Setiap orang memiliki hobi dan kegemarannya masing-masing. Salah satu hobi yang patut disyukuri adalah menggambar, mengingat nggak semua orang bisa melakukannya. Jika kamu sangat suka menuangkan imajinasimu ke dalam sebuah gambar namun belum terarah, maksimalkanlah. Rugi rasanya jika potensi dalam diri nggak digali semaksimal mungkin. Selain sebagai sarana berekspresi, keahlianmu itu bisa disalurkan untuk mendapatkan penghasilan lho!

Ada banyak peluang bisnis dari hobi menggambar, termasuk juga bisnis kreatif yang kini tengah naik daun. Banyak sekali bermunculan usaha-usaha yang berbasis kreativitas seseorang. Peluang usaha dari hobi menggambar ini jika ditekuni dengan serius tentu bukanlah bisnis yang kecil. Ini dia beberapa peluang usaha yang bisa kamu tekuni.

1. Jika kamu sering terkesan melihat dekorasi suatu bangunan dan mempelajari cara mengambarnya, cobalah menekuni usaha desain interior

Desainer interior via legalvision.com.au

Kamu yang begitu terkesan melihat dekorasi suatu bangunan seperti kafe, hotel atau pertokoan dan memiliki kemampuan menggambar, ada baiknya kamu mempelajari bagaimana cara merancang desain interior yang baik. Seorang desain interior biasanya bertugas untuk memperindah sebuah bangunan atau ruangan agar lebih estetis dan bisa dinikmati oleh penggunanya. Jika kamu masih di tahap awal menjajaki usaha kreatif ini, kamu bisa menjajal untuk mendekor sebuah acara, seperti pesta ulang tahun misalnya. Kemampuan imajinasimu juga dibutuhkan untuk bisa menjalani usaha desain interior ini dengan baik lho!

2. Kamu yang memiliki kemampuan menulis indah, tuangkan saja karyamu di tembok-tembok kafe atau perhelatan tertentu

Hand lettering via www.businessinsider.com

Advertisement

Ada beberapa orang yang lebih menyukai kemampuan menulis indah atau hand lettering ketimbang menggambar karakter tertentu. Nah, mereka-mereka ini sebetulnya dibutuhkan untuk mempercantik dekorasi di kafe-kafe, kantor, tempat nongkrong atau bahkan perhelatan seperti resepsi pernikahan lho! Misalnya saja, kamu bisa menuliskan kata-kata motivasi, quote, nama brand ataupun visi misi brand tersebut pada media-media yang disediakan. Khusus untuk pesta pernikahan, kamu bisa menuliskan nama kedua mempelai pada media seperti papan tulis yang selanjutnya bisa digunakan sebagai photobooth atau disandingkan dengan foto mempelai sebagai ucapan selamat datang untuk para tamu.

3. Tren menggunakan henna untuk pengantin bisa menjadi peluangmu untuk menggeluti usaha pelukis henna

Pelukis henna via www.wsj.com

Melukis tangan dengan henna menjadi salah satu tren yang tengah digandrungi oleh para cewek. Umumnya, henna sering digunakan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan misalnya. Saat ini, pemakaian henna nggak hanya terbatas pada acara pernikahan saja, tapi juga event-event tertentu lainnya. Biaya untuk melukis tangan dengan henna ini pun nggak sedikit ternyata, tergantung dari seberapa rumit lukisan henna yang diinginkan. Nah, jika kamu senang melukis terutama hal-hal yang sifatnya detail dan butuh ketelitian, menjadi pelukis henna bisa kamu jadikan peluang usaha.

4. Nggak semua orang mampu menggambar sketsa wajah dengan presisi. Manfaatkan peluang ini!

Gambar sketsa wajah via www.youtube.com

Pekerjaan kreatif yang membutuhkan ketelitian lainnya adalah menggambar sketsa wajah. Jika kamu telah menekuni teknik melukis sketsa wajah, manfaatkan kesempatan ini untuk menjajakan hasil karyamu. Kamu bisa memulainya dengan menawarkan jasa pada teman atau saudara untuk menggambar sketsa wajah mereka. Agar hasilnya lebih variatif, kamu pun bisa mengonvert sketsa wajah tersebut ke dalam bentuk digital yang dilengkapi dengan warna garis wajah yang sesuai. Tawarkan jasa sketsa wajah ini untuk dijadikan hadiah wisuda, ilustrasi undangan bagi pasangan yang akan menikah, atau sebagai pajangan di kamar atau rumah.

5. Kamu pun bisa membuka lapak sepatu, tas, kaus atau bantal lukis yang bisa digambar sesuai permintaan pembeli

Sepatu lukis via www.hasyim.net

Kamu bisa kembangkan bisnis dengan menjual benda-benda yang bisa digunakan sebagai media gambar. Misalnya saja sepatu, tas, kaus hingga bantal. Kamu bisa membuat desain sesuai dengan permintaan si pembeli. Dengan begitu, barang daganganmu bakal dijual terbatas dan berbeda dengan lapak lainnya. Jika kamu mampu mengutamakan kualitas, maka dijamin para pelanggan akan setia memesan demi merayakan hari istimewa mereka.

Menjalani bisnis berbasis gambar atau lukisan merupakan peluang usaha jangka panjang. Tergantung bagaimana kamu mampu berkreasi dalam mengelola bisnis dari hobimu tersebut. Jadi, kira-kira bisnis mana yang akan kamu geluti?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya