Selama ini kamu melihat sukses adalah mereka-mereka yang punya jabatan tinggi, uang yang tidak habis sampai 7 turunan, ataupun menikah di usia muda dengan pasangan idola semua umat manusia. Padahal sukses itu beda-beda, dan bisa berupa hal-hal kecil apa saja. Karena yang paling utama dari sukses adalah kemauan mencapainya. Setinggi apapun mimpi yang kamu punya, tapi tidak ada usaha, itu bukan sukses namanya.

Karena kesuksesan tidak bisa dadakan seperti tahu bulat, ada banyak hal yang bisa mempengaruhinya. Cukup atau tidaknya usaha, realistis atau tidaknya target yang ingin dicapai, sampai kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan setiap harinya. Biar suksesmu nggak tertunda-tunda, Hipwee dan #LAZoneID akan berikan kebiasaan-kebiasaan sederhana yang sering kamu sepelekan, padahal bisa membawamu ke garis kesuksesan. Yuk cus!

1. Ada benarnya juga bangun siang membuat rezeki dipatok ayam. Bangun lebih pagi memberimu kesempatan melakukan lebih banyak hal lagi

Bangun pagi

Bangun pagi via m.blog.daum.net

Banyak orang-orang sukses di dunia yang mempunyai kebiasaan bangun pagi setiap harinya. Selain alasan dari sisi kesehatan, karena bangun pagi artinya pola tidurmu juga terjaga, dengan bangun lebih pagi, pikiranmu bisa memulai hari dengan pemanasan yang cukup. Banyak hal yang bisa kamu lakukan bila kamu tidak bangun kesiangan dan terburu-buru melakukan persiapan. Kamu bisa olahraga sebentar, bisa membuat to-do list yang akan kamu lakukan hari ini, atau sekadar melakukan hal-hal santai sebelum mulai aktivitas produktif.

Tapi buat kamu yang memang susah banget bangun pagi, itu bisa dijadikan resolusi lho. Bila akhirnya kamu berhasil bangun sebelum jam lima selama seminggu berturut-turut, itu sudah sukses namanya! Hehe.

2. Dengan alasan waktu, olahraga hanya di akhir minggu. Padahal olahraga rutin selain menjaga kesehatan juga menyegarkan pikiran dan inspirasi bisa berdatangan

Olahraga yang teratur

Olahraga yang teratur via www.tumblr.com

Meskipun di-back up dengan alasan ‘mending sekali seminggu daripada tidak sama sekali’, olahraga hanya di akhir minggu tetap saja tidak cukup. Toh, olahraga tidak harus berupa lari marathon berkilo-kilo, futsal, ataupun basket. Kamu bisa memanfaatkan gym, atau jogging secara rutin keliling komplek di pagi hari. Selain melancarkan peredaran darah, olahraga yang rutin juga akan membuat tubuh dan otakmu lebih fresh. Dengan pikiran yang lebih jernih, kamu juga bisa menyusun rencana yang matang karena ide-ide brilian berdatangan. Untuk bisa olahraga rutin setiap pagi, tentu saja, kamu harus bangun lebih pagi.

3. Ide brilian di pikiran sering muncul tiba-tiba. Mencatat setiap ide dan rencana sebelum kamu lupa bisa membuka peluang juga

#ItuSuksesku

#ItuSuksesmu via www.lazone.id

Ide bisa muncul saat kamu sedang di kereta, saat kamu sedang membaca buku, sedang mengantre di supermarket, bahkan bisa juga saat kamu sedang di toilet. Misalnya saja, ketika kamu sedang melamun saat buang air besar, kamu memikirkan sebuah ide cerita yang bisa ditulis, atau ide bisnis jangka panjang yang bisa dieksekusi. Karena ide sering muncul di saat tak terduga begini, ada baiknya kamu selalu menyediakan note dan pulpen setiap saat, sehingga kamu bisa menuliskan ide-ide yang muncul di kepala. Karena ingatan manusia ada batasnya. Sayang kan, bila ide brilianmu terlupa begitu saja? Karena kamu harus bilang #ItuSuksesmu #LAZoneID!

4. Menjaga komunikasi dengan teman-teman lama memang sedikit susah bila usiamu semakin menua. Tapi siapa tahu kelak ada yang bisa kamu ajak bekerja sama?

Jaga komunikasi dengan teman lama

Jaga komunikasi dengan teman lama via 1000pluscoffees.tumblr.com

Seiring bertambahnya usia, lingkaran pertemanan semakin sempit. Teman-teman yang kita punya mulai tereliminasi satu persatu, karena kurangnya waktu bertemu. Teman-teman lama mulai menghilang, sementara kesibukanmu juga menghalangimu mendapat teman yang baru.

Meskipun sedikit susah, mempertahankan teman-teman lama bisa mendatangkan manfaat juga lho. Karena kamu tidak tahu apa yang akan terjadi kelak. Siapa tahu kelak saat kamu berniat membuka usaha sendiri, ada dari mereka yang bisa kamu ajak bekerja sama. Menjalin silaturahmi adalah intinya. Jadi, jangan segan menanyakan kabar teman-teman lama ya!

5. Meski hanya Koran online, membaca berita setiap pagi membuat wawasanmu bertambah.

Baca sambil nyantai

Baca sambil nyantai via www.theverge.com

Membaca memang sebuah hobi khusus yang tidak disukai oleh semua orang. Jangankan membaca buku tebal, diktat-diktat kuliah yang berupa handout dan print-printan saja seringnya sudah dibaca sampai selesai. Tapi bagaimanapun juga, kebiasaan membaca memang penting untuk kesuksesan di masa depan.

Tidak harus buku-buku yang setebal ensiklopedia, koran online pun bisa. Dengan rajin membaca berita, kamu akan tahu perkembangan dunia. Dari sana, kamu bisa mencar-cari peluang bisnis yang bisa dicoba. Sederhana kan? Membaca koran online bisa kamu lakukan sambil kamu menunggu angkot atau saat terjebak kemacetan.

6. Mengeluh membuat hidup setingkat lebih berat. Nggak mudah mengeluh membuat pandanganmu ke depan jadi terang benderang

Mending senyum sambil kerja

Mending senyum sambil kerja via unsplash.com

Syarat pertama untuk mencapai apa yang kamu cita-citakan adalah berhenti mengeluh dan mulai melangkah. Keluhan tidak akan membukakanmu jalan, justru akan membuat hidupmu semakin berat. Karena setiap keluhan yang kamu keluarkan, saat itu semangat yang kamu punya juga berkurang. Dengan berkurangnya semangat, tujuan yang ingin kamu capai juga terlihat lebih berat. Daripada kamu mengeluh melulu, lebih baik kamu memacu semangat lebih tinggi lagi setiap hari. Daripada cemberut, lebih baik tersenyum kan?

Sukses adalah impian setiap orang. Tapi kamu tidak harus memakai standar orang lain untuk menentukan kesuksesanmu, karena setiap orang punya jalurnya sendiri-sendiri. Sukses bisa apa saja. Karir cemerlang yang membuat orang tua bangga adalah sukses, tapi berhasil membuat temanmu tertawa juga sebuah kesuksesan yang layak dihargai. Karena #ItuSuksesmu #LAZoneID, dan suksesmu bisa jadi beda. Tidak apa, karena tujuan setiap orang memang berbeda.

Bila kamu memakai standar orang lain untuk mendefinisikan sukses yang kamu capai, yang kamu kejar barangkali hanya pengakuan. Padahal pengakuan yang terpenting justru dari dirimu sendiri. Setiap keberhasilan yang kamu capai setiap harinya patut diakui dan dihargai, meskipun hanya sekadar bangun lebih pagi sehingga berhasil mendapatkan kursi di bis kota.

Kalau suksesmu, seperti apa?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya