pen Eyeliner: Hadiah dari Surga Untuk Para Wanita <3

Liquid pen eyeliner

Liquid pen eyeliner via twocupsofcandid.blogspot.com

Jenis eyeliner yang satu ini sangat praktis dan mudah sekali diaplikasikan. Kuas dan kemasan cairannya sudah menyatu, sehingga kamu hanya perlu menggunakannya seperti spidol. Liquid pen eyeliner ini bisa kamu gunakan untuk acara apapun karena warnanya cukup pekat dan memberikan efek yang dramatis pada matamu.

Mudah digunakan + cukup pekat + bisa memberikan efek dramatis = eyeliner sempurna dari surga! <3

Nah, Ini Trik Dasar Memakai Eyeliner Supaya Hasilnya Rapi dan Tak Belepotan!

Sepertinya mengaplikasikan eyeliner memang mudah, hanya memberi garis tambahan saja pada kelopak mata. Tapi kalau tidak tahu triknya, garis yang kamu hasilkan bisa tidak rapi dan tidak konstan ketebalannya. Selain itu, eyeliner-nya pun juga bisa berlepotan ke mana-mana.

Nah maka dari itu, kamu perlu untuk tahu trik-trik dasar ini dalam mengaplikasikan eyeliner:

Pertama, Pejamkan Mata

Pejamkan mata

Pejamkan mata via reieek.blogspot.com

Untuk memudahkan pengaplikasian, pejamkan mata yang akan kamu rias.

Lalu Tarik Kelopak Mata ke Atas

Tarik ke atas

Tarik ke atas via theinbetweengirls.com

Kemudian, tarik sedikit kelopak matamu ke arah atas dan melihatlah ke arah bawah. Ini bertujuan untuk menghilangkan kerutan mata yang akan menyulitkanmu dalam merias nantinya.

Sapukan Ke Satu Arah, Sekali Usap

Satu arah, sekali usap

Satu arah, sekali usap via theeverygirl.com

Aplikasikan eyeliner secara satu arah dan dalam sekali usap, dari bagian dalam hingga ke bagian luar mata. Selain hasil dan ketebalannya lebih merata, cara ini juga dapat mencegah tangan dan matamu untuk bergetar.

Kemudian Ulang Hingga Mencapai Ketebalan yang Diinginkan

Hingga ketebalannya pas

Hingga ketebalannya pas via beautyandthecat.com

Jika masih kurang tebal, ulangi lagi pengaplikasiannya dengan tetap secara satu arah dan dalam sekali usap. Lakukan berulang hingga kamu mendapatkan ketebalan yang sesuai. Biasanya, 2 atau 3 kali pengaplikasian saja sudah cukup.

Sudah Paham Trik Dasarnya? Sekarang Kamu Bisa Mencoba Untuk Membuat Bentuk-Bentuk Ini

Setelah memahami trik-trik dasar dalam mengaplikasikan eyeliner, kamu sudah bisa mencoba untuk membuat berbagai bentuk eyeliner yang dapat mempercantik matamu. Nah, kali ini Hipwee kasih tahu 6 bentuk sederhana yang bisa kamu mulai coba buat dan gunakan dalam aktivitas sehari-hari.

1. Natural Eyes (± 30 detik)

Natural Eyes

Natural Eyes via youtube.com

Bentuk eyeliner ini sangat mudah dan praktis untuk diaplikasikan, sehingga sangat cocok untuk riasan mata sehari-hari. Tidak membutuhkan waktu yang lama ataupun keahlian yang juara, matamu sudah bisa terlihat berbeda dari sebelumnya.

Untuk membuat bentuk natural ini, kamu bisa menggunakan eyeliner dengan jenis apapun dan hanya dalam 2 langkah saja. Pertama, buatlah garis di sepanjang garis bulu mata bagian atas. Ingat, aplikasikan secara satu arah dan dalam sekali usap. Untuk riasan natural, kamu cukup mengaplikasikannya 2 kali saja. Langkah terakhir, rapikan bagian ujung luar kelopak matamu. Pastikan sapuan eyeliner-mu tadi tidak berantakan dan sejajar dengan bagian ujung luar matamu.

2. Basic Eyes (± 1 menit)

Basic eyes

Basic eyes via www.wikihow.com

Basic eyes biasanya digunakan sebagai dasar dari riasan smokey. Jadi, kurang cocok untuk riasan mata sehari-hari yang polos tanpa eye shadow atau bulu mata lentik. Namun, kamu tetap dapat menggunakannya kok kalau ingin pergi ke pesta atau sekedar hang-out cantik bersama teman-teman di akhir pekan.

Langkah-langkah membuatnya tidaklah sulit dan kamu bisa menggunakan eyeliner berjenis apapun.

1. Pertama, buatlah garis tipis mengikuti bentuk matamu; tidak hanya di bagian atas atau bawah saja tetapi seluruh garis tepi matamu. Pastikan seluruh garis tersebut memiliki ketebalan dan kepekatan warna yang sama.

2. Kemudian, tambahkan sedikit ketebalan pada garis mata bagian ujung luar atas. Caranya, tarik garis dari sisi tengah mata ke arah bawah mengikuti bentuk kelopak matamu.

3. Ulangi sebanyak 2 kali hingga terlihat perbedaan ketebalan dengan garis yang lainnya.

Matamu siap dirias dengan gaya smokey, deh!

3. Simple Winged Eyes (± 2 menit)

Bisa dengan bantuan selotip!

Bisa dengan bantuan selotip! via galleryhip.com

Inilah bentuk eyeliner yang sedang menjadi tren di kalangan cewek-cewek. Bentuk ini memberikan ‘sayap’ pada matamu dan membuatnya terlihat lebih besar dalam sekejap. Selain itu, gaya simple winged eyes ini juga bisa kamu gunakan untuk berbagai acara, dari yang formal hingga sekadar nongkrong cantik di mall. Tidak heran ‘kan kalau bentuk satu ini digemari? Namun sayang, kamu tidak bisa menggunakan eyeliner jenis pensil sebagai alat utama, tetapi sebagai alat bantu saja.

Membuat simple winged eyes bisa dibilang gampang-gampang susah. Ini langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Pertama, buatlah bentuk eyeliner secara natural — mengikuti garis bulu mata bagian atas — dan dengan ketebalan yang medium saja.

2. Kemudian, tarik garis ke arah atas; kira-kira setinggi lipatan matamu yang teratas. Kalau belum terlalu mahir dalam menyapukan liquid atau gel eyeliner, kamu bisa menggunakan pencil eyeliner untuk membantu dalam membuat garis tersebut.

3. Masih menggunakan pencil eyeliner, tarik garis melandai dari ujung atas ke arah bawah hingga mengenai garis natural yang telah kamu buat. Inilah yang akan menjadi ‘sayap’ dari matamu.

4. Terakhir, isi ruang kosong di antara garis tersebut dengan menggunakan liquid atau gel eyeliner. Tidak perlu secara searah atau sekali usap, tetapi dengan perlahan supaya tidak berlepotan ke mana-mana.

4. Double Winged Eyes (± 2,5 menit)

Double winged eyes

Double winged eyes via youtube.com

Bentuk eyeliner yang satu ini merupakan kelanjutan dari bentuk simple winged. Kalau simple winged bisa kamu gunakan untuk acara apapun, double winged eyes akan lebih cocok sebagai riasan untuk acara yang resmi. Bentuk ini akan membuatmu tampil klasik seperti di film-film tahun 60-an.

Untuk membuatnya juga tidak terlalu sulit. Tahap pertama, kamu harus membuat simple winged eyes terlebih dahulu sebagai bentuk dasar. Setelah itu, tambahkan ‘sayap’ baru di bawah ‘sayap’ yang lama dengan cara berikut:

1. Tarik garis melengkung dari garis bulu mata bawah ke arah atas. Ikuti bentuk lengkungan yang telah dibuat pada ‘sayap’ sebelumnya.

2. Jangan membuat ‘sayap’ baru terlalu dekat dengan yang sebelumnya. Berilah sedikit jarak, sekitar 2mm.

3. Buatlah garis tipis di bagian mata bawah untuk membuat riasan terlihat lebih natural. Tarik garis dari bagian tengah hingga ke bagian luar. Lalu, ratakan garis tersebut menggunakan jari telunjukmu hingga menimbulkan warna gradasi yang cantik.

Yeay! Double winged eyes yang cantik sudah berhasil dibuat di matamu.

5. Elongated Eyes (± 2,5 menit)

Elongated eyes

Elongated eyes via tht-christina.blogspot.com

Untuk kamu yang bermata sipit, bentuk elongated ini sangat cocok untukmu. Bentuk ini bisa membuat matamu terlihat lebih lebar karena memfokuskan riasan pada ujung luar mata. Cara membuatnya:

1. Buatlah garis pada garis bulu mata bagian atas. Titik awal garis harus sejajar dengan bagian terdalam bola matamu. Kemudian, tarik garis hingga ke bagian ujung terluar matamu, tanpa membuat garis ‘sayap’.

2. Pada garis bulu mata bagian bawah, buatlah garis yang serupa dengan titik awal yang sejajar dengan bagian terdalam bola mata. Tarik garis hingga ke bagian ujung terluar dan bersentuhan dengan garis bagian atas.

3. Setelah kedua garis menyatu, tambahkan sedikit ketebalan pada kedua garis tersebut dengan cara seperti membuat bentuk segitiga kecil.

4. Ratakan tingkat kepekatan dan ketebalan kedua garis hingga seimbang.

6. Arabian Eyes (± 3 menit)

Arabian eyes

Arabian eyes via youtube.com

Tidak jauh berbeda dengan basic eyes, bentuk yang satu ini memang sebenarnya dikhususkan untuk riasan bergaya smokey. Namun karena memiliki bentuk ‘sayap’, Arabian eyes bisa lebih fleksibel untuk digunakan sehari-hari ataupun acara resmi.

Cara membuatnya:

1. Buatlah garis dengan ketebalan medium mengikuti bentuk matamu.

2. Beri bentuk ‘sayap’ pada bagian ujung terluar matamu dengan cara yang sama seperti membentuk simple winged eyes.

3. Tambahkan sedikit ketebalan pada ¼ bagian terluar garis bulu mata bawah.

4. Ratakan ketebalan tersebut pada mata bagian bawah dengan menggunakan jari telunjuk untuk hasil yang lebih natural.

Voilà! Mata cantik a la wanita Timur Tengah bukan lagi cuma sekadar mimpi buatmu.

Awalnya, membuat garis pada mata memang terasa sulit. Belum lagi ditambah dengan eyeliner yang berlepotan ke mana-mana. Tapi dengan tips dan trik yang Hipwee kasih ini, pasti kamu akan ketagihan untuk merias matamu. Jadi, selamat mencoba, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya